11 Kunci Hidup Sukses di Dunia Maupun Akhirat

orang yang sukses
11 Kunci Hidup Sukses di Dunia Maupun Akhirat. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Kamu tentu sepakat bahwa kesuksesan merupakan tujuan hidup setiap makhluk hidup di dunia ini. Secara sadar maupun tidak, mereka senantiasa merumuskan kunci hidup sukses dari waktu ke waktu untuk dapat benar-benar mewujudkannya.

Dalam mencari kunci kesuksesan, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu definisi dari sukses. Kesalahan dalam memahami arti sukses berpotensi membuatmu merasa tidak pernah sampai kepada tujuan tersebut. Dengan demikian, kamu kesulitan untuk menikmati hidup.

Memahami Makna Kesuksesan dalam Hidup

Setiap saat, kita disuguhi dengan berbagai konten kemewahan oleh para selebritis maupun orang-orang kaya di media sosial. Foto dan video liburan, makan di restoran mahal, hingga pamer rekening mengesankan seakan hidup sukses adalah tentang uang dan popularitas.

Berbagai penelitian menunjukkan, kemewahan maupun pengakuan dari banyak orang bukanlah rahasia orang sukses yang hakiki. Kunci sukses dalam hidup justru lebih bertumpu pada kesehatan, kontribusi kepada orang lain, dan kebebasan.

Sukses adalah ketika seseorang dapat mencapai cita-cita yang independen dari diri mereka sendiri. Cita-cita tersebut lahir dari pengetahuan maupun pengalaman hidup yang telah mereka dapatkan secara pribadi. 

Berdasarkan kepada perbedaan kadar pengetahuan dan pengalaman tersebut, impian setiap orang mengenai cara hidup sukses bisa sangat berbeda. Misalnya, impian memiliki pekerjaan sesuai hobi, dapat menikmati weekend bersama orang tua, atau berwirausaha di bidang R&B.

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh manusia saat ini adalah menjadikan kesuksesan orang lain sebagai acuan tanpa memikirkan impian mereka sendiri. Dengan demikian, mereka tidak memahami makna sukses yang sesungguhnya.

Baca juga: Ketahui Kiat Menjadi Sukses, Mulai Dengan Melakukan Kebiasaan Orang Sukses

7 Kunci Hidup Sukses yang Perlu Diketahui 

Secara umum, setiap manusia tentu memimpikan kunci hidup sukses bahagia di dunia ini. Hidup ini hanya sekali, tentu kita harus menikmatinya bukan? Dari berbagai penelitian ilmiah, berikut daftarnya:

  1. Rumuskan Tujuan dengan Benar

Sebagaimana sudah kita singgung sebelumnya, kamu harus mengetahui apa impian kesuksesan yang diinginkan sesungguhnya. Misalnya, ingin membangun usaha produksi sepatu besar dan memiliki ratusan karyawan. Tidak ada yang salah dengan impian apapun.

Selanjutnya, tuliskan impian tersebut dalam sebuah buku. Lengkapi dengan langkah-langkah konkrit yang strategis untuk kamu tempuh sebagai cara agar berhasil di masa depan. Menuliskan impian dapat memotivasi psikologimu untuk semangat mewujudkannya.

  1. Jadikan Prioritas

Menjadikan prioritas berarti tidak membuang-buang sesuatu yang tidak bermanfaat bagi prioritas tersebut. Contohnya, menghabiskan waktu berjam-jam untuk bergosip di café, membeli barang yang tidak diperlukan untuk sekedar konten, dan lain sebagainya.

Lalu, apakah kita tidak boleh bersenang-senang? Ciri orang sukses adalah bersenang-senang dengan cara yang dapat membawa mereka kepada kesuksesan. Jalani setiap jengkal usaha sukses tersebut dengan perasaan bahagia, sehingga tidak perlu lagi kebahagiaan lainnya.

  1. Membiasakan Hal Baik 

Tindakan baik yang kamu biasakan dapat membangun karakter diri menuju kunci hidup sukses dan bahagia. Perbuatan baik membuat kamu diterima baik oleh masyarakat.

Hubungan sosial dengan sesama menyumbang persentase yang sangat besar untuk kesuksesan seorang pribadi.

  1. Lapang Dada Menerima Kemungkinan Tidak Diinginkan

Dalam hidup ini, tidak ada siapapun yang dapat menjamin hasil selalu sesuai dengan usaha. Sebaik apapun rencana, manusia harus tetap mempersiapkan diri untuk menerima hasil sebaliknya. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah kecewa dan kehilangan kebahagiaan.

Seseorang yang mudah sedih karena kegagalan akan sulit bahagia. Padahal, kegagalan adalah hal lumrah, pelajaran hidup berharga yang tidak boleh kita hindari. Pintar menghadapi kegagalan adalah salah satu contoh keberhasilan dalam hidup.

  1. Disiplin

Rahasia kunci sukses selanjutnya adalah disiplin. Kata satu ini mungkin sedikit menakutkan karena berhubungan erat dengan pembatasan maupun hukuman. Namun disiplin merupakan modal yang harus kamu bayar untuk mendapatkan sebuah anugrah bernama kesuksesan.

Dengan disiplin, kamu tidak membiarkan ada waktu maupun kegiatan yang tidak berarti terjadi dalam waktu keseharian yang berharga. Disiplinkan diri untuk selalu mematuhi komitmen yang kamu butuhkan untuk meraih impian kesuksesan.

  1. Belajar Kepada Ahli

Pepatah mengatakan bahwa waktu hidup kita tidak akan cukup untuk melakukan segala kesalahan sendirian. Artinya, kamu perlu belajar kepada ahli-ahli yang lebih berpengalaman untuk mendapatkan banyak pembelajaran secara efektif.

Jangan menyayangkan biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan pelajaran dan motivasi kunci sukses dari mereka. Biaya tersebut akan menjadi investasi untuk meraih kesuksesanmu kelak.

  1. Tetap Fokus pada Hari Ini

Prosedur sukses dalam meraih kebahagiaan duniawi yang terakhir adalah fokus pada hari ini, bukan masa lalu atau masa depan. Alasannya, tindakan hari ini adalah yang menentukan masa depan mendatang. Jadi, mengabaikan kondisi sekarang adalah kurang tepat.

4 Kunci Hidup Sukses Menurut Islam

Selain dari aspek dunia sebagaimana di atas, penting pula bagi kita untuk memahami kunci hidup sukses menurut Islam. Perpaduan antara usaha duniawi dengan ukhrawi akan menciptakan kekuatan sukses yang sangat luar biasa. Berikut adalah beberapa listnya:

  1. Taat Sholat 5 Waktu

Dalam Al-Qur’an maupun sabda Nabi sudah berulang kali disampaikan bahwa ketaatan dalam shalat 5 waktu adalah kunci hidup sukses dunia akhirat. Shalat wajib merupakan tiang agama, siapapun yang melaksanakannya dengan tertib, Allah akan mengabulkan setiap doanya.

Sebab begitu pentingnya kewajiban ini, shalat fardhu menjadi syarat meraih sukses yang pertama dan utama daripada kunci kesuksesan selanjutnya.

  1. Rutin Shalat Dhuha

Shalat Dhuha merupakan shalat sunnah 2 rakaat yang dilaksanakan setelah matahari terbit sebelum masuk waktu Dzuhur. Khasiat utama Shalat Dhuha adalah mendatangkan rejeki dan memudahkan segala upaya kita dalam meraihnya.

Shalat Dhuha merupakan kunci hidup sukses dan kaya dari sebagian besar hartawan muslim di Indonesia dan dunia, dari berbagai masa. Oleh karena itu, usahakan untuk istiqomah dalam menjalankan kebiasaan mulia satu ini.

  1. Bersedekah

Selain membantu orang lain yang membutuhkan, bersedekah bisa membuat kita merasa cukup dan bersyukur. Perasaan syukur inilah yang pada akhirnya mengantarkan kamu kepada kunci hidup sukses dalam islam.

Dalam Islam, sedekah merupakan salah satu kunci untuk mendatangkan rejeki. Dalam hadist Nabi, Allah berjanji akan melipatkan gandakan rejeki setiap orang yang mau memberikan sedikit hartanya kepada orang membutuhkan.

  1. Ikhtiar dan Tawakkal

Menurut Islam, ada dua perkara yang harus seimbang dalam menjalani kehidupan di dunia. Perkara tersebut ialah ikhtiar (berusaha) dan tawakkal (berserah diri).

Setiap manusia diwajibkan untuk berusaha dengan sebaik-baiknya untuk meraih tujuan mereka. Setelah berusaha, mereka menyerahkan hasilnya kepada Allah SWT. Dengan demikian, tidak muncul kesombongan apabila usaha tersebut berhasil atau sebaliknya.

Demikian uraian lengkap mengenai kunci hidup sukses di dunia secara umum maupun Islam. Semoga uraian di atas dapat menuntun kita menemukan keberhasilan dan kebahagiaan hidup yang sejati di dunia maupun akhirat.

Artikel Lainnya