Tips Jitu Untuk Menghindari Koperasi Bodong

Menghindari koperasi bodong
Tips jitu menghindari koperasi bodong. Photo by Viva
Waktu baca: 3 menit

Perlu kamu waspadai mengenai koperasi bodong sebab hingga saat ini, masih banyak ditemukan kasus-kasus yang berkaitan dengan penipuan investasi berkedok koperasi atau dapat dikatakan sebagai investasi bodong atau koperasi bodong. Pada kasus ini para penipu menawarkan keuntungan ini dan itu supaya menarik masyarakat untuk turut terjun di dalamnya. Akibat ketidaktahuan masyarakat, membuat masih ada saja yang terbawa pada penipuan investasi berkedok koperasi ini sehingga diperlukannya pengetahuan tentang tindak tanduk dari para pelaku koperasi bodong yang dapat mengancam keuanganmu. Maka dari itu, kamu harus tahu cara menghindari koperasi bodong.

Meskipun kebanyakan orang merasa takut dan sudah cukup waspada dengan berbagai macam tawaran koperasi bodong, tetap saja masih terdapat masyarakat yang harus mengetahui bagaimana cara menghindari koperasi bodong seperti yang telah disinggung sebelumnya. Untuk itulah, perlu penjelasan berkaitan dengan cara menghindari koperasi yang memiliki modus menjaring dana masyarakat yang bukan termasuk anggota koperasi dengan iming-iming bunga simpanan tinggi atau koperasi bodong.

Baca juga: Waspadai Koperasi Bodong yang Mengancam Keuanganmu

Bagaimana tipsnya supaya terhindar dari koperasi bodong? Simak ulasannya di bawah ini:

Aktif Mengikuti Kegiatan Sosialisasi

Menghindari koperasi bodong
Sosialisasi tentang koperasi. Photo by Pexels

Kamu perlu tahu bahwa salah satu yang wajib kamu lakukan adalah rajin dan turut aktif mengikuti kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi UKM. Sebab, dengan mengikuti kegiatan ini maka kamu akan dijelaskan mengenai bunga simpanan koperasi yang tinggi melebihi instrumen investasi lainnya sehingga dengan demikian Kamu akan lebih kenal mengenai berbagai macam modus penipuan yang dilakukan koperasi bodong.

Selalu Ingat Bahwa Koperasi Tidak Memberikan Pinjaman Kepada Selain Anggotanya

Limit pinjaman
Koperasi tidak memberikan pinjaman kepada selain anggota. Photo by @synkevych

Selain itu, jika kamu berada dalam kondisi sedang ditawari untuk melakukan penyimpanan uang pada koperasi tersebut tanpa pernah menjalin hubungan dengan nama koperasi, Kamu kembali ingat-ingat terlebih dahulu apakah kamu termasuk dalam anggota koperasi tersebut atau tidak. Sebab jika benar tidak, tentu jelas bahwa yang ditawarkan tersebut merupakan penipuan dan kamu harus waspada serta berani untuk menolaknya. Karena koperasi tidak akan memberi pinjaman kecuali kepada para anggotanya. Lakukan pengecekan pula pada kebenaran organisasi di koperasi aslinya atau dapat mencari informasi seputar koperasi yang menawarkan penyimpanan uang kepada kamu.

Waspadai Iming-Iming Imbal Hasil yang Tidak Wajar

keuntungan koperasi.
keuntungan koperasi. Photo by Moneywise

Kemudian kamu dapat mengecek kebenaran tawaran pada koperasi sebenarnya atau dapat melihat iming-iming keuntungan yang ditawarkan oleh koperasi tersebut. Meskipun keuntungan yang ditawarkan dalam jumlah besar, namun jika tidak masuk akal maka kamu juga tetap harus waspada berkaitan dengan modus penipuan investasi bodong berkedok penipuan. Jadi, jangan mudah tergiur dengan keuntungan yang ada. Sebab, jika kamu sudah terjerat, bukan keuntungan yang akan didapat, melainkan kerugian yang nantinya akan kamu peroleh.

Sekali lagi jangan lupa untuk tetap waspada supaya mencegah tertipunya kita semua dari koperasi bodong. Biasanya, kedok penipuan seperti koperasi bodong yang menawarkan kepada kamu untuk berinvestasi akan memberikan imbal hasil yang cukup menggiurkan seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Sehingga dalam hal ini jika menemukan keganjalan atau sudah terlanjur tertipu, jangan lupa untuk melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

Tetap waspada dalam mengambil keputusan untuk melakukan investasi atau tidak. Ketahui sumbernya jelas atau tidak sebab sudah banyak kasus penipuan investasi yang bodong yang mengatas namakan koperasi. Sehingga, coba lakukan beberapa tips di atas supaya terhindar dari koperasi bodong. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai