6 Tips Merintis Usaha dari Sandiaga Uno

Tips merintis usaha dari Sandiaga Uno.
Tips merintis usaha dari Sandiaga Uno. Photo by Kompas.com
Waktu baca: 3 menit

Memiliki usaha atau bisnis sepertinya sudah menjadi cita-cita bagi setiap orang. Dengan punya usaha sendiri, kamu bisa mengelola dan mengaturnya sesuai dengan keinginanmu. Namun sebelum menuju ke situ, alangkah baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui tips merintis usaha dari Sandiaga Uno.

Seperti yang sudah kita ketahui, Sandiaga Uno merupakan salah satu pebisnis yang sukses di Indonesia. Maka dari itu, ia ingin berbagi tips kepada para generasi muda yang sedang ingin memulai usaha namun tidak memiliki modal yang besar.

“Kalau orang bilang semua perlu modal. Bukan, kita mulai enggak perlu modal, tapi niat. Jadi yang pertama berniat dulu, ingin punya usaha sampingan untuk membantu kegiatan ekonomi saat pandemi,” ujar Sandiaga Uno dilansir dari Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

Ia menambahkan bahwa ada konsep memulai bisnis dengan modal kecil yang mana cukup dengan waktu 1 jam saja kamu bisa memiliki usaha. Sandi menyebutnya dengan istilah “capcuss” yang merupakan akronim dari cara cepat satu jam buka usaha engga pakai modal.

Dari konsep itu, menurut Sandi ada 6 langkah yang perlu dilakukan. Berikut ini langkah dan tips merintis usaha dari Sandiaga Uno yang bisa dilakukan oleh calon pengusaha dilansir ada Kompas.com.

Cari tahu kebutuhan masyarakat

Riset pasar
Cari tahu kebutuhan masyarakat. Photo by Pixabay

Sebelum memulai usaha, kamu wajib melakukan riset atau mencari tahu kebutuhan masyarakat saat ini atau setidaknya dalam 3 bulan ke depan. Kamu bisa merisetnya dengan cepat, bahkan menurut Sandi proses ini hanya memakan waktu 20 menit saja. Misalnya saja, di kondisi seperti sekarang, kebutuhan masyarakat akan masker dan berbagai alat kebersihan serta suplemen tubuh bisa melonjak. Dari hal itu, kamu bisa membuka usaha dengan memenuhi kebutuhan tersebut.

Buka rekening untuk pembayaran online

Pembayaran online.
Pembayaran online. Photo by Pexels

Setelah berhasil mengetahui kebutuhan masyarakat, tips merintis usaha dari Sandiaga Uno selanjutnya ialah membuka rekening di layanan pembayaran online. Dalam proses ini, menurut Sandi butuh waktu 10 menit saja. Adapun pembuatan rekening untuk pembayaran online penting dilakukan guna mempermudah transaksi yang dilakukan. Makin mudah transaksi dilakukan, maka pelanggan juga akan makin betah membeli produkmu.

Buat brand atau merek

Pilih merek sembarang
Buat brand atau merek. Photo by Pexels

Langkah selanjutnya ialah membuat brand atau merek agar lebih dikenal oleh masyarakat. Langkah ini, diperkirakan butuh waktu 5 menit. Dalam membuat brand, usahakan pilih nama atau logo yang eye-catching sehingga masyarakat akan mudah ingat saat mencari produk yang sesuai dengan jenis produk yang kamu jual.

Buka toko online di marketplace

tips merintis usaha dari sandiaga uno
Buka toko online. Photo by Pixabay

Selanjutnya, yang harus dilakukan ialah membuka toko online di marketplace atau e-commerce. Saat ini sudah banyak marketplace yang tersedia seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Proses ini memakan waktu 5 menit.

Baca juga: 4 Marketplace Terbaik di Indonesia Untuk Barang Fashion

Jadi reseller atau dropshipper

Ide usaha kecil tapi menguntungkan.
Jadi dropshipper atau reseller. Photo by Pexels

Setelah berhasil membuka toko, kamu tinggal memilih apakah ingin menjadi reseller atau dropshipper untuk menekan modal yang dikeluarkan. Langkah ini butuh waktu hanya 5 menit saja.

Lakukan promosi lewat media sosial

tips merintis usaha dari sandiaga uno
Gunakan media sosial untuk membantu promo bisnismu. Photo by Pexels

Setelah semua langkah di atas dilakukan, terakhir ialah melakukan promosi melalui media sosial yang cukup memakan waktu 15 menit. Dalam mempromosikan, Sandi memberikan saran untuk memulai dari aplikasi whatsapp terlebih dahulu dengan menawarkan kepada orang-orang terdekat mulai dari keluarga, sahabat, hingga kolega. Jika dalam proses promo melalui whatsapp sudah cukup baik, maka bisa dilanjutkan dengan melakukan promosi di instagram untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Setelah semua dilakukan, maka kamu bisa mulai untuk melakukan inovasi untuk membuat produk sendiri. Meski sudah menjalankan tips merintis usaha dari Sandiaga Uno, bukan berarti bisnismu bisa sukses. Sebab. dalam berbisnis kegagalan bisa saja terjadi. Maka dari itu, perlu diingat bahwa dalam berwirausaha perlu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.

Mungkin Anda juga menyukai