7 Tips Agar Kamu Bisa Dapatkan Tiket Pesawat Murah

7 tips dapatkan tiket pesawat murah
Waktu baca: 2 menit

Harga tiket pesawat belakangan ini sedang tidak stabil. Terlebih, jika mendekati hari libur panjang tiba di mana orang-orang banyak yang mencari tiket pesawat untuk liburan atau sekedar pulang kampung. Sebenarnya, ada beberapa cara agar kamu bisa membeli tiket pesawat untuk mudik dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa memanfaatkan diskon yang diberikan oleh maskapai. Namun, untuk mendapatkan diskon itu tidak lah mudah dan tergantung dengan kebijakan dari maskapai tersebut.

Daripada hanya mengandalkan diskon yang diadakan oleh maskapai, masih ada beberapa tips agar kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah. Berikut penjelasannya.

Manfaatkan media sosial

Sudah saatnya kamu memanfaatkan media sosial dengan baik. Jangan hanya untuk ajang pamer saja, tapi gunakan pula untuk mencari tiket pesawat yang promo. Kamu wajib mengikuti media sosial berbagai maskapai, karena biasanya di situ diberitahukan mengenai promo-promo yang tersedia. Selain itu, menurut Head of Communication AirAsia Indonesia, Baskoro Adiwiyono, yang dilansir dari Kompas.com, menjelaskan pihaknya selalu menggelar promo dan biasanya akan diumumkan setiap hari senin.

Hindari liburan panjang

Jika kamu hanya ingin sekedar jalan-jalan menggunakan pesawat, jangan coba-coba memilih saat musim liburan panjang ya. Apalagi menjelang lebaran seperti ini, pasti akan kalah dengan orang-orang yang akan mudik ke kampung halaman. Lebih baik kamu pilih hari lain apalagi jika niatmu ingin mendapatkan harga tiket yang murah. Biasanya, maskapai akan menaikkan harga tiket saat ada momen libur panjang seperti lebaran.

Cari momen low season

Jika tujuanmu ingin mendapatkan tiket murah untuk berlibur, lebih baik kamu hindari peak season atau musim ramai. Biasanya, maskapai akan menaikan tiket pesawat karena permintaan yang tinggi. Maka dari itu, cobalah untuk memilih momen low season atau musim sepi agar bisa mendapatkan tiket murah.

Bergabung menjadi member maskapai penerbangan

Dengan bergabung menjadi member maskapai penerbangan, biasanya kamu akan mendapatkan potongan harga atau promo dari program rewards atau benefit yang diadakan oleh maskapai. Kamu juga lebih memiliki kesempatan khusus untuk menggunakan promo tiket murah yang dikhususkan untuk member.

Membership GarudaMiles untuk frequent flyer program Garuda Indonesia
Garuda Indonesia dengan membership GarudaMiles yang menawarkan promo seperti diskon via citilink.co.id

Beli tiket jauh-jauh hari

Cara ini dianggap masih efektif untuk mendapatkan tiket murah hingga saat ini. Apalagi, biasanya waktu pemesanan tiket sangat berpengaruh dengan harga yang dikeluarkan oleh maskapai. Dengan membeli jauh-jauh hari, misal 3-6 bulan sebelumnya, kamu bisa mendapatkan tiket lebih murah daripada mendekati hari keberangkatan.

Coba destinasi wisata yang belum populer

Untuk mendapatkan tiket murah, kamu bisa mencoba untuk liburan di destinasi wisata yang belum populer. Biasanya, maskapai akan memberikan harga yang cukup murah untuk tujuan wisata yang belum populer.

Jangan takut coba rute baru

Biasanya, beberapa maskapai sering membuka rute-rute baru setiap tahunnya. Jika kamu ingin mendapatkan tiket dengan harga murah, kamu bisa mencoba mengikuti rute baru yang dibuka tersebut.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Memang sah-sah saja untuk membeli tiket dadakan yang harganya terkadang melonjak sangat tinggi selama memiliki biaya yang mencukupi. Namun, lebih baik jika kamu menyimpan biaya tersebut untuk biaya di lokasi liburan atau membeli oleh-oleh.

You may also like...

Leave a Reply