Cara Menjadi Lender di KlikCair

Menjadi lender di KlikCair
Cara menjadi lender di KlikCair. Photo by KlikCair
Bagikan:

Waktu baca: 5 menit

Perkembangan teknologi terkini tidak hanya memudahkanmu dalam menemukan informasi dan hiburan. Namun juga untuk mendapatkan uang. Salah satu cara untuk mendapatkan uang ialah menjadi lender di platform peer to peer lending atau P2P Lending.

P2P lending merupakan salah satu produk fintech yang terbaru yang mana menjadi platform untuk mempertemukan pemberi dana (lender) dengan peminjam dana (borrower) baik melalui website atau aplikasi.

Baik lender maupun borrower sama-sama mendapatkan keuntungan di platform ini. Untuk borrower, mereka dapat memperoleh pinjaman uang secepat mungkin. Hal itu karena proses pencairan dana bisa dikatakan cepat dan persyaratannya mudah.

Sementara, bagi lender, mereka dapat memperoleh bunga sebagai imbal hasil dari pemberian pinjaman melalui P2P lending. Dari hal itu, makanya P2P lending menjadi makin dikenal masyarakat luas.

Keuntungan Menjadi Lender

Selain mendapatkan imbal hasil seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa keuntungan menjadi lender yang perlu diketahui.

Berikut ini keuntungan yang dapat dirasakan jika kamu menjadi lender di platform P2P lending.

  • Modal cukup terjangkau

Sebelum mulai memberikan pinjaman, tentu kamu harus memiliki modal yang cukup. Jika dulu kamu harus menyiapkan modal yang banyak, kini dengan adanya P2P lending modal yang dikeluarkan terbilang cukup terjangkau.

Ada beberapa pinjaman yang memiliki nominal pendanaan minimal Rp500.000, Rp1 juta, bahkan Rp100.000 tergantung dari jenis pinjaman, risikonya, dan tentu aturan masing-masing platform. Terjangkau bukan?

  • Semua proses online

Untuk menjadi lender mudah dan praktis. Semua proses mulai dari pendaftaran, pendanaan, hingga pencairan imbal hasil dilakukan secara online. Cukup siapkan smartphone dan koneksi internet, maka kamu sudah bisa menjadi seorang lender di website atau di aplikasi yang disediakan oleh platform P2P lending.

  • Imbal hasil menguntungkan

Melalui P2P lending, sebagai lender kamu akan mendapatkan imbal hasil yang menguntungkan. Imbal hasil yang didapatkan beragam tergantung masing-masing platform. Yang pasti, dana yang dipinjamkan lender dapat memberikan bunga mulai dari 10%.

  • Aman dan mudah

Menjadi lender di P2P lending bisa memilih sendiri peminjam yang diinginkan. Tentunya dari platform P2P lending akan menyediakan informasi sedetail-detailnya terkait borrower, lalu lender tinggal memilih ingin mendanai pinjaman yang mana. Mudah bukan?

Memilih Fintech P2P Lending yang Terpercaya

Setelah mengetahui keuntungan menjadi seorang lender, selanjutnya kamu harus mengetahui bagaimana memilih fintech P2P lending yang terpercaya. Dengan memilih yang terpercaya, setidaknya dana atau modal yang kamu sediakan akan lebih aman.

Syarat utama fintech P2P lending yang terpercaya ialah sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ada beberapa fintech P2P lending yang bisa kamu percaya, salah satunya ialah KlikCair.

KlikCair adalah perusahaan Teknologi Finansial (Tekfin) Peer to Peer (P2P) Lending dengan misi untuk membangun ekosistem serta menumbuhkan perekonomian yang lebih inklusif di Indonesia.

KlikCair saat ini telah berizin dan diawasi OJK sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) dengan Salinan Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-103/D.05/2021 tanggal 17 September 2021.

Baca juga: Peer to Peer Lending di Indonesia Terpercaya

Langkah-langkah Menjadi Lender di KlikCair

Untuk menjadi seorang lender di KlikCair, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  • Unduh aplikasi di Google Play Store
Tampilan aplikasi KlikCair for lender
Unduk aplikasi di Google Play Store.

Sebelum menjadi lender, hal yang harus dilakukan ialah mengunduh aplikasi KlikCair Lender di Google Play Store. Klik link ini untuk mengunduh aplikasinya ya. Untuk sementara, aplikasi hanya disediakan untuk pengguna Android. Adapun untuk pengguna IOS bisa mendaftar menjadi lender melalui situs www.klikcair.com.

  • Lakukan pendaftaran
Tampiln halaman pendaftaran
Lakukan pendaftaran dengan memasukan nomor handphone.

Setelah mengunduh aplikasinya, silakan lakukan pendaftaran. Buka aplikasi KliKCair lalu klik Daftar. Masukkan nomor Handphone yang aktif untuk mendapatkan kode One-Time Password (OTP). Klik kirim kode OTP lalu masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia.

  • Siapkan dokumen pribadi
Tampilan aplikasi KlikCair for lender
Siapkan KTP dan data pribadi lainnya.

Dokumen pribadi yang perlu disiapkan untuk diunggah ialah KTP dan NPWP. Dokumen pertama yang harus diunggah ialah KTP. Klik Ambil Foto dan pastikan posisi KTP berada di posisi yang tepat dan data terlihat dengan jelas.

Pastikan KTP yang digunakan masih berlaku dan foto yang diambil berasal dari KTP asli bukan hasil scan atau fotokopi.

  • Lakukan foto selfie
Tampilan aplikasi KlikCair for lender
Bersiap untuk selfie.

Selanjutnya, upload foto selfie dan pastikan foto selfie yang kamu lakukan berada di posisi yang tepat dan harus jelas (tidak blur dan atau gelap). Klik Ambil Foto untuk mengambil foto selfie.

  • Periksa data kembali

Periksa kembali data dirimu. Setelah sudah lengkap dan sesuai, klik simpan & lanjutkan. Data akan tersimpan.

  • Siapkan kode PIN 6 digit

Selanjutnya, siapkan kode PIN 6 digit untuk akun milikmu. Ingat, kode PIN yang sudah dibuat ya TemanKlik. Sebab, kode tersebut nantinya akan digunakan untuk masuk ke akunmu.

  • Baca syarat & ketentuan lalu lengkapi profil

Setelah di Dasbor aplikasi, baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi. Baca dengan teliti ya TemanKlik. Setelah itu, lengkapi profil dan data sesuai dengan kolom yang tersedia.

Jangan lupa untuk mengunggah foto NPWP dan isi kolom nomor NPWP. Selanjutnya, lengkapi Data Rekening yang nantinya akan digunakan untuk proses penarikan dana.

Periksa kembali data-data yang sudah kamu isi di form yang tersedia. Jika sudah yakin benar dan tepat, klik Kirim untuk menyimpan data.

  • Mendaftar di akun Digisign

Setelah mengisi data seperti di atas, langkah selanjutnya ialah membuat akun Digisign, mitra tanda tangan digital yang bekerja sama dengan KlikCair. Silakan lengkapi dan isi data-data yang diperlukan. Buat tanda tangan.

Selanjutnya, kamu tinggal menunggu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk proses verifikasi data dirimu dan pembuatan rekening RDL.

Mudah bukan TemanKlik? Yuk mendaftar jadi lender KlikCair, ajak teman, keluarga, serta kerabatmu ya! Tenang aja, data di KlikCair aman dan tidak mungkin disalahgunakan.


Bagikan: