Alat yang Bisa Digunakan untuk Daya Listrik 1300 Watt dan Tips Hematnya

Seorang teknisi sedang memeriksa meteran listrik.
Alat yang Bisa Digunakan untuk Daya Listrik 1300 Watt dan Tips Hematnya. Photo by Freepik
Waktu baca: 2 menit

Setiap rumah pasti memiliki kapasitas listrik yang berbeda-beda. Ada yang kapasitasnya 900 watt yang biasanya digunakan untuk listrik kamar kos. Ada juga yang daya listrik 1300 watt yang biasanya digunakan rumah tangga kecil.

Lantas, alat apa saja yang bisa digunakan untuk daya listrik 1300 watt?

Alat Elektronik untuk Daya Listrik 1300 Watt

Sebagai informasi, daya 1300 watt tidak memiliki kapasitas full sebanyak itu ya TemanKlik. Ini karena power factor yang memengaruhi kapasitas tersebut.

Untuk menghitungnya, daya VA x power factor = daya watt. Jika asumsi rata-rata power factor 0,8 maka penggunaan listriknya adalah 1300 x 0,8=1040. Nah, 1040 itulah merupakan kapasitas yang bisa digunakan sehari-hari.

Lantas alat elektronik apa saja yang bisa digunakan untuk daya listrik 1300 watt? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Mesin cuci

Sebenarnya, ini tergantung dengan mereknya. Sebab, ada beberapa mesin cuci yang memakan daya listrik cukup besar. Apalagi jika digunakan untuk mencuci dengan mode cepat.

Umumnya, mesin cuci dengan tipe front loading butuh daya sekitar 400-450 watt. Sementara untuk mesin cuci dua tabung rata-rata 190-420 watt.

AC

AC merupakan salah satu alat elektronik yang memerlukan daya yang cukup besar. Terutama saat musim panas. Makanya, AC inverter lebih disarankan untuk digunakan agar bisa menyesuaikan output AC dan tetap membuat ruangan sejuk.

Nah, biasanya dalam rumah tangga kecil menggunakan AC 1/2 sampai 1 PK. AC 1/2 PK rata-rata memakan daya 350-400 watt. Sementara, AC 1 PK memerlukan daya 700-800 watt. Maka dari itu, lebih baik gunakan AC 1/2 PK saja saat rumahmu memiliki kapasitas listrik 1300 watt.

Kulkas

Kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang memerlukan daya konstan karena harus menyala selama 24 jam. Lalu besar dayanya berapa? Ini tergantung pada tipe kulkasnya, apakah kulkas 1 pintu atau 2 pintu, dan seberapa besar kapasitas kulkasnya.

Sebagai informasi, kulkas 1 pintu perlu daya 70-150 watt. Sedangkan kulkas 2 pintu 100-250 watt.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Tips Hemat Saat Gunakan Daya Listrik 1300 Watt

Setelah mengetahui gambaran soal daya listrik 1300 watt bisa digunakan untuk apa saja, pastikan gunakan perangkat elektronik yang tidak melebihi daya tersebut ya TemanKlik!

Agar bisa menghemat penggunaan listrik bulanan, yuk simak tips-tipsnya di bawah ini.

Gunakan lampu hemat daya

Lampu merupakan benda yang penting dimiliki di rumah. Sebab, lampu memberikan penerangan saat malam hari tiba. Perlu diketahui, meskipun terlihat kecil, namun kadang lampu cukup menyedot daya listrik.

Maka dari itu, gunakanlah lampu hemat daya seperti lampu LED. Sebab, lampu LED memiliki daya penerangan yang lebih terang, tidak panas, dan tentu hemat energi.

Cabut colokan charger saat tidak digunakan

Hal ini terkadang sering disepelekan oleh orang-orang. Sebab, banyak yang sering membiarkan colokan charger tetap terhubung padahal tidak digunakan. Padahal, sebenarnya ini bisa memakan daya listrik rumah loh TemanKlik!

Maka dari itu, cabutlah colokan saat tidak digunakan meskipun konsumsi daya listriknya tidak seberapa.

Pindah ke listrik prabayar

Dengan menggunakan sistem listrik prabayar, secara tidak langsung akan membuat kamu lebih hemat dalam menggunakan listrik. Sebab, kamu akan mengetahui sisa token yang tersedia saat ini.

Saat tahu berapa sisa token listrik, tentu kamu bisa mengatur penggunaan alat elektronik agar tidak boros.

Demikian informasi mengenai daya listrik 1300 watt bisa digunakan untuk alat elektronik apa saja. Pastikan untuk memilih alat-alat yang punya fitur hemat energi agar pengeluaran listrik bulananmu dapat ditekan.

Mungkin Anda juga menyukai