Ingin Usaha Franchise Kopi Laku Keras? Simak Tips Ini

Tips franchise kopi agar laku keras
Waktu baca: 3 menit

Membuka usaha franchise (waralaba) kopi saat ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin memulai bisnis. Hal itu dikarenakan saat ini sudah banyak sekali franchise kopi yang bisa kamu pilih untuk usaha yang akan kamu jalankan. Selain banyak jenisnya, target pasar untuk usaha kedai kopi itu masih sangat banyak baik dari para pecinta kopi ataupun masyarakat biasa. Terlebih, minum kopi kini menjadi salah satu tren yang tidak akan pernah hilang termakan zaman.

Walaupun begitu, bukan berarti bisnis franchise jadi lebih mudah. Selayaknya usaha pada umumnya, kamu harus tetap melakukan banyak persiapan sebelum memulainya. Tanpa perencanaan yang matang, bisnis franchise-mu bisa jadi malah bangkrut. Namun, jika kamu menjalankan usaha waralaba ini dengan baik, maka dipastikan kamu akan meraih keuntungan yang besar.

Baca juga: 7 Bisnis Milenial yang Sedang Ramai Digandrungi Nih, Kamu Tertarik?

Nah, supaya usaha franchise-mu tidak mengalami kebangkrutan dan bisa laku keras, kamu bisa simak tips di bawah ini.

Gali informasi terkait franchise yang akan kamu pilih

Brand franchise kopi
Cari informasi terkait brand kopi yang akan dipilih. Photo by Pexels

Sebelum menentukan franchise kopi yang mana, kamu harus melakukan banyak riset agar bisa mengetahui informasi terkait hal itu. Kenali brand serta ketentuan yang tertera seperti fee, sistem franchise, kontrak, dan sebagainya. Setiap usaha waralaba pasti memiliki kebijakan sendiri-sendiri yang mengatur tentang kerja sama yang akan dilakukan. Selain itu, tiap brand tentunya memiliki standar operasional yang ketat agar brand image-nya tetap terjaga. Semakin ketat dan baik sistem waralabanya, maka semakin layak untuk dipilih.

Tentukan lokasi

Pilih lokasi
Pilih lokasi yang tepat untuk membuka bisnismu. Photo by @priscilladupreez

Setelah memilih jenis waralaba yang akan kamu buka, kamu harus menentukan lokasinya. Pilihlah lokasi yang strategis dan sesuai. Pertimbangkan juga apakah perlu membeli lokasi bisnis atau cukup sekadar menyewa saja.

Kenali potensi pasar

Pahami target pasar
Pahami target pasar. Photo by Pexels

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis kopi memang memiliki target pasar yang luas. Meski begitu, kamu tetap harus melihat potensi pasar dari waralaba kopi yang kamu pilih. Kenali daya beli dan minat masyarakat terhadap franchise yang kamu pilih. Kamu wajib memiliki analisa tentang potensi atau segmentasi pasar agar kamu bisa tahu berapa lama modal bisa kembali dan berapa lama bisnis itu berjalan.

Siapkan modal yang cukup

Modal
Modal harus disiapkan secukupnya. Photo by Pixabay

Modal menjadi salah satu hal penting yang harus disiapkan saat kamu sudah menentukan akan membuka franchise kopi. Jangan terlalu bersandar pada simulasi hitungan modal yang diberikan ya TemanKlik. Pada kenyataannya dalam setiap bisnis, terkadang modal yang dibutuhkan bisa jadi lewat dari perkiraan.

Terus berinovasi dan lakukan promosi sesekali

Promosi dan inovasi franchise kopi
Promosi dan inovasi sangat berguna untuk franchise-mu. Photo by Pexels

Setelah bisnis franchise-mu jadi, jangan lupa untuk terus berinovasi tanpa melenceng dari kontrak dan sistem yang diberikan oleh pihak franchise. Selain itu, promosi juga harus gencar. Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti instagram atau facebook. Dengan adanya promo, pelanggan bisa mencari info dengan mudah mengenai bisnis franchise-mu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar usaha franchise kopimu laku keras. Selain menjalankan tips di atas, kamu juga bisa melihat peluang dari bisnis tersebut di artikel seberapa besar sih peluang bisnis franchise kopi saat ini? Ayo jangan ragu untuk memulai bisnis ya.

You may also like...

Leave a Reply