Seberapa Besar Sih Peluang Bisnis Franchise Kopi Saat ini?

franchise kopi via pixabay.com
Waktu baca: 3 menit

Teman Klik, kamu tahu nggak sih di Indonesia konsep bisnis dengan skema waralaba bertumbuh dengan sangat cepat. Berdasarkan data, dalam bisnis waralaba tersebut terdapat berbagai macam produk hingga brand yang dipasarkan, mulai dari minimarket, restoran cepat saji, hingga kafe dan kedai kopi. Khusus untuk kopi, di dalam dunia bisnis waralaba atau yang biasa kita sebut franchise telah menjadi salah satu produk yang berkembang cukup pesat. Ketua Umum Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) A Syafrudin menuturkan bahwa munculnya usaha kafe telah meningkatkan nilai kopi yang ada saat ini. Maka dari itu, kamu yang ingin mencari peluang-peluang, coba deh simak penjelasan tentang bisnis franchise kopi.

Bisnis Franchise Kopi

Tren bisnis franchise kopi via pexels.com

Tren bisnis franchise kopi via pexels.com

Peluang Bisnis Franchise Kopi

Bukan hanya sebagai komoditas konsumsi kopi kini juga menjadi bagian dari sebuah gaya hidup. Terutama untuk anak muda nih. Termasuk salah diantaranya juga Teman Klik yang sedang membaca artikel ini. Kini meminum secangkir kopi juga memiliki nilai yang berbeda dari sebelumnya. Tentunya ini menjadi peluang lebih terutama di bisnis franchise.

Di dalam dunia bisnis franchise kopi, kopi tidak hanya dijajakan di kafe atau kedai kopi saja. Kopi juga dijajakan di outlet-outlet yang juga menawarkan berbagai macam varian olahan kopi. Tak hanya berbagai varian olahan kopi yang dapat mengundang pembeli, konsep dan tampilan sebuah kafe juga bisa menjadi nilai jual tersendiri lho! Oiya, terlebih lagi di era media sosial seperti sekarang ini, generasi milenial suka berswafoto di tempat-tempat yang unik dan instagramable.

Selain itu brand suatu kafe franchise kopi juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini terutama terjadi di kawasan perkotaan. Kasmito Tina selaku Sekretaris Jendral Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, menyatakan bahwa kini kopi memiliki nilai tambah yang produktif, kopi bukan hanya komoditas namun juga sebuah seni dan gaya hidup.

Salah satu franchise hits via IG @kedaikopikulo

Salah satu franchise hits via IG @kedaikopikulo

Selain itu, Ketua Komite Tetap Kadin Bidang Waralaba, Lisensi, dan Kemitraan Levita Supit juga mengatakan bahwa dengan ragam keunggulannya, bisnis waralaba / franchise dan kafe saat ini banyak dilirik investor. Hal ini semakin menambah berkembanganya bisnis waralaba kopi. Namun banyaknya perkembangan bisnis waralaba tentunya juga menambah persaingan antar brand yang semakin ketat. Hal ini memerlukan kejelian dan kreatifitas dari pengelola untuk dapat menyajikan kemasan kafe dan produk kopi yang unik dan menarik pembeli.

Lebih jauh, perkembangan bisnis waralaba kopi ini juga turut serta andil dalam promosi kopi asli Indonesia. Hal ini dikarenakan kedai-kedai kopi jaman now yang bermunculan itu berlomba-lomba untuk menyajikan kopi asli Indonesia dengan kemasan modern. Mulai dari kopi Luak yang mendunia, kopi Gayo, kopi Jawa, kopi Toraja, hingga kopi Papua. Lengkap banget kan Teman Klik.

Biji-biji Kopi dari seluruh Indonesia tadi diolah sedemikian rupa hingga memenuhi selera generasi milenial yang memang menjadi pasar utama dari bisnis waralaba kopi ini. Nah, buat kamu yang mungkin memulai berbisnis kopi dengan skema waralaba ada baiknya kamu pelajari dulu bagaimana popularitas brand tersebut, konsep dan varian dari olahan kopi yang akan dijual.

Selain itu promosi juga tak kalah penting, kamu bisa menggunakan sosial media seperti instagram untuk melakukan promosi dengan biaya murah. Cukup menyewa jasa fotografer profesional untuk mem-foto kedai kopi dan produk kopi yang akan kamu jual lalu promosikan di media sosial. Cukup manfaatkan dunia digital ya!

You may also like...

Leave a Reply