5 Kota Terbaik di Indonesia untuk Masa Pensiun

Kota terbaik di Indonesia untuk masa pensiun.
Waktu baca: 3 menit

Masa pensiun paling menyenangkan ialah bisa tinggal di tempat yang nyaman. Apalagi setelah lama menjalani rutinitas bekerja, pasti kamu ingin hidup di tempat yang memiliki suasana tenang dan santai.

Di Indonesia, ada beberapa kota terbaik untuk tinggal saat masa pensiun. Kota-kota tersebut terpilih selain karena suasananya tenang, biaya hidup di kota-kota tersebut juga bisa dikatakan masuk dalam golongan yang murah. Meski begitu, kota-kota itu juga memiliki fasilitas umum dan pelayanan publik yang memadai.

Nah, bagi kamu yang sudah mulai mempersiapkan untuk pensiun, kamu bisa coba memilih salah satu dari 5 kota terbaik di Indonesia untuk menjalani masa pensiun di bawah ini.

Yogyakarta

Salah satu kota terbaik untuk pensiun, Kota Yogyakarta.
Kota Yogyakarta. Photo by The Jakarta Post

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menawarkan ketenangan dan kedamaian saat memutuskan untuk tinggal di sana. Seperti slogan yang sering beredar bahwa kota Yogyakarta “Berhati Nyaman” yang merupakan akronim dari Bersih, Sehat, Asri, dan Nyaman. Hal itu sudah menunjukkan bahwa memang Kota Yogyakarta ini sangat cocok untuk hidup di masa pensiunmu.

Adapun untuk biaya hidup di kota ini juga terbilang cukup murah dan terjangkau. Maka dari itu, kota Yogyakarta bisa jadi salah satu alternatif kota terbaik untuk masa pensiun kamu.

Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta
Keraton Kasunanan Surakarta. Photo by Kompas

Surakarta atau Solo ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Yogyakarta. Budaya Jawa sangat kental terasa, terlebih di Solo ini juga memiliki keraton Kasunanan yang masih sering menjalankan adat Jawa.

Di Solo, juga terdapat berbagai pasar tradisional yang menjual berbagai macam barang dengan harga yang sangat terjangkau. Di pasar itu, kamu juga bisa menemukan makanan khas Solo yang jarang ditemukan di kota-kota lainnya.

Selain itu, kota Solo juga dikenal sebagai wilayah agraris. Dengan begitu, kamu bisa pensiun di sana dan tetap bekerja sebagai menjadi seorang petani.

Padang

Jam Gadang
Jam Gadang. Photo by Shopback

Selain di pulau Jawa, ada kota yang memang cocok untuk pensiun di pulau Sumatera, yakni kota Padang. Kota Padang bisa dikatakan memiliki suasana kota yang sejuk dan tenang. Selain itu, kamu tak perlu bingung ingin beraktivitas di masa tua nanti. Sebab, kesuburan tanah di Padang menjadikan beberapa sektor bisnis seperti pertanian memiliki peluang yang sangat bagus.

Baca juga: 4 Program Dana Pensiun untuk Hari Tua yang Lebih Sejahtera

Sibolga

Pelabuhan Sibolga.
Pelabuhan Sibolga. Photo by IDN Times

Selanjutnya, ada kota di Sumatera Utara yang terkenal dengan panorama alam yang indah di kawasan Teluk Tapian Nauli, yaitu kota Sibolga. Selain sebagai kota yang menawarkan wisata alam, Sibolga juga terkenal sebagai salah satu kota termurah di Indonesia.

Walau bukan kota besar, fasilitas umum seperti kesehatan dan hiburan di kota Sibolga ini bisa dikatakan cukup memadai. Pemandangan yang indah, udara sejuk, serta biaya hidup yang murah menjadikan Sibolga sebagai kota yang nyaman bagi para pensiunan.

Singaraja

Singaraja.
Eks Pelabuhan Singaraja. Photo by Kintamani.id

Terakhir, ada Singaraja, yang merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Bali. Kota ini cocok untuk kamu yang ingin pensiun dengan suasana santai namun tidak terlalu sepi. Adapun biaya hidup di Singaraja termasuk yang murah di Indonesia.

Apalagi, Singaraja merupakan salah satu kota pariwisata di Bali sehingga memiliki akses yang bagus untuk liburan. Selain itu, fasilitas umum seperti transportasi dan kesehatan juga tidak buruk.

Itulah daftar 5 kota terbaik di Indonesia untuk masa pensiun yang bisa kamu pilih. Yang terpenting, sebelum memutuskan untuk pensiun, sedari dini sudah menyiapkan tabungan untuk masa tua. Hal itu dilakukan agar nantinya kamu bisa hidup dengan tenang dan nyaman.

Nah, salah satu untuk menyiapkan tabungan untuk masa tua ialah dengan berinvestasi. Apalagi saat ini sudah banyak jenis investasi yang ada, seperti peer to peer lending. Yang pastinya, selama kamu konsisten menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk investasi, maka kamu bisa menikmati masa tua dengan nyaman.

You may also like...

Leave a Reply