Ingin Liburan? Ini 10 Kota Destinasi Wisata Paling Aman di Dunia

Daftar kota sebagai destinasi wisata paling aman di dunia.
Waktu baca: 4 menit

Memasuki akhir tahun, biasanya banyak yang memutuskan untuk mengambil sisa cuti untuk liburan. Sudah pasti saat liburan ingin mencari ketenangan dan ketentraman. Hal itu bisa dicapai jika kamu mengunjungi destinasi wisata yang aman. Dengan liburan di destinasi wisata yang aman, kamu bisa terbebas dari tindakan kriminal, cyber crime, bencana, dan ancaman polusi udara.

Bagi kamu yang ingin berlibur, kamu bisa mengunjungi beberapa kota sebagai destinasi wisata paling aman di dunia menurut laporan dari lembaga riset milik media ekonomi asal Inggris, The Economist.

Laporan itu menjabarkan secara rinci kota-kota yang memiliki indeks keamanan paling baik. Indikator penilaian yang digunakan itu dengan melihat infrastruktur, pelayanan kesehatan, keamanan digital, ketahanan kota dari bencana, dan faktor lingkungan. Hasilnya, ada 60 kota dengan penilaian terbaik. Namun, kali ini akan dijelaskam 10 kota teraman versi The Economist.

Berikut daftar 10 kota paling aman untuk destinasi wisata yang bisa kamu pilih.

Tokyo

Tokyo, kota destinasi wisata paling aman.
Kota Tokyo jadi destinasi wisata paling aman. Photo by Pixabay

Tokyo memang menjadi salah satu kota paling aman di dunia. Hal itu terbukti dengan kota ini sudah dua kali berturut-turut menempati peringkat pertama sebagai kota teraman di dunia. Wajar saja jika banyak yang ketagihan untuk berkunjung ke ibu kota Jepang ini.

Sangat tinggi bukan? Untuk keamanan di Tokyo tidak perlu diragukan lagi. Katanya, jika kamu meninggalkan barang berharga di pinggir jalan selama 24 jam, barang tersebut tidak akan diusik oleh siapapun. Maka tidak heran jika Tokyo mendapatkan poin 92 dari skala 100 poin untuk penilaian kota teraman di dunia. Sangat tinggi bukan?

Singapura

Marina Bay, Singapura destinasi wisata paling aman.
Marina Bay, Singapura. Photo by Pexels

Yang kedua, ada kota Singapura yang mendapatkan poin penilaian 91,5, beda tipis dengan kota Tokyo bukan? Meski kota ini terbilang kecil, tapi keamanannya sangat terjamin loh.

Osaka

Kastil Osaka, Jepang destinasi wisata paling aman.
Kastil Osaka, Jepang. Photo by Pixabay

Selanjutnya, ada satu kota asal Jepang lagi yakni kota Osaka. Kota yang berjarak sekitar 8 jam dari Tokyo ini memang cocok jadi destinasi wisata. Apalagi, di Osaka lebih menonjolkan wisata khas pedesaan, jadi kamu bisa lebih tenang dan senang dalam mengeksplor spot-spot wisata di kota tersebut. Adapun penilaian yang didapatkan Osaka ialah 90,9 poin.

Amsterdam

Kota Amsterdam, Belanda destinasi wisata paling aman.
Kota Amsterdam, Belanda. Photo by @jennieramida

Di posisi keempat, ada kota Amsterdam yang memperoleh poin 88. Tahun ini bisa dikatakan kota Amsterdam sudah mengalami peningkatan. Pasalnya, tahun lalu kota ini berada di posisi ke-6. Dengan meningkatnya kualitas keamanan, sudah pasti bisa menarik perhatian para turis bukan?

Sydney

Sydney Opera House, Australia.
Sydney Opera House, Australia. Photo by Pixabay

Kota Sydney harus puas menempati posisi kelima sebagai kota teraman di dunia. Sydney memperoleh poin 87,9. Meski begitu, belakangan ini memang Sydney menjadi destinasi wisata andalan bagi warga Indonesia. Hal ini disebabkan jarak yang terbilang dekat dan harga tiket pesawat yang tidak terbilang mahal.

Baca juga: 5 Negara yang Cocok Buat Liburan Anti Mainstream

Toronto

Tornoto, Kanada.
Tornoto, Kanada. Photo by Pexels

Di posisi keenam, ada satu kota perwakilan dari Kanada, yaitu kota Toronto. Salah satu kota terbesar di Kanada ini mendapatkan poin sebesar 87,7. Namun, jika kamu ingin berlibur ke sana, kamu harus menyiapkan budget yang berlebih ya!

Washington DC

Monumen Washington.
Monumen Washington di Washington DC, Amerika Serikat. Photo by @jacob1c

Selanjutnya ada ibu kota Amerika Serikat, yaitu Washington DC yang hanya mampu menempati peringkat ketujuh negara teraman di dunia. Poin yang didapatkan Washington DC ini sebesar 87,6, beda tipis dengan Toronto.

Seoul

Myeong-dong Street, Seoul, Korea Selatan.
Myeong-dong Street, Seoul, Korea Selatan. Photo by Pixabay

Kota Seoul menempati posisi ke-8 kota paling aman di dunia dengan raihan poin 87,4. Berlibur ke Seoul pun bisa dibilang relatif terjangkau. Kamu bisa berkeliling kota Seoul selama satu minggu dengan modal hanya kurang lebih Rp 10 juta. Total biaya itu sudah termasuk tiket pesawat pulang-pergi Jakarta-Seoul loh.

Copenhagen

Distrik Nyhavn, Copenhagen, Denmark.
Distrik Nyhavn, Copenhagen, Denmark. Photo by Pixabay

Selanjutnya ada salah satu kota di Denmark, yaitu Copenhagen. Nilai tingkat keamanan Copenhagen berada di poin yang sama dengan Seoul, yakni 87,4.

Melbourne

Melbourne, Australia.
Melbourne, Australia. Photo by @dmjdenise

Selain kota Sydney, ada satu kota dari Australia yang menempati peringkat ke-10 kota teraman di dunia. Kota yang dimaksud ialah Melbourne. Poin yang dicapai oleh Melbourne yaitu 87,3.

Itulah 10 kota untuk destinasi wisata paling aman di tahun 2019 versi The Economist yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata. Adapun kota Jakarta dalam daftar tersebut menempati peringkat ke-53 dengan poin 54,5.

You may also like...

Leave a Reply