Investasi Ilegal Vtube Bisa Beroperasi dengan Syarat Ini

Investasi Ilegal Vtube
Investasi Ilegal Vtube Bisa Beroperasi dengan Syarat Ini. Photo by @robman
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 3 menit

Masyarakat diingatkan agar waspada terhadap investasi ilegal Vtube. Pasalnya, investasi ini bisa merugikan dirinya sendiri.

Vtube sendiri booming lantaran menjadi aplikasi penghasil uang. Alasan inilah yang membuat sebagian masyarakat tertarik untuk mengikutinya. Apalagi ketika beberapa orang menunjukkan hasil dari kegiatannya menjadi anggota Vtube.

Meskipun begitu, bukan berarti bahwa aplikasi tersebut layak digunakan saat ini. Pasalnya, ada skema tertentu yang menjadikannya kurang kredibel.

Pihak Kominfo sendiri telah memblokir halaman utamanya atas saran dari OJK. Pemblokiran didasari oleh pelanggaran yang dilakukan oleh pihak Vtube. Tetapi bila pihaknya mampu mengikuti kebijakan, bukan tidak mungkin jika Vtube bisa beroperasi lagi.

Sekilas Tentang Aplikasi Vtube

Sekilas tentang Vtube. Photo by islam.nu.co.id

Vtube dikembangkan oleh PT. Future View Tech dalam bentuk aplikasi. Fokus utamanya di bidang periklanan.

Sejak kemunculannya, aplikasi ini mendapatkan perhatian dari masyarakat. Alasannya ialah menawarkan keuntungan finansial. Pasalnya, anggotanya mendapatkan sharing profit dari kegiatannya menonton iklan dan menyelesaikan misi.

Setiap kali anggota menonton iklan, anggotanya akan meraih poin. Poin ini bisa ditukar dengan uang. Atau, bisa juga dijual untuk meningkatkan level dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, sumber penghasilan anggota juga berasal dari referral. Caranya hanya dengan mengajak orang lain untuk melakukan pendaftaran. Ketika orang lain mendaftar dari referralnya, seseorang berhak memperoleh poin.

Semakin banyak poin yang dikumpulkan, keuntungan yang didapatkan semakin besar. Apalagi jika mampu menyelesaikan misi hingga ke level teratas. Jumlah penghasilannya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Sontak, hal inilah yang membuat masyarakat tertarik untuk mengambil bagian. Apalagi pendaftaran ke aplikasi tersebut sifatnya gratis. Meskipun begitu, Kamu seharusnya lebih bijak dalam menyikapinya agar tidak mengalami kerugian.

Baca juga: Mengenal Bahaya Investasi Ilegal dan Tips Cerdas Menghindarinya

Bukti Pelanggaran Vtube

Investasi Ilegal Vtube
Bukti pelanggaran Vtube. Photo by Pexels

OJK sendiri memberi label investasi ilegal Vtube. Hal ini didasarkan pada bukti pelanggaran yang terdapat dalam aplikasi.

Bukti dari ilegalnya aplikasi didasarkan pada sistem yang digunakan. Konsepnya berupa money game.

Konsep ini seperti piramida. Anggota yang berada di level teratas akan mendapatkan penghasilan lebih besar lantaran mampu menggaet bawahan cukup banyak.

Masalahnya, cara ini kesannya menggunakan uang. Seorang member yang ingin meningkatkan level diharuskan untuk membayar sejumlah uang. Khususnya untuk pembelian poin.

Situasi ini membuat downline akan terbebani. Ketika tidak mampu mendapatkan bawahan lain, peringkatnya akan tetap. Praktis, penghasilan yang didapatkan sangat sedikit.

Bukti pelanggaran lainnya dari Vtube ialah tidak adanya legalitas izin usaha. Kegiatannya tampaknya belum mendapatkan izin.

Belum adanya izin inilah yang membuat Kominfo melakukan pemblokiran. Sejauh ini, aplikasi tersebut sudah tidak bisa ditemukan di Playstore.

Walaupun begitu, masih banyak anggota lama yang terus mencari anggota lainnya. Pasalnya, aplikasi masih bisa dibuka sehingga kemungkinan untuk merekrut orang lain tetap terbuka.

Baca juga: Awas! Kenali Ciri-Ciri Investasi Ilegal yang Sering Menipu

Syarat Vtube Mendapatkan Legalitas

Perbandingan syarat pinjam uang di bank dan pinjaman online.
Syarat Vtube mendapatkan legalitas. Photo by Pixabay

Perlu dipahami bahwa investasi ilegal Vtube ini bisa saja berubah statusnya. Sederhananya, aplikasi ini bisa melakukan operasi tanpa adanya pelarangan. Dengan catatan jika pemiliknya dapat memenuhi ketentuan dari OJK.

Syarat utamanya ialah mengurusi izin usaha. Kemudian, perusahaan mampu menjelaskan seperti apa konsep perdagangan yang dijalankan. Setidaknya, konsepnya tidak menyalahi aturan investasi.

Konsep yang dilarang ialah permainan uang. Caranya bisa apa pun. Contohnya member get member atau membayar uang sejumlah tertentu untuk mendapatkan peringkat teratas.

Ketika perusahaan dapat memenuhinya, OJK tentu akan memberikan kelonggaran. Dan Vtube bisa beroperasi lantaran mendapatkan izin resmi dalam mendirikan usahanya.

Himbauan dari Pemerintah Terkait Investasi

Investasi untuk passive income
Himbauan pemerintah terkait investasi. Photo by Pixabay

Demi menekan investasi yang merugikan, pemerintah menghimbau masyarakat untuk lebih cermat. Setidaknya, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Yakni legalitas dan logis.

Legalitas berkaitan langsung dengan izin dari Lembaga di instansi terkait. Misalnya perdagangan, usaha ini telah mendapatkan perizinan dari Kemendag.

Sementara logis berhubungan langsung dengan konsep yang dijalankan. Misalnya konsep mendapatkan keuntungan ini terbilang masuk akal atau tidak.

Faktanya, tidak ada investasi yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Jika ini terjadi, Kamu seharusnya lebih waspada. Ada baiknya, Kamu mengabaikannya lantaran berpotensi merugikan diri sendiri.

Itulah kurang lebih informasi mengenai investasi ilegal Vtube. Sejauh ini, aplikasi ditetapkan ilegal sehingga masyarakat dianjurkan untuk tidak terpancing mengikuti praktik yang dijalankan oleh Vtube.


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mungkin Anda juga menyukai