Ingin Merdeka Finansial di 2020? Tinggalkan 4 Kebiasaan Ini

Merdeka finansial di 2020.
Merdeka finansial di 2020. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Menjelang pergantian tahun, pasti kamu sudah menyiapkan resolusi yang harus dicapai di tahun depan. Salah satu resolusi penting yang perlu dicapai ialah merdeka finansial di 2020 nanti. Hal itu dikarenakan laju inflasi akhir-akhir ini cukup mengerikan.

Apalagi, pada 2019, kenaikan upah minimum rata-rata di berbagai provinsi mengalami kenaikan. Dengan kenaikan upah minimum ini, biasanya akan diikuti dengan kenaikan harga kebutuhan pokok serta biaya-biaya lainnya. Itulah yang akhirnya dapat memicu terjadi inflasi.

Bagi mereka yang sudah merdeka finansial, tentu inflasi ini tidak akan membuatnya kelimpungan. Maka dari itu, agar kamu bisa meraih merdeka finansial di 2020, yuk tinggalkan 4 kebiasaan buruk ini.

Tidak punya tujuan finansial yang jelas

Hindari ini agar merdeka finansial 2020
Tidak punya tujuan finansial yang jelas. Photo by @steve_j

Untuk merdeka finansial, kamu harus memiliki tujuan finansial baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan finansial tiap orang memang berbeda. Namun, sebaiknya dikategorikan menggunakan usia.

Misalnya, saat ini kamu sudah berusia 25 tahun. Lalu, kamu punya tujuan sebelum berusia 28 tahun harus memiliki rumah, biaya untuk menikah, dan punya penghasilan yang lebih besar untuk mencukupi kebutuhanmu. Poinnya adalah hidup harus memiliki target atau tujuan dan kamu harus bisa mencapainya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Tidak ada dana darurat

Tidak punya dana darurat.
Tidak punya dana darurat. Photo by Pixabay

Kesalahan yang masih sering dilakukan oleh para pekerja terutama freshgraduate atau yang belum lama bekerja ialah menghabiskan gaji tanpa menyisakan sepeserpun. Hal itu ialah kesalahan yang fatal. Apalagi kamu tidak menyisihkan penghasilanmu itu untuk dana darurat.

Perlu diketahui, dana darurat merupakan dana yang akan digunakan saat kamu menghadapi suatu musibah atau kejadian yang tidak terduga. Idealnya, kamu memiliki dana darurat senilai 6 kali dari penghasilanmu. Dengan begitu, kamu akan lebih siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan buruk atau musibah di masa yang akan datang.

Baca juga: Pentingnya Dana Darurat Sebelum Hadapi Situasi Gawat

Menerapkan prinsip YOLO yang salah

Penerapan prinsip YOLO yang salah.
Penerapan prinsip YOLO yang salah. photo by @introspectivedsgn

You Only Life Once atau YOLO ini merupakan suatu prinsip yang berkaitan dengan gaya hidup anak muda saat ini. Tren dari prinsip ini ialah lebih mengutamakan ego pribadi untuk memenuhi kemauan sendiri.

Contohnya, saat ingin makan, kamu tidak memikirkan harganya. Selama menurutmu makanan tersebut enak, kamu akan membelinya. Atau contoh lainnya, saat kamu ingin membeli barang branded yang harganya bisa mencapai puluhan juta, tanpa pikir panjang langsung membelinya.

Secara tidak langsung, prinsip YOLO seperti di atas akan membuatmu lebih konsumtif. Padahal belum tentu barang yang kamu beli itu adalah barang yang dibutuhkan. Itulah penerapan prinsip YOLO yang salah.

Yang benar, karena prinsip YOLO ini mengajarakan hidup cuma sekali, maka manfaatkanlah sebaik-baiknya dengan memberikan yang terbaik untuk diri sendiri, keluarga, hingga orang-orang yang ada disekelilingmu. Salah satu hal yang bisa kamu berikan untuk diri sendiri ialah mencapai merdeka finansial. Jadi prinsip YOLO itu bisa digunakan untuk kamu bisa mencapai merdeka finansial.

Punya pemikiran semua akan indah pada waktunya

Berpikir akan indah pada waktunya.
Berpikir akan indah pada waktunya. Photo by Pexels

Pemikiran seperti itu memang tidak salah. Namun, jika sampai kebablasan dalam menangkap inti dari pemikiran tersebut juga tidak bagus. Contohnya, saat ini sudah banyak pekerjaan yang tergantikan oleh robot atau artificial intelligence. Dengan begitu, jika skill yang kamu miliki tidak berkembang dan malah mengalami kemunduran, yang ada kamu akan tergilas oleh zaman.

Agar hal itu tidak terjadi, segera lakukan evaluasi diri dan kembangkan potensi lain yang terpendam dengan maksimal. Barangkali, nanti bakat-bakat terpendam-mu ternyata bisa menghasilkan uang di masa depan.

Itulah 4 hal yang harus ditinggalkan jika kamu ingin mencapai merdeka finansial di 2020. Yuk segera siapkan masa depanmu agar bisa lebih baik.

Mungkin Anda juga menyukai