3 Bisnis Properti Terkini, Minim Modal Untung Besar

Tren Bisnis Properti Terkini
Waktu baca: 2 menit

Berbisnis telah menjadi tren bagi generasi milenial belakangan ini. Mulai dari mendirikan bisnis makanan, coffee shop, sampai barbershop. Namun, hanya beberapa yang berani merambah ke bisnis properti. Ada anggapan bahwa bisnis properti membutuhkan modal besar. Terlebih, para pemula juga harus banyak melakukan persiapan agar dapat bersaing dengan yang sudah senior.

Padahal, bisnis properti bisa menjadi pilihan tepat untuk jadi sumber penghasilan. Menurut Robert T Kiyosaki, properti akan tetap menguntungkan walaupun mendapatkan laba yang kecil. Adapun bisnis dalam bidang properti tidak hanya sebatas jual tanah, bangunan, dan hunian saja. Masih ada cara lain agar bisa terlibat atau terjun langsung dalam bisnis properti, bahkan tanpa mengeluarkan modal yang besar.

Berikut beberapa jenis bisnis properti yang tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.

Bisnis penyewaan kamar atau homestay

Untuk memulai bisnis penyewaan kamar ini, kamu harus pastikan terlebih dahulu bahwa ada ruangan atau kamar yang tidak terpakai di rumah. Selain itu, kamu juga harus pastikan bahwa lokasi rumah yang akan disewakan itu berada di lokasi dekat dengan kawasan industri atau edukasi. Kamu bisa memanfaatkan situs penyewaan homestay atau kamar seperti AirBnB dan sejenisnya untuk mengiklankan kamar atau ruangan yang akan disewakan. Jangan lupa hitung terlebih dahulu perkiraan biaya tambahan dan risiko yang akan terjadi dan pastikan orang yang menyewa adalah orang yang bertanggung jawab serta memiliki identitas yang bisa menjadi jaminan.

Makelar properti

Menjadi makelar properti tidak harus memiliki properti terlebih dahulu. Yang dibutuhkan untuk menjadi seorang makelar properti ialah memahami pasar properti saat ini di setiap daerah. Selain itu, tentunya harus memiliki jaringan relasi yang luas karena tugas utama seorang makelar ialah menjadi perantara bagi penjual dan pembeli.

Untuk menjadi makelar properti tidak mengharuskan kamu menjadi pekerja tetap di salah satu perusahaan properti. Kamu juga bisa menjadi makelar properti freelance sehingga tidak terlalu terikat. Sebagai makelar freelance, kamu cukup bertemu dengan klien saat mereka akan cek lokasi. Komisi yang didapatkan juga lumayan. Umumnya, makelar akan mendapatkan 2,5 persen dari harga jual rumah.

Baca juga: Wow, Berikut 6 Peluang Bisnis yang Menggiurkan di Tahun 2019!

Adapun jika menjadi makelar properti di bawah naungan suatu perusahaan, kamu bisa mendapatkan pelatihan agar menjadi makelar yang profesional.

Membuat situs pencarian properti

Jika dilihat, bisnis ini lebih condong ke bisnis teknologi. Namun, jika ditelaah lebih dalam lagi, bisnis ini masih ada hubungannya dengan properti. Pasalnya, kamu menyediakan sebuah situs bagi orang lain untuk mencari properti baik yang akan dibeli ataupun disewa. Setelah situs tersebut mengalami pelonjakan pengunjung atau pengguna, maka sudah mulai bisa menarik keuntungan misalnya dengan menerapkan sistem membership bagi penggguna agar bisa mengiklankan propertinya secara masif. Cara lainnya, bisa dengan menerapkan biaya tambahan untuk perantara transaksi properti yang terjadi.

Bisa jualan properti melalui marketplace juga lho
Bisa jualan properti melalui marketplace juga lho. Photo by Pixabay.

Nah, kini Teman Klik tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis properti walaupun tidak memiliki modal yang besar. Jangan mudah menyerah karena bisnis properti memang dibutuhkan kesabaran tinggi dan keuletan.

You may also like...

Leave a Reply