Intip Yuk Bagaimana Milenial Menerapkan Gaya Hidup Digital

Seorang pria menerapkan gaya hidup digital
Intip Yuk Bagaimana Milenial Menerapkan Gaya Hidup Digital. Photo by Pixabay
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Gaya hidup digital sepertinya tidak bisa dihindari lagi sekarang ini. Terutama bagi generasi milenial atau bahkan generasi Z. Ada yang bilang gaya hidup seperti ini tidak bagus. Orang cenderung pasif. Mereka malas untuk bergerak. Apakah anggapan tersebut benar?

Ada benarnya juga. Harus diakui karena adanya teknologi digital, orang tidak lagi perlu keluar rumah untuk membeli barang. Cukup buka smartphone lalu order online. Barang yang dibeli akan langsung diantar ke rumah.

Namun, anggapan semacam itu tidak sepenuhnya benar juga lho. Pasif identik dengan hal yang kurang produktif dan kurang bagus. Faktanya tidak demikian. Dengan teknologi digital, banyak kok orang yang justru lebih produktif.

Maka dari itu, siapa saja boleh menerapkan gaya hidup digital. Asalkan tetap produktif, sah-sah saja jika ingin jadi generasi yang memiliki gaya hidup serta digital. 

Teknologi yang Menunjang Gaya Hidup Digital

Gaya hidup digital
Teknologi untuk gaya hidup digital. Photo by Pexels

Apakah lifestyle digital membuat kamu harus menggunakan semua teknologi yang ada? Tentu saja tidak. Sebenarnya, teknologi hanya alat yang bisa kamu gunakan untuk beraktivitas secara lebih mudah. Dalam hal ini, aktivitas yang dimaksud adalah aktivitas digital.

Untuk itu, ada beberapa teknologi yang harus kamu benar-benar manfaatkan. Apa saja itu?

  1. Laptop dan Tablet 

Salah satu ciri khas dari gaya hidup digital adalah mobility atau mobilitas. Mereka yang mengaku bergaya hidup digital ingin sekali memiliki mobilitas yang tak terbatas. Mereka ingin kemana saja. Bahkan, mereka tidak ingin bekerja di kantor. Mereka ingin di mana saja bisa bekerja.

Hal inilah yang membuat lifestyle digital harus didukung dengan perangkat yang mobile, seperti laptop dan tablet. Dua jenis gadget ini sangat menunjang pekerja yang memiliki mobilitas tinggi. Tidak seperti komputer yang sama sekali atau sangat sulit untuk dibawa secara mobile. 

Itulah mengapa sekarang ini laptop dan tablet semakin beragam. Dulu, laptop hanya digunakan sebagai pengganti komputer. Laptop dipakai untuk pekerjaan yang tidak begitu berat. Tidak dengan sekarang. Laptop dengan spesifikasi tinggi seperti komputer ada. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah lho. Begitu juga tablet.

  1. E-Money 

Platform digital kini terus bermunculan. Hal ini disebabkan mereka ingin menunjang kegiatan anak-anak generasi sekarang yang menerapkan gaya hidup digital. Salah satunya platform uang digital atau yang sering disebut dengan e-money. 

Ini harus ada di smartphone kamu jika ingin menerapkan digital lifestyle. Dengan uang digital, kamu bisa berbelanja dengan lebih mudah. Kamu tidak perlu transfer via bank. Uang digital akan membuat transaksi online yang kamu lakukan jauh lebih mudah dan lebih cepat. Di sisi lain, banyak sekali tawaran menarik yang diberikan oleh masing-masing platform, seperti hadiah, cashback, dan lain-lain.

  1. Layanan Video Streaming on Demand

Di masa pandemi seperti saat ini, bioskop ditutup. Ada yang sudah diperbolehkan untuk membuka bioskop dengan syarat yang ketat, seperti jumlah penonton yang dibatasi dan lain sebagainya.

Karena itulah banyak orang yang beralih ke video streaming on demand. Ada banyak sekali film yang bisa dinikmati melalui layanan ini. Dan kamu tidak perlu terpaku pada waktu. Program atau film apa pun bisa kamu tonton kapan saja kamu mau.

  1. Marketplace 

Siapa yang tidak memiliki aplikasi marketplace? Hampir semua yang memiliki smartphone pasti punya aplikasi marketplace di dalamnya. Jumlah marketplace sekarang semakin banyak. Hal ini disebabkan semakin banyak orang yang lebih memilih melakukan transaksi secara online.

Di sisi lain, harus diakui marketplace menawarkan produk dengan jauh lebih menarik. Ada hampir semua jenis barang dijual secara online. Dengan tawaran seperti bebas ongkos kirim, cashback, hingga potongan hingga mencapai 80% menjadi daya tariknya.

Baca Juga: 4 Marketplace Terbaik di Indonesia Untuk Barang Fashion

  1. TV Digital 

Sekarang, hampir semua stasiun TV menyarankan agar masyarakat tidak lagi menggunakan saluran TV analog. Ada beberapa kekurangan seperti suara dan gambar yang kurang jernih. Apalagi ketika cuaca tidak mendukung. Sudah pasti siaran TV terganggu. Berbeda ketika menggunakan TV digital. Gambar sangat jernih. 

Itulah beberapa teknologi yang sangat mendukung kamu menerapkan gaya hidup digital. Meskipun demikian, kamu harus menyadari satu hal. Semua itu hanya teknologi. Teknologi itu alat yang membuat kamu lebih mudah dalam menjalani hidup. 

Diharapkan, teknologi digital yang kamu gunakan membuat kamu lebih produktif. Kegiatan kamu setiap hari jauh lebih cepat untuk dikerjakan. Bukan sebaliknya. Kamu menjadi generasi mager karena teknologi dan kurang produktif.

Manfaatkan sebaik mungkin teknologi digital yang ada. Sebaiknya, gunakan teknologi yang memang mendukung kegiatan dan pekerjaan kamu setiap hari. Jika tidak, kamu tidak perlu menggunakan alat tersebut. Ini cara yang tepat agar kamu tidak terdistraksi dengan teknologi dan kamu tetap menjadi orang yang produktif.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai