Berikut Ini Penjelasan dan Kelebihan Ekonomi Tradisional

Kelebihan Ekonomi Tradisional
Berikut Ini Penjelasan dan Kelebihan Ekonomi Tradisional. Photo by @aliffhassan91
Waktu baca: 3 menit

Dalam setiap negara tentunya memiliki sistem ekonominya masing-masing. Beberapa sistem tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Salah satu sistem tersebut yakni ekonomi tradisional. Ada banyak kelebihan ekonomi tradisional yang harus kamu ketahui.

Perlu diketahui, sistem ekonomi memiliki arti cara suatu negara dalam mengatur seluruh kegiatan ekonomi. Kegiatan tersebut dapat berupa dari skala negara, pemerintah, swasta, sampai rumah tangga. Sistem ekonomi sendiri pada dasarnya perlu diketahui semua orang.

Salah satu sistem yang pernah digunakan oleh beberapa negara yakni sistem ekonomi tradisional. Sistem ini ada banyak kelebihan yang dimilikinya. Lebih lanjut, untuk mengetahui apa saja kelebihan tersebut, artikel ini akan membahas lebih rinci kelebihannya.

Pengertian Sistem Ekonomi Tradisional

Sebelum mengetahui kelebihan ekonomi tradisional, kamu harus tahu terlebih dahulu pengertian dari sistem ekonomi tradisional. Seperti yang diketahui banyak orang, pengertian sistem ekonomi tradisional sendiri dapat dikenal juga dengan sistem paling konvensional. 

Terdapat dua elemen yang ada dalam sistem ini, keduanya yakni minimal jumlah limbah yang dihasilkan serta menghargai tradisi dahulu.

Pada dasarnya sistem ini sendiri sangat melekat pada masyarakat pedesaan dengan hasil yang serupa berupa pertanian. Ciri sistem ekonomi tradisional sendiri berupa cara transaksi yang biasanya digunakan dengan bertukar barang dari hasil alam dan tenaga dari manusia.

Peran pemerintah dalam sistem ini tidak berhubungan langsung ke dalam aktivitas ekonomi, pemerintah hanya sebagai penjaga ketertiban saja. perlu untuk diketahui, tujuan sistem ekonomi tradisional untuk memudahkan masyarakat mencapai kebutuhan bukan keuntungan.

Karakteristik sistem ekonomi tradisional juga tertera pada caranya. Umumnya, cara produksi dari sistem ini masih menggunakan cara yang sangat sederhana. Selain itu, cara ini juga tidak memiliki struktur kerja. Jadi, dapat dikatakan sistem ekonomi tradisional ini terbilang unik.

Baca juga: Sistem Ekonomi di Indonesia: Pahami Pengertian, Sejarah, serta Karakteristiknya

Karakteristik Sistem Ekonomi Tradisional

Sama halnya dengan sistem ekonomi lainnya, pada ekonomi tradisional terdapat karakteristik yang harus kamu ketahui. Beberapa karakteristik sudah diketahui banyak orang. Akan tetapi, sebagian besar orang belum mengetahui lebih jelas mengenai karakteristik sistem ini.

Berikut ini merupakan beberapa karakteristik dari sistem ekonomi tradisional. Karakteristik ini sangat penting untuk diketahui. Hal tersebut dikarenakan beberapa negara masih menerapkan sistem yang satu ini.

  1. Karakteristik sistem ini biasanya belum terdapat pembagian kerja dalam kegiatan ekonomi.
  2. Dalam sistem transaksinya, masih menerapkan sistem barter dalam kegiatan perdagangan.
  3. Memiliki jenis produksi yang telah ditentukan sesuai kebutuhan.
  4. Umumnya memiliki hubungan masyarakat yang bersifat kekeluargaan.
  5. Sistem ini juga bertumpu pada sektor pertanian.
  6. Memiliki kegiatan ekonomi yang sudah terikat pada adat sejak zaman dahulu.
  7. Memiliki alat produksi yang dibilang masih sederhana.
  8. Teknik produksinya melekat di tengah masyarakat serta akan diturunkan secara turun temurun.
  9. Penghidupan alamnya terpaku pada sumber alam. 

Adanya karakteristik ini menjadi pembeda sistem ekonomi tradisional dengan sistem lainnya. sebagai contoh sistem ekonomi tradisional yakni menggunakan metode transaksi barter. 

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Tradisional

Dalam sistem ekonomi tradisional ini tentunya terdapat kelebihan dan kekurangannya sendiri. Lebih lanjut, berikut ini merupakan beberapa kelebihan ekonomi tradisional yang harus diketahui.

  1. Kelebihan sistem ekonomi tradisional ini terlihat pada tujuannya. Pada dasarnya tujuan sistem ini hanya memenuhi kebutuhan saja, bukan mencari keuntungan.
  2. Jarang terjadinya kecurangan yang hanya menguntungkan satu pihak.
  3. Selain itu, tingkat kesenjangan ekonomi sangat rendah. Hal tersebut dikarenakan meratanya pendapatan yang diperoleh antar individu.
  4. Peran pemerintah hanya sekedar mengawas saja.

Setelah mengetahui kelebihan ekonomi tradisional ini, adapun kekurangan sistem ekonomi tradisional. Lebih lanjut, berikut ini merupakan kekurangan yang harus diketahui.

  1. Barang yang ditukar sulit diprediksi kuantitas serta kualitasnya.
  2. Segala aktivitas ekonomi tidak terkontrol dan evaluasi. Hal itu dikarenakan tidak memiliki struktur kerja yang jelas.
  3. Lambatnya pertumbuhan ekonomi negara yang menerapkan sistem ekonomi tradisional ini.
  4. Selain itu, umumnya pola pikir masyarakat yang menerapkan sistem ini sulit untuk menerima perubahan.

Beberapa kelebihan kekurangan ekonomi tradisional ini sudah banyak diketahui oleh semua kalangan. Penjelasan pada poin ini juga menjadi ciri khas dari sistem ekonomi tersebut.

Penerapan Sistem Ekonomi Tradisional

Tidak kalah penting dari pembahasan lainnya, jika kamu sudah mengetahui kelebihan ekonomi tradisional. Pada dasarnya seiring perkembangan zaman yang serba canggih ini, penerapan sistem ekonomi tradisional sudah ditinggalkan banyak negara. Hal tersebut dikarenakan saat ini penerapan sistem ekonomi tradisional dinilai kurang efektif.

Akan tetapi, nyatanya di tengah perkembangan zaman yang serba canggih ini masih ada negara sistem ekonomi tradisional. Beberapa negara atau daerah tersebut masih kesulitan dalam mengakses jalan. Selain itu, minim infrastruktur juga menjadi penghambat.

Kendati demikian negara tersebut masih menerapkan sistem ini dikarenakan adanya kelebihan ekonomi tradisional. Kelebihan sistem ekonomi pasar ini tidak kalah menarik dari pasar lainnya.

Nah, itulah beberapa penjelasan ekonomi tradisional yang harus diketahui. Pada dasarnya ada banyak sistem ekonomi yang diterapkan pada setiap negara. Perlu diketahui, penerapan sistem ekonomi ini sudah sangat jarang digunakan, bahkan hampir tidak pernah.

Tidak hanya itu saja, adapun kelebihan ekonomi tradisional dan kekurangannya. Beberapa kekurangan dan kelebihan ini penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Mungkin Anda juga menyukai