Mengenal Mobil Listrik yang Jadi Armada Taksi Bluebird

Bluebird mengenalkan mobil listrik yang akan menjadi armada taksinya dan diberi nama e-Taxi
Waktu baca: 2 menit

Perusahaan taksi Bluebird mengenalkan mobil listrik yang akan menjadi armada taksinya dan diberi nama e-Taxi. Menurut Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, Noni Purnomo, menjelaskan bahwa pihaknya memilih mobil listrik untuk armada taksinya karena ingin melakukan terobosan dan inovasi terbaru di industri transportasi Indonesia. Pada layanan e-Taxi ini, rencananya pihak Bluebird dengan dukungan dari PLN sebagai pemasok listrik akan membangun 19 Charging Station.

Sementara tarif yang akan diterapkan pada mobil ini akan sama dengan tarif taksi konvensional berbahan bakar minyak (BBM). Hal ini dilakukan pihak Bluebird karena belum bisa memberikan kompensasi tarif yang masih cukup mahal. Terlebih, ketersediaan bensin merata di seluruh lokasi walaupun harganya lebih mahal. Sementara untuk stasiun pengisian kendaraan listrik masih terbatas jumlah dan lokasinya.

Adapun mobil yang digunakan Bluebird ialah BYD e6 A/T dan Tesla Model X 75D. Sebagai langkah awal, perusahaan taksi itu akan menghadirkan 25 unit BYD dan 5 unit Tesla.

Berikut penjelasan mengenai kedua mobil tersebut.

Mobil listrik BYD e6 A/T

BYD e6 merupakan mobil listrik yang diproduksi oleh China sejak 2010. Mobil yang dibanderol antara 35ribu -74 ribu dollar AS (atau sekitar Rp 490 juta- Rp 1,04 miliar) sudah digunakan menjadi taksi di China, Amerika Serikat, Belgia, Belanda, dan Inggris. Untuk spesifikasinya, BYD e6 sudah dibekali dengan baterai yang berkapasitas 80 kWh. Dengan baterai tersebut, BYD e6 bisa menghasilkan tenaga hingga 121 hp dengan torsi sebesar 450 Nm. Selain itu, baterainya bisa terisi penuh hanya butuh waktu kurang lebih 2 jam. Dalam keadaan baterai penuh, mobil mampu melaju hingga jarak 402 km. Adapun BYD e6 mampu menampung hingga lima orang penumpang dengan total beban yang sanggup ditampung ialah 375 kg termasuk bagasi.

Mobil listrik Tesla Model X 75D

Tesla Model X 75D adalah mobil listrik buatan Amerika Serikat dan sudah diperkenalkan sejak 2016. Mobil yang dibanderol dengan harga paling murah 200 ribu dollar AS atau sekitar Rp 2,8 miliar masuk dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUV) dengan bertabur fitur modern. Salah satunya ialah tersedianya fitur autopilot. Selain itu untuk menunjang keselamatan dalam berkendara, mobil ini dilengkapi dengan fitur pengereman berteknologi anti-lock breaking system (ABS) dan untuk melindungi penumpang model ini juga dipasangi 12 airbags. Sementara untuk urusan tenaga, model ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 75 kWh dan dapat melaju hingga kecepatan 210 km/jam dengan jarak yang bisa ditempuh sekitar 380 km. Adapun untuk pengisian baterainya membutuhkan waktu hingga 7 jam dengan kapasitas listrik 10ribu kWh.

Tesla Model X 75D sebagai salah satu armada mobil listrik Bluebird
Tesla Model X 75D sebagai salah satu armada mobil listrik Bluebird via jakartapost.com

Nah begitulah spesifikasi dari dua mobil listrik yang digunakan oleh Bluebird untuk e-Taxi. Dengan menggunakan mobil listrik, setidaknya bisa membantu mengurangi emisi CO2 dan menghemat konsumsi BBM.

You may also like...

Leave a Reply