Cara Melakukan Self Healing yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Ilustrasi sedang meditasi
Cara Melakukan Self Healing yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri. Photo by KlikCair
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Apakah seseorang yang mengalami kesedihan itu selalu membutuhkan bantuan dari seorang psikolog? Ternyata tidak harus. Pasalnya, ada cara melakukan self healing yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus didampingi oleh seseorang yang ahli dalam hal kejiwaan.

Apakah itu berhasil? Ini setidaknya tergantung pada dua hal; yaitu bagaimana caranya dan seberapa berat masalah yang dihadapi. Jika kondisi psikologis bermasalah yang disebabkan oleh stres akibat pekerjaan misalnya, ini bisa diatasi dengan menerapkan self healing. Tentunya ini harus dilakukan dengan cara yang tepat.

5 Cara Self Healing yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah 

Self healing di rumah
Self healing di rumah. Photo by @heftiba

Pada intinya, self healing merupakan cara untuk meredam gejolak perasaan yang negatif yang mana perasaan tersebut membuat seseorang tidak bisa melakukan kegiatan harian dengan baik.

Jika itu juga yang sering kamu rasakan, kamu perlu menerapkan bagaimana cara melakukan self healing. Lakukan salah satu dari cara berikut ini ketika kamu stres atau perasaan kamu sedang kurang baik sehingga kamu merasa kurang bersemangat.

Baca juga: Intip Yuk Bagaimana Milenial Menerapkan Gaya Hidup Digital

  1. Memberikan Reward untuk Diri Sendiri

Self-healing bisa dilakukan dengan cara self-compassion. Apa itu? Pada intinya, self-compassion itu menyayangi diri sendiri. Kamu bisa melakukan self-compassion misalnya dengan cara memberikan reward atau hadiah atas apa pun keberhasilan yang sudah dicapai.

Sering kali, orang stres disebabkan karena banyaknya tekanan. Tekanan tersebut bisa dari luar seperti dari teman kerja atau atasan. Tekanan itu bisa disebabkan karena kurang tercapainya target yang seharusnya. Ini bisa diredakan dengan memberikan hadiah kepada diri sendiri karena sudah ada pencapaian walaupun tidak sempurna. Ini cara self-healing yang mudah sekali untuk dilakukan setidaknya untuk menurunkan stres sehingga pikiran lebih fresh dan siap untuk aktif setiap hari.

  1. Berani Mengatakan Tidak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tekanan bisa datang dari luar. Misalnya saja pekerjaan yang terlalu banyak sehingga semuanya menumpuk. Belum lagi dengan deadline yang hampir sama. 

Jika itu yang kamu alami, saatnya kamu membatasi diri. Artinya kamu harus berani mengatakan tidak ketika kamu merasa tidak mampu untuk melakukannya. Apalagi jika kamu dibebani dengan pekerjaan yang sebenarnya bukan tugas kamu. Meskipun itu perintah dari atas, kamu harus berani mengatakan tidak. Tentu saja kamu harus juga menjelaskan alasan mengapa kamu tidak mau melakukannya.

Dengan cara tersebut, kamu tetap akan memiliki waktu luang untuk istirahat. Kamu tidak harus pulang kerja hingga sore hari atau bahkan lanjut lembur di rumah hingga malam hari. 

  1. Self-Investment

Cara melakukan self-healing selanjutnya adalah dengan melakukan self-investment atau investasi diri sendiri. Belajar untuk mengupgrade skill dan juga pengetahuan merupakan cara investasi untuk diri sendiri.

Apa tujuannya? Tujuan utamanya adalah agar kamu lebih percaya diri. Apalagi kamu hidup di era di mana perkembangan dan perubahan begitu cepat. Agar tidak ketinggalan zaman, kamu harus terus melakukan self-investment. Jika itu yang kamu lakukan, kamu akan merasa percaya diri ketika berhadapan dengan orang-orang baru mengingat skill dan pengetahuan kamu compatible dengan mereka.

Lain hal jika kamu tidak melakukan self-investment. Kamu akan merasa tertinggal. Pengetahuan kamu kalah jauh dengan kebanyakan orang. Kamu akan merasa kecil dan kepercayaan diri kamu tidak ada. Kamu pun mulai merasa sedih dan stres.

  1. Lakukan Hobi yang Baik

Jangan hanya mengerjakan pekerjaan yang setiap hari kamu harus lakukan. Di sela-sela waktu luang, kamu juga perlu melakukan hobi yang baik. Kamu suka main futsal? Luangkan waktu untuk bermain futsal. Kamu sudah berkebun? Manfaatkan pekarangan di belakang rumah yang kecil sebagai taman.

  1. Meditasi 

Ini yang sudah banyak orang ketahui. Sayangnya, tidak banyak orang lakukan, entah karena tidak mau atau tidak tahu bagaimana caranya. Meditasi itu intinya untuk menenangkan hati dan pikiran. Bukankah ini hal yang penting untuk self-healing? 

Kamu bisa belajar tentang teknik meditasi mindfulness. Ini bisa kamu lakukan dengan cara duduk bersila sambil memejamkan mata. Pikirkan hal baik yang sudah dan akan kamu lakukan. Ini akan memunculkan pikiran positif. Pikiran positif ini yang kemudian akan menghasilkan energi yang positif.

Sekarang, kamu sudah tahu beberapa cara melakukan self-healing. Silakan pilih salah satu cara yang menurut kamu mudah untuk kamu lakukan.


Bagikan: