Ingin Liburan ke Luar Negeri? Pahami Dulu 5 Hal Berikut Ini

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Liburan ke Luar Negeri via pexels.com
Waktu baca: 3 menit

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan. Salah satunya adalah liburan ke luar negeri. Dengan bepergian ke negara lain, kamu akan merasakan pengalaman tak terlupakan. Mulai melihat tempat-tempat indah di dunia, mempelajari budaya baru, serta hal seru lain pastinya. Bagi kamu yang berencana bepergian ke luar negeri bersama keluarga atau sendiri, berikut ada lima hal penting untuk kamu pahami. Terutama bila kamu baru pertama kali melakukan traveling ke luar negeri.

Siapkan dokumen penting

Liburan ke luar negeri tentu berbeda dengan jika kita berlibur di dalam negeri atau ke luar kota. Selain budget, dokumen penting sangat penting untuk kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Contohnya seperti paspor, visa, identitas diri, hingga tiket reservasi. Perhatikan pula masa berlaku paspor atau visa karena akan menyusahkan bila kamu mengurusnya berdekatan dengan waktu keberangkatan.

Bahkan bukan tidak mustahil bila lupa mengurusnya akan membuat semua rencana liburan ke luar negeri berantakan karena gagal berangkat. Ada baiknya pula kamu memfoto dokumen-dokumen penting tersebut untuk berjaga-jaga. Jadi, bila dokumen tersebut hilang, kamu masih menyimpan bukti berupa fotonya untuk diproses.

Jangan lupa bawa paspor ya via thejakartapost.com

Jangan lupa bawa paspor ya via thejakartapost.com

Cari informasi tentang negara yang akan dituju

Ada sebuah pepatah yang mengatakan “lain ladang lain belalang”. Prinsip ini pun berlaku pula saat kamu bepergian ke negara lain. Untuk itu, penting mengetahui peraturan apa saja yang ada di negara tujuan. Hal tersebut menyangkut tentang budaya masyarakat setempat. Cari tahu kondisi cuaca di sana agar kamu bisa menyesuaikan diri penting untuk diperhatikan.

Memasang aplikasi navigasi seperti Google Maps sangat penting saat kamu menjelajahi negara tujuan. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan meskipun sedang offline. Lalu, kamu bisa mensurvei media sosial apa yang populer di negara tersebut agar mudah untuk berkomunikasi karena tiap-tiap negara memiliki tingkatan yang berbeda dalam menggunakan media sosial.

Tukar mata uang

Ketika menginjakkan kaki di luar negeri, jangan lupa untuk menukarkan uang. Namun, janganlah menukar uang ketika sampai di bandara. Biasanya saat menukar di bandara, harga tukarnya lebih tinggi dibandingkan tempat penukaran lainnya. Meskipun begitu, kamu harus hati-hati agar tidak tertipu atau mendapatkan uang palsu. Rajin-rajinlah untuk mengecek kurs mata uang asing supaya tidak bingung apabila terjadi perubahan nilai tukar mata uang sewaktu-waktu, kamu bisa mempersiapkan diri. Terutama di negara yang memiliki mata uang dengan nilai tukar tinggi seperti Euro, Poundsterling, dan Baht.

Penting untuk memperhatikan keselamatan diri

Keselamatan dan keamanan diri menjadi faktor penting utama ketika kamu liburan ke luar negeri. Sebelum liburan, sebaiknya kamu pahami dulu negara mana saja yang berbahaya untuk dikunjungi. Berdasarkan laporan Forbes, ada beberapa yang memerlukan keselamatan tingkat tinggi saat liburan seperti Meksiko, Kolombia, Syria dan beberapa negara konfilk lainnya. Bukan saja barang berharga kamu yang akan jadi korban, melainkan juga keselamatan jiwa. Kamu perlu untuk mencatat nomor-nomor penting seperti kantor polisi, kedutaan, dan pihak berwenang lainnya bila sewaktu-waktu berada dalam keadaan darurat.

Bawa barang seperlunya

Kamu tidak perlu membawa banyak barang ketika berlibur ke luar negeri. Selain memberatkan bagi diri sendiri, hal tersebut juga akan membuat biaya bagasi di pesawat akan membengkak. Untuk itulah kamu hanya butuh barang seperlunya seperti baju yang sesuai untuk kondisi cuaca di sana, dokumen penting, bekal yang cukup, dan bila perlu membawa obat-obatan bila kamu memiliki riwayat penyakit. Hindari membawa barang berharga yang mencolok seperti perhiasan secara berlebihan. Agar lebih nyaman, simpan benda berharga kamu di tempat yang aman.

Nah, itu dia beberapa tips dan hal penting yang perlu kamu perhatikan saat hendak liburan ke luar negeri. Untuk itulah persiapkan segalanya mulai dari sekarang, termasuk budget. Agar uang cepat terkumpul sebagai bekal liburan ke luar negeri, ada baiknya jika kamu berinvestasi melalui KlikCair. Selamat berlibur!

You may also like...

Leave a Reply