Pelajari Cara Membangun Teamwork yang Baik Jika Bisnis Ingin Berkembang Cepat

Cara Membangun Teamwork yang Baik
Pelajari Cara Membangun Teamwork yang Baik Jika Bisnis Ingin Berkembang Cepat. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Jika kamu bertanya apa yang membuat startup atau perusahaan rintisan berkembang sangat cepat, jawabannya adalah teamwork yang kuat. Makanya, dalam bisnis, kamu tidak boleh hanya fokus pada layanan atau produk. Cari tahu juga bagaimana cara membangun teamwork yang baik.

Teamwork yang kuat setidaknya menentukan dua hal. Yang pertama, teamwork bisa membuat perusahaan kamu melangkah lebih jauh. Dibutuhkan kekuatan yang besar agar perusahaan tidak tumbang di tengah jalan. Dan kekuatan tersebut berasal dari teamwork yang baik.

Dan yang kedua, teamwork akan mempercepat laju perkembangan perusahaan. Dengan satu syarat. Tim diisi oleh orang-orang yang ahli di bidang masing-masing. Dan didalamnya terjalin teamwork yang baik. Tidak mengutamakan ego masing-masing.

Tips Membangun Teamwork yang Kuat

Cara Membangun Teamwork yang Baik
Tips membangun teamwork yang kuat. Photo by Pixabay

Jadi, membangun teamwork yang baik itu sangat penting. Sekalipun perusahaan kamu masih kecil, kamu harus memulai membangun teamwork. Bahkan, sangat disarankan agar kamu membangun teamwork ketika perusahaan masih kecil. Karena ini yang akan menjadi fondasi kuatnya perusahaan ketika sudah besar nanti.

Berikut ini cara membangun teamwork yang baik dalam sebuah perusahaan:

  • Memiliki Tujuan yang Sama
Prinsip kerja
Punya tujuan yang sama. Photo by Pixabay

Bisa saja di dalam satu tim itu ada anggota-anggota dengan latar belakang yang berbeda. Namun, harus dipastikan mereka memiliki tujuan yang sama.

Itulah sebabnya perusahaan harus menentukan sebuah tujuan atau target. Dan target tersebut harus jelas. Target harus ada di benak masing-masing anggota dalam tim. Dengan background atau skill yang berbeda, mereka tetap berjalan menuju ke target yang sama. Di sinilah teamwork yang baik akan terbangun.

  • Memperkuat Ikatan dalam Tim
Kerja sama yang menguntungkan.
Memperkuat ikatan tim. Photo by Pexels

Bisa saja seluruh anggota tim sudah paham apa target perusahaan yang harus dicapai. Dan mereka punya komitmen untuk saling bekerja sama mencapai target tersebut. Namun, terkadang ada masalah di tengah perjalanan. Tidak ada sinergi antar tim sehingga membuat perkembangan perusahaan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Maka dari itu, selain menentukan target yang jelas, kamu harus terus memperkuat ikatan dalam tim. Lakukan dengan hal-hal yang sederhana seperti mengajak mereka makan siang bersama, liburan bersama, dan lain sebagainya. Memperkuat ikatan di dalam tim menjadi cara yang sangat penting dalam membangun teamwork yang kuat.

Baca juga: Mencari Rekan Bisnis yang Tepat untuk Akselerasi Perkembangan Usaha

  • Keterbukaan
Terbuka dengan partner. Photo by Pexels

Masing-masing tim harus terbuka. Artinya, mereka harus mau dikritik dan tidak baper atau bawa perasaan. Menerima kritikan itu menjadi salah satu bukti adanya keterbukaan. Keterbukaan ini sangat penting karena dengan cara inilah terjadi saling koreksi antar anggota tim. Justru jika tidak ada keterbukaan, maka tidak ada koreksi yang bisa dilakukan.

Bahkan, akan lebih baik jika ada sesi untuk saling mengkritik atau memberikan masukan. Ini bisa menjadi ajang untuk meningkatkan kapabilitas dan juga evaluasi tim.

  • Saling Percaya
Pilih penyedia pinjaman terpercaya.
Saling percaya. Photo by @bernardhermant

Ini hal yang tidak boleh ditawar lagi. Saling percaya menjadi kunci sangat penting dalam membangun teamwork. Tidak boleh ada saling curiga. Dan ini ada kaitannya dengan poin sebelumnya, yaitu keterbukaan. Jika ada keterbukaan, maka tim bisa saling kritik. Di sinilah mereka tidak akan lagi saling curiga karena semuanya dibicarakan secara terbuka.

  • Selalu Meningkatkan Kompetensi
Terus belajar
Selalu meningkatkan kompetensi. Photo by @thoughtcatalog

Jika kamu sebagai leader dalam tim, maka kamu harus memikirkan bagaimana kompetensi masing-masing selalu ditingkatkan. Kirimkan mereka ke sebuah workshop atau pelatihan yang sesuai dengan kemampuan mereka. Karena peningkatan kompetensi mereka akan berpengaruh pada performa tim secara keseluruhan.

Teamwork merupakan aset yang sangat krusial dalam sebuah perusahaan. Seberapa kritis kondisi tidak akan membuat perusahaan jatuh ketika teamwork kuat. Itulah alasan mengapa kamu harus tahu bagaimana cara membangun teamwork yang baik.


Bagikan: