Jenis Investasi UMKM yang Menguntungkan dan Kelebihannya Bagi Investor

Jenis Investasi UMKM yang Menguntungkan
Jenis Investasi UMKM yang Menguntungkan dan Kelebihannya Bagi Investor. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Belum banyak yang tahu jika ada jenis investasi UMKM yang menguntungkan. Selain bagi pelaku sendiri, investor memiliki andil besar dalam tumbuh kembang UMKM. 

Perlu kamu ketahui, investor memberi lebih banyak peluang untuk pelaku UMKM. Bagaimana seluk beluk investasi ini, bisa lanjutkan membaca artikel berikut hingga tuntas.

Mengenal Investasi UMKM

Berbagai pilihan bisnis UMKM yang menguntungkan memang sangat menggiurkan untuk dicoba. Calon pelaku bahkan pelaku sendiri mau berani melakukan inovasi dari berbagai bisnis yang sekiranya menghasilkan profit tinggi.

Sebelum kamu mengenal tentang jenis investasi UMKM yang menguntungkan ada baiknya mengenal lebih dekat tentang investasi. 

Investasi UMKM adalah investasi yang dilakukan dengan meminjamkan modal pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) agar dapat terus berkembang. 

Selanjutnya mendapatkan keuntungan dari usaha yang dirintisnya tersebut. Adapun kelanjutan dari investasi dapat dimanfaatkan dalam jangka menengah atau jangka panjang. 

Melihat pertumbuhan UMKM di Indonesia yang terus meningkat, gelontoran modal berupa investasi dari para investor juga meningkat. Jalinan kerjasama antara pihak UMKM dan investor melalui perjanjian yang berguna untuk pembagian keuntungan bersama.

Jenis-Jenis Investasi UMKM yang Menguntungkan

Masuk dalam sebuah bisnis sebaiknya memang mengetahui seluk beluknya dengan pasti. Bisnis kaitannya dengan modal usaha. Kamu tinggal pilih, apakah ingin bergerak sebagai pelaku atau hanya penyedia modal saja, sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Bagaimana jika memberi modal jangkauan luas UMKM? UMKM adalah usaha paling dekat dengan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. Jika kamu memiliki modal dan dana berlebih dapat melakukan investasi untuk UMKM dengan berbagai bisnis yang digeluti.

Agar tidak bingung menentukan investasinya, berikut adalah jenis investasi UMKM yang menguntungkan dan dapat kamu coba, yaitu:

1. Investasi Ekuitas

Investasi ekuitas adalah modal yang bentuknya berupa saham atau barang untuk  menjalankan bisnis. Pada umumnya modal berupa uang dan dimiliki oleh pemilik usaha mikro. Dana dari ekuitas dapat dari investor atau milik pribadi.

Sumber yang berbeda pada pelaksanaannya sama-sama berguna untuk melakukan usaha bisnis. Dari mulai stok, operasional barang hingga bayar hutang. Adapun yang berbeda pada saat pembagian hasil. 

Biasanya investor mendapatkan sesuai dengan modal yang diberikan. Sedangkan modal dari hasil pribadi tidak boleh digunakan untuk kepentingan sendiri. Modal tersebut untuk pengembangan usaha lebih lanjut.

2. Investasi Bisnis

Investasi bisnis berikutnya adalah pinjaman berupa hutang. Untuk kamu ketahui jika hutang untuk investasi pada umumnya berbentuk pinjaman yang akan dibayarkan berdasar perjanjian awal. Perjanjian berisikan keterangan tentang utang piutang penyedia modal dan peminjam.

Jika kamu perhatikan, jenis investasi kedua berbeda dengan yang pertama karena ada risiko dibaliknya. Artinya saat bisnis mengalami kebangkrutan atau kejadian lain yang merugikan, maka penyedia pinjaman dapat melakukan penyitaan aset usaha.

Hanya saja, dibalik itu jika resiko dapat diminimalisir maka investor mamu mendapatkan keuntungan berlipat. Bahkan aset dapat bertambah dan mengambil alih bisnis yang berkembang tersebut.

Kedua jenis investasi tersebut memberikan keuntungan baik pelaku UMKM atau investor. Keuntungan investasi bagi pelaku UMKM salah satunya dapat mengembangkan bisnis karena modal tersedia dan dapat digunakan untuk melakukan banyak inovasi.

Baca juga: Investasi Bantu Pertumbuhan Ekonomi? Yuk Simak Penjelasan Teori Pertumbuhan Ekonomi Harrod Domar

Kelebihan Melakukan Investasi Pinjaman Bagi Investor

Berbagai kelebihan dan keuntungan dapat kamu dapatkan jika tertarik melakukan investasi pinjaman. Jika masih terlalu awam, bisa cek kelebihan yang yakin sekali bakal membuatmu semakin tertarik mengarungi lebih dalam modal UMKM ini.

Kelebihan melakukan investasi pinjaman khusus untuk investor yaitu:

1. Memiliki Banyak Pilihan Platform

Ekonomi digital memberikan banyak kemudahan dan pilihan buat kamu yang baru memulai investasi. Investasi pinjaman dengan mudah kamu lakukan melalui aplikasi investasi UMKM platform digital.

Dalam aplikasi tersebut terdapat keuntungan berbeda-beda tergantung dari pihak penyedia investasi sendiri. Keuntungan yang didapat investor ada yang mencapai 10% hingga 15% dalam setahun.

Salah satu keuntungannya, kamu bebas memilih aplikasi yang banyak menyediakan investasi UMKM. Dengan berbagai keuntungan menggiurkan dan tentu saja profit optimal.

2. Potensi Bisnis Berkembang

Jenis investasi UMKM yang menguntungkan memberikan dampak tersendiri dari investor karena terus bertumbuh. Kategori jenisnya dapat kamu sesuaikan dengan minat yang kamu geluti. Pilihannya sangat banyak dan biasanya memiliki keunggulan lokal sebagai ciri khasnya.

Bisnis yang sesuai minat bahkan hobi akan membuatmu semakin tertarik untuk meningkatkan investasi pinjaman. Dengan begitu banyak tambahan modal bagi pelaku UMKM untuk lebih berkembang dengan keuntungan optimal.

3. Potensi Profit Tinggi

Setiap bisnis pada level akhir adalah untuk menghasilkan keuntungan atau profit tinggi. Pasar UMKM sekarang semakin berkembang pesat di seluruh wilayah Indonesia. Pemerintah juga menggalakkan berbagai sektor yang mengusung keutamaan keunggulan lokal.

Dengan lokal bangga, pelaku UMKM mampu melihat potensi bisnis yang dapat dikembangakan dalam usahanya. Adanya aplikasi pendanaan tentu memberikan kelonggaran untuk bergerak lebih berani dengan perencanaan lebih matang.

Jika kamu memilih menjadi investor, potensi mendapatkan keuntungan tinggi akan mudah didapatkan. Bahkan keuntungan mendapatkan 10% hingga 15% per tahun sangat menggiurkan. Caranya hanya dengan investasi modal pinjaman ke platform terpercaya sesuai pilihanmu.

Kemudian duduk manis dan jika tepat pilihannya maka keuntungan rupiah kamu dapatkan dengan mudah.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Investasi

Meskipun jenis investasi UMKM yang menguntungkan ada beberapa jenis, kamu jangan sampai salah jalan untuk memulainya. Sebagai pemula perlu memperhatikan hal terkait investasi berikut ini, antara lain:

1. Cek Tingkat Laba

Perhatikan peningkatan laba dari periode ke periode berikutnya. Jika meningkat menuju level lebih baik maka UMKM tersebut memiliki pertumbuhan pesat dan bagus mendapatkan laba dari bisnis.

2. Memilih UMKM Kreatif dan Inovatif dalam Produk dan Pemasaran

Hal kedua yang perlu diperhatikan dengan memilih UMKM yang kreatif dan inovatif untuk produk yang dijual. Apakah memang sedang dibutuhkan pasar atau hanya produk yang biasa saja. 

Jangan lupa kamu juga perlu melihat sistem pemasarannya yang digunakan. UMKM kreatif pasti akan menjual hasil produk selain offline juga online. Jangkauan lebih luas dan brand akan lebih dikenal pasar dengan baik.

Memiliki pola pemasaran bagus menunjukkan UMKM berusaha sekuat tenaga untuk menjual produknya dengan berbagai inovasi. Peningkatan lab yang bagus menunjukkan hasil optimal. UMKM seperti ini perlu kamu pilih dalam melakukan investasi modal.

3. Memperhatikan Dinamika UMKM

Perhatikan dinamika sektor UMKM apakah hanya sesaat atau dapat tumbuh dalam jangka panjang. Jika jangka panjang, artinya kamu bisa memilihnya untuk investasi modal. 

Dinamika yang berubah dapat menjadi wacana kamu untuk memilih mana yang paling pasti menghasilkan keuntungan sehingga tidak merugi. UMKM terus berkembang pesat dengan dukungan digitalisasi ekonomi. Jenis investasi UMKM yang menguntungkan dapat kamu pilih untuk mendatangkan profit yang menggiurkan. Tak perlu takut memulai karena investasi ini dapat berlaku dalam jangka panjang.

Mungkin Anda juga menyukai