Ide Bisnis Jelang Idul Adha yang Bisa Hasilkan Banyak Uang

Beternak jadi bisnis menguntungkan jelang Idul Adha.
Waktu baca: 3 menit

Kurang lebih satu bulan ke depan, umat muslim akan kembali merayakan hari raya yaitu Hari Raya Idul Adha 2019. Hari raya yang jatuh pada tanggal 11 Agustus mendatang ini identik dengan pemotongan hewan kurban seperti sapi, kambing, hingga domba. Saat perayaan ini, dipastikan akan banyak bisnis musiman yang bisa menghasilkan uang.

Tidak beda jauh dengan momen saat Idul Fitri, Idul Adha juga bisa mendatangkan rezeki yang berlimpah. Apalagi jika kamu jeli dalam melihat peluang-peluang bisnis yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang lumayan untuk mengisi tabunganmu.

Berikut ini adalah beberapa bisnis yang bisa kamu jalankan jelang Idul Adha.

Jual hewan kurban

Beternak jadi bisnis menguntungkan jelang Idul Adha.
Berternak menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan menjelang Idul Adha. Photo by Pixabay

Hewan kurban sangat dibutuhkan saat merayakan Hari Raya Idul Adha nanti. Maka dari itu, dengan berjualan hewan kurban bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Namun, untuk memulainya, kamu butuh modal yang tidak sedikit.

Bagi kamu yang tidak memiliki cukup dana, kamu bisa juga untuk berternak sendiri. Namun, kamu harus bersabar dan tekun dalam merawat hewan itu agar nanti menjelang Idul Adha hewan kurban tersebut sehat dan gemuk.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang broker atau orang yang memasarkan hewan kurban. Kamu bisa bekerja sama dengan pemilik peternakan yang memiliki hewan ternak sehat. Setelah itu, kamu pasarkan hewan-hewan tersebut dengan cara online.

Baca juga: Strategi Memajukan UMKM dalam Era Digital Saat Ini

Peralatan sate

Bisnis sate jadi favorit saat Idul Adha
Sate menjadi pilihan olahan favorit saat Idul Adha. Photo by Pixabay

Selain identik dengan pemotongan hewan kurban, Hari Raya Idul Adha ini juga identik dengan bakar-bakaran atau membuat sate dari daging-daging hasil kurban. Maka dari itu kamu bisa memulai bisnis jual peralatan sate seperti panggangan, tusuk sate, kipas, hingga arang yang pasti bakal banyak diburu. Pemasaran bisa kamu lakukan dengan cara berjualan langsung di depan rumah atau bisa juga melalui media sosial seperti facebook.

Jual bumbu instan

Jual bumbu instan jadi salah satu bisnis bisa untung jelang Idul Adha
Menjual bumbu instan jadi peluang bisnis menjelang Idul Adha. Photo by Pixabay

Selain sate, banyak orang yang mengolah daging saat Idul Adha menjadi berbagai menu makanan, seperti gulai atau sop. Dengan memanfaatkan hal itu, kamu bisa berjualan bumbu-bumbu masak instan atau yang siap pakai untuk berbagai olahan daging seperti sate, tongseng, sop, gulai, dan sebagainnya.

Biasanya, banyak ibu rumah tangga yang tidak mau repot menyiapkan bumbu-bumbu untuk makanan tersebut jadi bisa dipastikan dengan berjualan bumbu instan akan laku keras.

Jasa masak daging

jasa memasak daging
Kamu bisa tawarkan jasa mengolah daging saat Idul Adha. Photo by Pixabay

Oleh karena daging terlalu banyak, biasanya orang-orang akan mulai malas untuk memasaknya. Kesempatan itu bisa digunakan sebaik-baiknya oleh kamu yang jago masak. Kamu bisa menawarkan jasa memasak dan mengolah daging kurban. Kamu harus tau dan bisa cara mengolah berbagai jenis daging mulai dari daging sapi hingga daging kambing. Jika kamu tidak bisa mengolahnya, maka sudah dipastikan hasilnya akan kurang sedap dan lezat.

Perlengkapan ibadah dan baju muslim

Baju muslim
Baju muslim baru bisa dipergunakan saat Idul Adha. Photo by Pexels

Oleh karena hari raya identik dengan baju yang bagus, maka tidak sedikit masyarakat yang ingin mengenakan pakaian atau perlengkapan ibadah yang bagus. Melihat fenomena itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi ladang bisnis. Kamu bisa mulai menjual perlengkapan ibadah dan baju muslim yang akan dipergunakan nantinya saat sholat Ied.

Itu dia beberapa bisnis dadakan yang bisa kamu lakukan jelang Idul Adha. Mengingat bisnis musiman ini akan berluang setiap tahunnya, jadi tidak ada salahnya jika kamu menyiapkan modal jauh-jauh hari. Dengan begitu, bisnis yang akan kamu jalankan nanti bisa berjalan mulus. Nah, kamu mau mulai kapan?

You may also like...

Leave a Reply