Rahasia Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang

Cara mengelola keuangan usaha dagang.
Cara mengelola keuangan usaha dagang. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Berdagang adalah aktivitas usaha yang melibatkan penjualan dan pembelian suatu barang atau jasa. Tujuan utama dari berdagang adalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Usaha dagang berkembang sangat luas di masyarakat mulai dari menjual baju sampai menjual makanan. Perdagangan di jaman milenial ini sudah banyak dilakukan secara online. Bisnis online usaha kecil dan menengah sangat diminati oleh banyak orang karena memang lebih menguntungkan dan efisien dibandingkan dengan usaha dagang yang offline. Bagi pemilik bisnis, cara mengelola keuangan usaha dagang adalah hal yang wajib untuk dipelajari agar usahanya dapat berjalan dengan lancar dan menguntungkan.

Berikut rahasia cara mengelola keuangan usaha dagang yang perlu diketahui agar usahamu dapat berjalan dengan lancar dan menguntungkan:

Merencanakan pengeluaran sedari awal

Perencanaan keuangan.
Perencanaan keuangan. Photo by Pixabay

Sebagai seorang pemilik usaha, kamu seharusnya selalu membuat rencana pengeluaran dari saat awal ingin memulai bisnis. Hal ini penting dilakukan agar kamu dapat mengelola keuangan dengan baik dan menghindari pengeluaran yang seharusnya tidak dikeluarkan. Dengan adanya rencana, maka keuangan usahamu akan lebih terkontrol dan terarah. Selain itu, rencana pengeluaran juga dapat menjadi acuan untuk pengeluaran yang dilakukan di bulan-bulan selanjutnya. Rencana pengeluaran juga dapat membatasi pengeluaran yang terlalu banyak dan tidak berguna. Hal seperti ini akan berdampak pada keuntungan yang akan didapatkan oleh usahamu.

Melakukan pencatatan keuangan

Tidak mencatat pengeluaran.
Melakukan pencatatan keuangan. Photo by Moneyglare

Baca juga: Belajar Bisnis untuk Pemula yang Menguntungkan

cara mengelola keuangan usaha dagang yang utama dalam melakukan pencatatan dengan baik dan tepat pada semua transaksi yang ada dalam usaha dagang. Manusia tidak akan dapat mengingat semua transaksi keluar masuk tanpa dilakukan pencatatan. Dokumen yang berupa catatan keuangan ini juga dapat menjadi tolok ukur untuk keuangan di bulan selanjutnya. Kamu dapat mengevaluasi catatan keuangan setiap akhir bulan untuk mengetahui adakah dana yang butuh dipangkas atau adakah dana yang butuh ditambah lagi. Hal seperti ini akan memberikan dampak jangka panjang bagi kelangsungan usaha dagang. Saat ini, pencatatan keuangan sudah dapat dilakukan dengan sistem yang canggih menggunakan software khusus yang mencatat tentang transaksi keuangan. Dengan adanya alat ini, kamu akan dapat dengan mudah menganalisis laporan keuangan usaha yang dijalankan.

Menghindari utang yang berlebihan

Bayar utang.
Hindari utang. Photo by Republika

Membuat suatu usaha memang membutuhkan banyak dana di awal. Oleh karenanya, sangat lumrah jika seorang pebisnis memiliki beberapa hutang untuk membangun usahanya. Bank adalah tempat yang aman untuk melakukan pinjaman dalam rangka mengembangkan usaha karena pelunasannya dapat diangsur. Untuk hutang di bank, carilah bank yang menyediakan hutang dengan bunga yang rendah dan waktu pengembalian dana dengan durasi yang panjang. Jangan berhutang terlalu banyak dan jangan menunda untuk membayar hutang. Jangan sampai jatuh tempo sehingga harus membayar denda yang dapat merugikan usahamu. Meminimalisir hutang adalah cara mengelola keuangan usaha dagang yang wajib untuk diperhatikan dengan seksama.

Demikian rahasia cara mengelola keuangan usaha dagang yang perlu diketahui. Semoga menambah wawasanmu.

Mungkin Anda juga menyukai