Pahami, Inilah Cara Cek Limit Kartu Kredit Agar Tidak Over Limit!

Seorang wanita sedang memegang kartu kredit di depan laptop
Pahami, Inilah Cara Cek Limit Kartu Kredit Agar Tidak Over Limit! Photo by Freepik
Waktu baca: 3 menit

Apakah kamu sudah menggunakan kartu kredit? Rajinlah untuk cek limit kartu kredit. Tujuannya agar tidak berlebihan dalam memanfaatkannya.

Kartu kredit menawarkan kemudahan dalam transaksi. Tetapi, kamu harus sadar jika dana yang terdapat di dalamnya merupakan dana utangan. Artinya, kamu perlu melunasi tagihannya sesuai dengan ketentuan.

Karena ini merupakan kartu hutang, kamu seharusnya menggunakannya secara bijak. Usahakan untuk tidak berlebihan ketika menggunakannya. Yakni, hindari memanfaatkannya sampai limitnya, atau malah over limit.

Apabila melebihi dari ketentuan, manfaat kartu kredit tidak bisa digunaku. Bahkan, kamu akan kesulitan dalam melunasi. Begitu pula, sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, cek limit kartu kredit seharusnya dilakukan lebih sering.

Cara-Cara Cek Limit Kartu Kredit

Seorang pria sedang melihat ipad
Cara-Cara Cek Limit Kartu Kredit. Photo by Pexels

Kartu kredit dikeluarkan oleh perbankan yang berbeda-beda. Ini berarti jika cara cek kartu kredit yang dikeluarkan akan sedikit berbeda. Dan berikut ini cara memeriksanya berdasarkan Bank yang mengeluarkannya.

1. Bank BCA

BCA termasuk Bank terkemuka dengan jumlah nasabah yang sangat besar. Perbankan ini juga menawarkan produk seperti kartu kredit pada nasabahnya.

Jika kamu menggunakan produk dari BCA, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa limit dari kartu kreditnya. Di antara caranya sebagai berikut:

  1. Cek Via SMS Banking
  • Daftarkan nomor HP di ATM BCA
  • Buat 4 digit kode akses sampai selesai
  • Periksa limit dengan mengetikkan format Limit (spasi) 4 digit kode akses yang sudah dibuat
  1. Cek Via Klik BCA
  • Daftarkan kartu kredit di sistem Klik BCA
  • Login akun KlikBCA
  • Pilih menu “Informasi Saldo” untuk melihat limit dari kartu kredit
  1. Cek Via HaloBCA

Metode ini bisa dibilang lebih simpel. Kamu hanya perlu menghubungi CS dari BCA.

Layanan ini terbuka 24 jam penuh sehingga kamu bisa menanyakan kapan pun. Untuk menggunakannya, hubungi HaloBCA melalui nomor 50088.

Ketika sudah terhubung, sampaikan tujuan secara jelas. Nantinya, pihak CS akan memberikan informasinya secepatnya.

2. Bank BNI

Jika kamu merupakan nasabah BNI, berikut ini caranya untuk cek limit kartu kredit:

  1. Cek Via Call Center

Call Center BNI adalah 1500046. Hubungi nomor tersebut kapan saja. informasikan mengenai keinginanmu. Maka, CS akan segera memproses informasi tersebut.

  1. Cek Via SMS

Untuk mengetahui status over limit kartu kredit dari nasabah BNI, kamu bisa menggunakan layanan SMS. Sebelum menggunakannya, pastikan untuk mendaftarkan nomor HP di perbankan.

Untuk pemeriksaannya, kamu harus memperhatikan jenis kartu kredit yang dimiliki. Karena, masing-masing jenisnya memiliki format tersendiri.

Bagi kamu yang menggunakan BNI Visa, formatnya adalah VISA (spasi) SAL (spasi) 4 digit terakhir dari kartu kredit.

Sedangkan pengguna BNI Master, format SMS adalah MASTER (spasi) SAL (spasi) 4 digit terakhir di BNI Master. Dan pengguna BNI JCB, formatnya adalah JCB (spasi) SAL (spasi) 4 digit terakhir dari kartu kredit JCB. Silahkan kirimkan ke nomor 336.

3. Bank BRI

BRI juga menjadi perbankan dengan jumlah nasabah tertinggi. Perbankan ini juga menawarkan produk berupa kartu kredit. Untuk mengetahui sisa limit dari kartu kreditnya, lakukan pemeriksaan melalui Call Center tau pun Internet Banking.

  1. Cek Via Call Center

Nomor Call Center BRI adalah 14017. Hubungi nomor tersebut dan informasikan tentang pemeriksaan limitnya. Hasilnya, CS akan segera menunjukkan sisa limit dalam hitungan detik.

  1. Cek Via Internet Banking

Selain menggunakan Call Center, kamu juga bisa memeriksa limit dari kartu kredit BRI melalui Internet Banking. Syaratnya, kamu harus memiliki akun Internet Banking terlebih dahulu.

Jika sudah memilikinya, silahkan buka browser. Kemudian, buka halaman Internet Banking BRI.

Setelah itu, masukkan username hingga passwordnya. Lanjutkan dengan memilih menu Pembayaran. kemudian, pilih Kartu Kredit dan masukkan 16 digit dari nomor tersebut.

Hasilnya, informasi seputar kartu kredit akan ditampilkan. Mulai dari sisa limit, tagihan hingga tanggal jatuh tempo pembayaran.

4. Bank Mandiri

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk memeriksa sisa limit dari kartu kredit rilisan Bank Mandiri. Berikut ini metode dan penjelasannya.

  1. Melalui ATM

Langkah pemeriksaannya cukup dengan mengunjungi ATM Mandiri. Masukkan kartu dan ketikan PIN kartu kredit.

Pilih menu Informasi Saldo yang tampil. Tekan Kartu Kredit. Hasilnya, jumlah sisa limit akan ditampilkan.

  1. SMS Banking

SMS Banking bisa dimanfaatkan ketika nomornya telah didaftarkan. Di samping itu, usahakan agar nomor tersebut terisi pulsa. Karena, setiap melakukan pemeriksaan ada biayanya.

Cara menggunakannya adalah melakukan panggilan ke nomor 141623. Setelah itu, masukkan 16 digit nomor kartu kredit. Kirimkan agar bisa diproses.

Kemudian, masukkan format tanggal lahir dengan benar dan kirim. Tunggu hingga sistem mengirimkan balasan.

  1. IVR

IVR merupakan layanan interaktif untuk memperolah informasi. Untuk memeriksa limit dari kartu kredit Mandiri melalui IVR, lakukan panggilan ke nomor 1400.

Setelah itu, tekan angka 1 dan masukkan 16 digit nomor credit card. Masukkan juga tanggal lahir. Tekan angka 1 sebanyak 2 kali. Setelah selesai, sistem akan menampilkan sisa dari kartu kredit.

Itulah beberapa cara untuk cek limit kartu kredit berdasarkan Bank yang merilisnya. Selalu periksa sisanya untuk menghindari over limit. Selain itu, bijaksanalah dalam menggunakannya agar tidak terjerat hutang terlalu dalam.

Mungkin Anda juga menyukai