Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik
Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik. Photo by @laideaes
Waktu baca: 4 menit

Harga BBM yang naik turun membuat motor listrik banyak dilirik. Simak kelebihan dan kekurangan motor listrik serta rekomendasi merek terbaik sebelum memilih produk tertentu untuk kebutuhan pribadi.

Sebagai negara dengan pengguna sepeda motor terbanyak, banyak pelaku industri yang mencari peruntungan dari bisnis motor. Namun selain mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan motor listrik, kamu juga perlu tahu faktor lain yang tak kalah penting. Apakah motor listrik adalah pilihan terbaik untukmu? Simak ulasannya di bawah ini.

Kelebihan Motor Listrik

Kelebihan dan kekurangan motor listrik harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah alasan kenapa motor berdaya baterai adalah pilihan tepat.

  • Suaranya halus, bahkan nyaris tidak bersuara.
  • Efisiensi cukup tinggi, mencapai 90% – sedangkan motor berbahan bakar minyak hanya 30 persen.
  • Manfaat motor listrik untuk lingkungan sangat tinggi.
  • Biaya perawatan relatif terjangkau karena tidak perlu ganti oli, bongkar mesin, dan sebagainya.
  • Akselerasi prima dan cepat serta mulus, tidak kalah dengan motor BBM.
  • Dibandingkan dengan BBM, mengisi aki jauh lebih murah.

Lalu, berapa lama waktu cas sepeda listrik? Tergantung modelnya, biasanya kendaraan roda dua berdaya baterai ini memerlukan empat jam untuk mengisi aki hingga penuh. Namun kamu perlu mengecek lagi lembar spesifikasi kendaraan yang kamu beli.

Kekurangan Motor Listrik

Seperti benda lain pada umumnya, motor listrik juga punya kelemahan, yang tidak sebanding dengan kelebihannya. Namun kamu perlu tahu kekurangan motor berdaya listrik sebelum membelinya.

  • Jarak tempuh dan speed masih terbatas, apalagi jika dibandingkan dengan motor BBM.
  • Sparepart dan bengkel resmi masih jarang. Oleh karena itu, kamu perlu membeli motor listrik yang well-known.
  • Beban maksimalnya jauh lebih kecil daripada motor BBM.

Baca juga: Mengenal Mobil Listrik yang Jadi Armada Taksi Bluebird

Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan motor listrik, sekarang saatnya kamu tahu deretan motor berdaya baterai terbaik yang sudah beredar di Indonesia.

1. United Motor T1800

Kamu mencari motor listrik dengan tampilan seperti motor matik yang lagi hits saat ini? United Motor punya solusinya. Seri T1800 ini rilis pada akhir 2022 lalu dan hadir dengan teknologi keren. 

Bicara soal kelebihan dan kekurangan motor listrik, speed yang terbatas mungkin menjadi salah satu kekurangannya. Namun T1800 mampu melaju hingga 70 kmh. Harganya masih lebih tinggi daripada motor listrik lainnya, yaitu Rp 27 juta.

2. Niu Gova 3

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan motor listrik, keberadaannya memberikan impact yang besar untuk lingkungan. Niu Gova, selain peduli dengan lingkungan, juga hadir dengan model yang lucu – seperti motor listrik pada umumnya. 

Kecepatan maksimal dari motor ini adalah 60 kmh dan bisa menjangkau hingga 90 km perjalanan. Harganya? Kamu bisa membawanya pulang dengan bujet Rp 21 jutaan.

3. Honda U-Go

Honda turut meramaikan pasar motor listrik Indonesia dengan U-Go. Selain berbasis baterai listrik, motor ini hadir dengan jok motor luas, usb charger, sistem kunci pintar, dan riding mode. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp 16 jutaan.

4. Alva One

Motor listrik yang satu ini masih tergolong baru dan harganya juga masih tinggi – Rp34 jutaan. Namun Alva One punya model yang oke dan memberikan opsi untuk melaju hingga 90 kmh. 

Apabila kamu tidak hanya memperhatikan kelebihan dan kekurangan motor listrik – tapi juga model motornya, maka Alva One adalah pilihan yang tepat.

5. Selis E-Max

Selain mengetahui kelebihan dan kekurangan motor listrik, kamu juga perlu tahu jenis motor yang cocok untuk lingkungan sekitar. 

Setelah mengisi daya dengan penuh, motor ini bisa kamu gunakan untuk jarak hingga 40 km dengan speed maksimal 40 kmh. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp 16 jutaan.

6. Uwinfly T3

Kamu mencari motor listrik desain oke dengan harga terjangkau? Uwinfly punya jawabannya. Seri T3 ini memiliki desain mirip Vespa namun lebih ramping. 

Apabila sudah dicas dengan penuh, motor ini bisa membawamu hingga 70 km jarak tempuh. Bujetnya pun terjangkau, mulai Rp10 jutaan saja.

7. Viar New Q1

Salah satu sepeda motor listrik terbaik yang harus kamu pertimbangkan adalah Viar New Q1. Tampilan yang keren dan kualitas oke membuat motor ini banyak diminati. 

Jarak tempuhnya mencapai 60 km namun kamu bisa memasang dua baterai di motor ini. Untuk mendapatkannya, kamu perlu menyiapkan sekitar Rp 21 juta.

8. Smoot Tempur Facelift

Motor listrik rakitan Indonesia ini cukup menarik, terlihat seperti motor matik. Terdapat LCD untuk speedometer dan lampu LED yang lebih terang dan hemat daya. 

Apabila kamu mencari motor listrik murah, maka Smoot Tempur Facelift ini adalah pilihan tepat – hanya Rp16 jutaan. Jarak tempuhnya hingga 60 km dengan kecepatan 60 kmh. Namun perhatikan juga kelebihan dan kekurangan motor listrik yang satu ini.

9. Gesits

Gesits merupakan produk lokal Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai salah satu motor terbaik berdaya listrik. Terlihat seperti motor matik pada umumnya, Gesits mampu melaju hingga 70 kmh dan daya jelajah 100 km. 

Oleh karena itu, kalau kamu mencari motor listrik yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari, maka brand anak bangsa satu ini bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa memiliki motor ini dengan menyiapkan setidaknya Rp24 juta.

10. Segway N90 C

Segway merilis beberapa motor berdaya baterai – N90 C adalah seri dengan harga paling terjangkau. Kecepatan yang mencapai 52 kmh memungkinkan pengendara melaju dengan jarak tempuh 96 km. saat ini N90 C dari Segway bisa diperoleh dengan harga Rp27 jutaan.

11. Davigo Space

Sebagai salah satu pemain baru di industri kendaraan listrik Indonesia, Davigo menawarkan berbagai model yang menarik. Salah satunya adalah Davigo Space, yang bisa menjangkau hingga 120 km dengan kecepatan maksimal 55 kmh. Harganya Rp18 jutaan dan sudah hadir dengan desain menarik serta lampu LED.

12. Minerva Electron M1

Electron M1 adalah produk dari Minerva yang patut kamu pertimbangkan. Dibanderol dengan harga Rp 16 jutaan, kamu bisa menikmati motor listrik nyaman dengan speed maksimal 60 kmh. Kamu pun bisa tukar baterai jika tidak ingin repot mengisi daya baterai.

13. Rakata NX8

Motor ini mungkin menjadi motor harga termahal di list ini – Rp 54 jutaan di Jabodetabek. Merupakan buatan Indonesia, Rakata hadir dengan model motor maskulin dan kecepatan maksimal 80 kmh hingga 100 km jauhnya. Jika bujet bukan masalah untukmu, maka Rakata adalah pilihan yang tepat.

Jarak tempuh motor listrik cukup variatif – tergantung merek motor, kapasitas baterai, dan faktor-faktor lainnya. Meskipun keberadaannya masih belum sepopuler motor berbahan bakar minyak, Indonesia sudah memiliki cukup banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Oleh karena itu, membeli motor atau sepeda listrik bisa menjadi opsi yang menarik untuk kamu yang peduli lingkungan dan ingin hemat bujet bahan bakar.

Demikian berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang kelebihan dan kekurangan motor listrik. Selain sebagai transportasi, motor listrik menawarkan berbagai manfaat untuk pengguna dan lingkungan.

Mungkin Anda juga menyukai