Mengapa Investasi P2P Lending Cocok untuk Anak Muda?

Investasi P2P Lending Milenials via @mentatdgt
Waktu baca: 3 menit

Investasi P2P lending atau peer to peer lending adalah sistem investasi baru di Indonesia. Metodenya adalah memberikan pinjaman kepada individu atau bisnis. Sebagai pemberi pinjaman, keuntungan yang didapatkan tergantung pada pemasukan dan kemajuan bisnis tersebut. Alternatif investasi ini mendapat perhatian yang cukup besar karena metodenya yang praktis. Prosesnya dilakukan melalui sebuat platform online.

Hal tersebut jugalah yang menjadi salah satu alasan kenapa P2P lending dapat menjadi investasi untuk anak muda seperti kamu. Tentu masih ada berbagai alasan lain yang perlu kamu tahu. Check these out!

Tingkat pengembalian relatif lebih tinggi

P2P lending merupakan sistem yang memungkinkan setiap orang untuk memberi pinjaman tanpa  menggunakan jasa dari lembaga keuangan sebagai perantara. Sistem ini mirip dengan konsep market place online yang menyediakan wadah untuk pertemuan antara pembeli dan penjual, namun dalam hal ini untuk kegiatan pinjam meminjam dana.

Kalau kamu melakukan investasi dengan P2P lending, kamu akan mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi karena rata-rata tingkat suku bunga yang ditawarkan mulai 12% per tahunnya. Yang pasti, tingkat suku bunganya lebih tinggi dari bank (bank fixed deposit) yang hanya 6-8%. Dengan menawarkan pinjaman melalui platform online seperti KlikCair misalnya, kamu akan mendapat hasil yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan reksa dana atau deposito berjangka.

Cenderung rendah risiko

Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi P2P lending, sebaiknya kenali terlebih dulu risikonya. Ya, sama seperti jenis investasi lain, P2P lending juga memiliki risiko. Bedanya, alternatif investasi P2P lending punya tingkat risiko yang cenderung lebih rendah bila dibandingkan dengan melakukan investasi di ekuitas lewat pasar saham misalnya.

Risiko default, atau keadaan di mana peminjam dana tidak bisa melunasi pinjamannya, juga relatif rendah dalam P2P lending karena ada pihak yang bertugas untuk memastikan hal itu tidak akan terjadi. Idealnya, pinjaman hanya akan diberilan kepada peminjam yang telah terverifikasi dan telah melewati berbagai pemeriksaan khusus, seperti riwayat kredit dan verifikasi alamat fisik.

Hasil setiap bulan

Anak muda biasanya menyukai hal-hal yang mudah dan murah. Hal ini cocok sekali dengan karakter alternatif investasi P2P lending. Tidak seperti investasi lainnya di mana bunga akan dibayarkan tiap beberapa bulan sekali, lain halnya P2P lending. Sebagai pihak pemberi pinjaman, kamu bisa menarik bunga setiap bulan.

Pinjaman yang kamu berikan akan dilunasi setiap bulan termasuk dengan bunganya. Keuntungan bunga yang didapatkan per bulan akan langsung masuk ke rekening. Suku bunganya pun lebih tinggi sehingga jelas lebih menguntungkan untukmu. Pemberi pinjaman juga diberi akses untuk menelusuri data-data pengajuan pinjaman dana.

Investasi P2P Lending cocok untuk anak muda. Benarkah? via pexels.com

Investasi P2P Lending cocok untuk anak muda. Benarkah? via pexels.com

Diversifikasi

P2P lending memudahkan kamu dalam melakukan diversifikasi investasi dan membuat kesempatan meraup keuntungan jadi lebih besar. Hal ini penting untuk mengoptimalkan portofolio dan mengurangi kemungkinan risiko karena dana kamu tersebar di beberapa instrumen sekaligus. Jadi jika seandainya ada satu bisnis yang gagal bayar, kamu masih punya bisnis lain untuk menghasilkan keuntungan.

Teknologi yang digunakan P2P lending pun cukup inovatif dan dana yang ingin kamu pinjamkan bisa dipilih berdasarkan kemampuan. Proses ini juga jauh lebih simpel bila dibandingkan dengan pengajuan dana di lembaga resmi seperti koperasi, bank, jasa kredit, dan lainnya yang biasanya lebih kompleks dalam pengurusan.

Itulah alasan kenapa  investasi P2P lending cocok untuk anak muda. Tertarik untuk berinvestasi P2P lending? Kamu bisa langsung mendaftarkan diri di KlikCair untuk bergabung. Setelah data terverifikasi, kamu sudah sah menjadi investor dan bisa melakukan pendanaan dengan menyetor deposit. Investasikan sejumlah dana sesuai tujuanmu sambil membangun perekonomian Indonesia bersama-sama. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

You may also like...

Leave a Reply