Cara Menyiasati Harga Rumah Di Bali Yang Lebih Mahal

Jalanan di Bali
Cara Menyiasati Harga Rumah Di Bali Yang Lebih Mahal. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Faktanya, harga rumah di Bali cukup mahal jika dibandingkan dengan hunian di kota lainnya. Jika menginginkan hunian di Kawasan tersebut, Kamu perlu membuat perencanaan yang matang agar dapat merealisasikannya.

Membeli rumah tidak perlu terburu-buru. Perhatikan kemampuan. Jangan sampai mengorbankan hal lain yang lebih mendesak. Contohnya kebutuhan keluarga.

Ada baiknya jika Kamu menunggu beberapa waktu. Waktu tersebut bisa digunakan untuk mengumpulkan uang. Nantinya, uang tersebut bisa dialokasikan untuk pembelian hunian di pulau dewata.

Alasan Membeli Rumah di Bali

Harga Rumah Di Bali
Alasan ingin punya rumah di Bali. Photo by Pexels

Ada beberapa alasan kenapa seseorang tertarik untuk membeli rumah di Bali. Salah satunya ialah suasananya masih asri.

Diketahui bahwa beberapa tempat menyuguhkan suasana yang alami. Udaranya masih segar sehingga membuat seseorang lebih nyaman. Kenyamanan seperti ini tentu tidak ada nilainya sehingga tidak salah bila seseorang rela untuk mengeluarkan uang sebesar apa pun.

Tidak hanya itu saja, Bali juga menawarkan berbagai tempat yang menarik. Ketika Kamu memiliki hunian di sana, Kamu dapat berlibur setiap waktu. Baik itu pergi ke Pantai yang ciamik, hingga berkunjung ke tempat wisata alam khas pegunungan.

Kemudian yang tak kalah penting, Kamu memiliki kesempatan untuk membuka usaha yang menjanjikan di Bali. Banyaknya kunjungan memungkinkan untuk menyediakan makanan atau tempat menginap.

Ketika Kamu bisa menyediakan kebutuhan dari wisatawan, hasil yang didapatkan juga semakin besar. Dengan kata lain, Kamu mendapatkan banyak keuntungan ketika tinggal di Bali.

Kisaran Harga Hunian di Bali

Kisaran harga rumah di Bali. Photo by rumahsyari123

Bicara mengenai harga rumah di Bali, ini tidak bisa dilepaskan dari beberapa faktor. Faktor ini yang akan mempengaruhi pada nilai jual dari sebuah hunian. Entah itu pulau dewata atau di pulau lainnya.

Faktor yang berpengaruh meliputi lokasi, luas lahan serta desain arsitektur yang dipakai. Ketiganya menjadi faktor penentu dalam mendiskripsikan nilai sebuah hunian.

Rumah dengan lokasi strategis tentu memiliki nilai yang tinggi. Begitu pula jika lahannya sangat luas. Sama halnya dengan desain kekinian yang dibangun dari material khusus.

Kamu memang harus menyadarinya sejak awal. Setidaknya, pemilihannya harus didasarkan pada kebutuhan. Caranya dengan melihat berapa banyak anggota keluarga serta kelengkapan apa saja yang terdapat dalam rumah.

Secara umum, nilai jual dari hunian di Bali memang lebih mahal. Contohnya rumah di Tabanan Bali dengan spesifikasi 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Harganya hampir menyentuh 400 juta rupiah dengan luas lahan sekitar 40 meter.

Rata-rata, lahan di sana dijual minimal 3 juta rupiah per meter. Dan, nilainya akan bertambah ketika sudah didirikan bangunan. Semakin baik jenis bangunannya, harganya akan semakin tinggi.

Baca juga: Harga Rumah Minimalis Tipe 21 Area Jabodetabek

Cara Mewujudkan Impian Membeli Rumah di Pulau Dewata

Mewujudkan punya rumah di Bali. Photo by @morningbrew

Mahalnya harga rumah di Bali bukan berarti tidak bisa dijangkau. Kamu bisa mewujudkan salah satunya. Caranya dengan menabung. Untuk mendukungnya, terapkan tips berikut ini.

  • Tentukan Nominal yang Ingin Dicapai

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah menentukan berapa besar uang yang akan dikumpulkan. Cara ini ditempuh setelah mendapati kisaran harga beli sebuah rumah impian di Bali.

Asumsinya, harganya akan naik setiap tahunnya. Jadi, perhatikan seberapa besar nilai peningkatannya. Baru kemudian tetapkan nominal tabungan yang akan dicapai untuk membelinya di tahun depan.

  • Pastikan Target Tabungan

Di sini, Kamu memang perlu membuat target. Misalnya apakah 2 tahun, atau 5 tahun ke depan.

Tetapkan saja kapan uang akan terkumpul. Cara ini akan lebih mudah untuk mengelola keuangan. Setidaknya, Kamu bisa mencermati kemampuan dalam menyisihkan uang dari penghasilan bulanan.

  • Perketat Pengeluaran Uang

Cara selanjutnya ialah membatasi pengeluaran uang yang tidak dirasa penting. Kamu memang perlu menahan diri untuk mengeluarkan uang. Setidaknya, cukup penuhi kebutuhan hidup yang utama.

Tetapi, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian kecil untuk kebutuhan liburan. Pasalnya, Kamu juga butuh waktu untuk menyegarkan pikiran agar target yang ditetapkan terasa tidak membebani.

  • Investasi Emas

Sesekali, manfaatkan uang untuk investasi. Jenis investasi yang menjanjikan ialah emas. Pasalnya, nilai emas di tiap tahunnya sering mengalami peningkatan sehingga tabungan Kamu tidak mengalami penyusutan.

Kesimpulannya, strategi terbaik untuk menyiasati mahalnya harga rumah di Bali ialah dengan menabung. Kumpulkan uang sesuai target setiap bulannya. Maka, Kamu akan segera mendapati hunian impian di Pulau Dewata.

Mungkin Anda juga menyukai