Yuk Hindari Ciri Orang Serakah Berikut Ini!

Ciri Orang Serakah
Yuk Hindari Ciri Orang Serakah Berikut Ini! Photo by @documerica
Waktu baca: 4 menit

Sesekali kamu mungkin pernah merasa setelah mendapatkan sesuatu yang sangat diinginkan, bukannya puas namun malah ingin yang lebih lagi. Jika sudah begini maka harus waspada karena ini adalah salah satu dari ciri orang serakah.

Apabila hal ini tidak segera kamu atasi, maka perasaan ingin lebih dan lebih lagi akan menguasai tanpa pernah merasa puas. Padahal kepuasan di dunia itu tak ada batasnya dan itu menjadi sifat dasar manusia.

Apa Sih Serakah (Ketamakan) Itu?

Jika melihat pada KBBI, pengertian serakah adalah keinginan di dalam diri untuk selalu ingin memiliki sesuatu yang lebih lagi. Misalnya ingin memiliki sebuah motor, pada saat berhasil memilikinya lalu timbul keinginan untuk memiliki lagi menjadi dua motor.

Istilah sikap serakah ini banyak sekali padanannya dalam Bahasa Indonesia, antara lain tamak, loba atau rakus. Istilah tamak berasal dari Bahasa Inggris, yaitu greed, avarice, dan cupidity yang memiliki makna keserakahan.

Sikap keserakahan yang tak mampu untuk kamu kendalikan akan menjadi sebuah sikap egois yang berubah menjadi keinginan untuk menguasai. Entah itu menguasai kekuasaan, status sosial atau kekayaan jauh lebih banyak dari kebutuhan dasar demi memuaskan diri sendiri. 

Baca juga: 7 Garyvee Quotes Yang Paling Inspirasional

Penyebab dan Ciri Orang Serakah

Dari sudut pandang agama maupun dari sisi psikologis, ada beberapa sebab serta ciri orang serakah.

Penyebab Orang Serakah

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya rasa serakah antara lain adalah karena sebagai berikut:

1. Tak Bersyukur

Rasa serakah dapat timbul ketika seseorang jarang bersyukur atas semua yang sudah ada. Sikap ini kemudian akan menyebabkan keinginan untuk membandingkan dengan kelebihan atau kesuksesan orang lain.

Akibatnya timbul perasaan bahwa kebahagiaan atau kepuasan baru ada pada saat keadaannya sama dengan orang lain tersebut. Efek dominonya tentu saja menjadi serakah bahkan akan menghalalkan segala cara untuk meraih kepuasan tersebut.

2. Terlalu Mengagungkan Dunia

Orang yang serakah akan memiliki keinginan untuk menimbun harta sebanyak-banyaknya tanpa merasa puas meski kebutuhan hidup telah terpenuhi. Keserakahan membuat orientasi hidup bertumpu pada kepemilikan harta dan kesuksesan dunia tanpa batas.

Hal tersebut pada akhirnya akan membuat seseorang enggan untuk berbagi atau berbuat kebaikan lainnya karena takut hartanya akan berkurang. 

3. Tak Ingat Ada Hak Orang Lain

Keserakahan akan membuat orang khilaf dan lupa jika di dalam harta miliknya terdapat hak orang lain. Akibatnya, orang serakah pun menjadi pelit atau kikir untuk menggunakan sebagian kecil hartanya demi kebaikan sesama.

4. Tak Mampu Mengendalikan Egoisme Dalam Diri

Rasa egois di dalam diri yang terlalu besar dan tak mampu untuk kamu kendalikan juga akan membuat munculnya sifat serakah. Keegoisan itu membuat seseorang menjadi tak peduli akan kesulitan orang lain, meski itu orang yang ada di sekitarnya.

5. Lupa Akan Tujuan Awal

Keserakahan bisa juga muncul pada saat kamu lupa akan niatan atau tujuan awal pada saat akan melakukan sesuatu. Misalnya, kamu akan bekerja untuk mendapatkan uang guna membeli sepeda motor.

Dalam prosesnya ternyata mendapatkan kemudahan untuk memperoleh banyak income dengan mudah. Karena hal itu, kamu pun akhirnya keranjingan kerja guna mendapatkan income yang lebih dan lebih lagi meski tujuan utama bahkan kebutuhan lainnya telah terpenuhi.

dari hal sepele seperti itu, seringkali sikap seraha kemudian muncul. Itulah mengapa, tujuan awal harus selalu diingat agar rasa cukup dapat timbul.

Ciri-Ciri Orang Serakah

Sifat serakah akan membuat seseorang ingin memiliki sesuatu hanya bagi dirinya sendiri saja. Hal itu mendorong sifat alami manusia sebagai makhluk sosial yang selalu berbagi pada sesama. Alasannya tak ingin harta miliknya habis karena harus membagikannya ke sesama.

Secara lebih detail terdapat 6 ciri yang dapat menjadi gambaran orang serakah, yaitu:

1. Tingginya Tingkat Egoisme

Ciri orang serakah yang pertama adalah tingginya egoism. Sudah pasti orang yang serakah akan memiliki rasa egoisme yang sangat tinggi. Karena yang ada di dalam pikiran dan orientasi hidupnya hanyalah kepentingan dirinya sendiri. 

Hatinya akan susah tergerak untuk mengulurkan tangan meski di depan mata ada sesama yang membutuhkan.

2. Timbul Iri dan dengki

Pada saat ada rasa serakah hadir maka secara bersamaan di dalam diri seseorang akan timbul juga ciri orang serakah lainnya. Yaitu rasa iri dan dengki. 

Sifat serakah akan menimbulkan keinginan untuk memiliki sesuatu secara lebih dan lebih lagi. Hal itu akan menimbulkan rasa iri terhadap orang lain yang memiliki sesuatu yang lebih dari yang dimilikinya.

Akibatnya muncul kedengkian terhadap dirinya yaitu kebencian pada kenikmatan yang terdapat pada diri orang lain. Serta timbul harapan dan keinginan agar nikmat milik orang lain tersebut menghilang. 

3. Tidak Memiliki Empati

Ciri orang serakah berikutnya adalah tak memiliki empati. Karena orang serakah tingkat egoisnya sangat tinggi, maka sudah pasti orang tersebut tak mampu untuk memiliki rasa kasih dan peduli. 

Orang serakah hanya akan memikirkan kepentingan bagi dirinya sendiri saja, bahkan tak peduli jika perbuatannya merugikan lainnya.

4. Ahli Manipulasi

Ciri orang serakah adalah tak mampu untuk mengendalikan keinginan di dalam dirinya yang selalu ingin lebih dan lebih lagi. Oleh karena itu orang serakah akan berusaha untuk melakukan beragam cara agar selalu mendapatkan keuntungan, salah satunya dengan manipulasi.

Biasanya orang serakah mungkin terlihat baik pada tampilan luarnya namun di hatinya banyak rencana busuk untuk manipulasi bahkan melakukan sabotase.

5. Fokus Pada Keuntungan Diri

Ciri orang serakah yang kelima adalah hanya fokus pada keuntungan serta kepentingan dirinya saja. Orang seperti itu seringkali malas mengerjakan kewajibannya namun berharap mendapatkan untung.

Caranya tentu saja dengan melakukan berbagai akal-akal licik seperti manipulasi, sabotase, menipu serta berbagai hal buruk lainnya.

6. Menghalalkan Segala Cara 

Ciri yang terakhir adalah menghalalkan segala cara. Sudah pasti orang serakah akan berani untuk melakukan segala cara demi keuntungan bagi dirinya sendiri. 

Keinginannya yang tak berbatas akan berusahanya diraihnya dengan berbagai cara, entah baik atau buruk, jauh dari moral dan etika.

Dampak Sifat Serakah

Ada banyak sekali konsekuensi atau dampak yang timbul akibat serakah. 

Hati Yang Resah 

Orang yang memiliki sifat serakah akan tak tenang hidupnya. Orang tersebut akan selalu merasa resah serta gelisah. Semua itu karena orang serakah akan selalu jauh dari Penciptanya.

Tak Memiliki Teman

Karena keculasan serta kejahatan perbuatan yang sering seseorang dengan sifat serakah lakukan, maka otomatis tak ada yang mau berteman. Semua akan pergi menjauh karena takut akan menjadi korbannya.

Menimbulkan keonaran dan Merusak Kedamaian

Orang serakah hanya akan menimbulkan banyak kerusakan serta merusak kedamaian. Hal tersebut karena sifat serakah membuatnya sering melakukan banyak hal yang terlarang baik di mata hukum maupun agama.

Kedamaian pun tak akan pernah ada karena hasil perbuatan culasnya yang merusak ketenteraman. Semoga kamu dapat terhindar dari ciri orang serakah sebagaimana uraian di atas ya.

Mungkin Anda juga menyukai