Cara Menonaktifkan Shopeepaylater Tanpa Hapus Akun

Cara Menonaktifkan Shopeepaylater Tanpa Hapus Akun
Cara Menonaktifkan Shopeepaylater Tanpa Hapus Akun. Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Shopee merupakan salah satu e-commerce besar di Indonesia yang memiliki fitur paylater. Fitur ini memberi kemudahan untuk membeli barang dengan pinjaman. Namun, adakah cara menonaktifkan shopeepaylater tanpa hapus akun?

Pengguna shopee kerap mengajukan pertanyaan tersebut karena tak ingin lagi menggunakan paylater. Namun di saat yang sama, pengguna tetap ingin menggunakan shopee sebagai marketplace kepercayaan.

Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

Pengguna platform shopee bisa menonaktifkan fitur paylater dengan mudah. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

1. Akun Tidak Ditangguhkan

Kondisi ini terjadi ketika penjual maupun pembeli terdeteksi transaksi mencurigakan. Tak sedikit penjual di sebuah marketplace yang melakukan penipuan, demikian halnya akun pembeli.

Maka, jika marketplace mendeteksi adanya transaksi mencurigakan atau penipuan, shopee akan melakukan langkah represif yaitu suspend atau penangguhan akun. Jika ditangguhkan, maka pengguna tidak bisa menonaktifkan paylater-nya.

2. Nol Tagihan

Syarat berikutnya tentu saja tidak ada tagihan tertinggal. Fitur paylater kerap dimanfaatkan untuk kemudahan berbelanja. Namun, jangan sampai lupa untuk melunasinya. Jika masih ada tagihan paylater, tentu saja fitur ini belum bisa nonaktif.

Selain tagihan, pengguna juga harus memastikan tidak ada pesanan yang belum selesai. Apalagi jika pesanan tersebut juga menggunakan fitur pembayaran paylater.

3. Identitas Masih Aktif

Shopee memberikan syarat kepada pengguna untuk meng-input nomor WA dan email. Pengguna harus memastikan keduanya masih aktif dan juga tidak terdaftar di dua atau beberapa akun yang berbeda.

Baca juga: Paylater Produktif: Layanan, Cara Kerja, Kekurangan, Kelebihan, dan Tips

Menonaktifkan Shopee PayLater Tanpa Hapus Akun

Setelah mengetahui cara menonaktifkan shopee paylater, pengguna juga tidak perlu khawatir jika akun shopee-nya akan tetap digunakan. Pasalnya, menonaktifkan fitur ini bisa dilakukan tanpa menghapus akun. 

1. Masuk ke Menu Pengaturan di Aplikasi

Langkah pertama sebagai cara menonaktifkan shopeepaylater tanpa hapus akun adalah masuk ke aplikasi shopee. 

Pengguna tentu sudah memiliki akun dengan identitas yang terdaftar. Berikutnya, pengguna bisa masuk ke menu pengaturan untuk melakukan langkah selanjutnya.

Menu pengaturan ini bisa ditemukan di “menu saya”. Klik dan akses menu tersebut, maka pengguna akan menemukan menu setting atau pengaturan.

2. Ajukan Penghapusan

Langkah berikutnya, pada menu pengaturan pengguna bisa menemukan pengajuan hapus akun. Akses pilihan tersebut dan pengguna akan diminta memasukkan kode verifikasi akun shopee. Pastikan kode yang diinput sudah benar sesuai dengan yang terdaftar.

3. Berikan Alasan Penghapusan

Setelah memasukkan kode verifikasi, pengguna akan diminta memilih alasan penghapusan. Terdapat beberapa pilihan penghapusan shopee paylater. Jika tidak menemukan alasan yang tepat, pengguna bisa menuliskan alasan lain dalam beberapa kalimat.

4. Konfirmasi Identitas

Langkah berikutnya adalah memasukkan alamat email yang terdaftar di aplikasi shopee. Marketplace akan melakukan konfirmasi via email bahwa pengguna benar-benar telah melakukan penghapusan akun.

Lanjutkan dengan menyetujui syarat penghapusan dengan mengklik kotak yang tersedia. Berikutnya, klik kirimkan dan proses pengajuan penghapusan shopee paylater akan diproses. Langkah mudah ini bisa dilakukan tanpa menghapus akun.

Kelebihan Paylater dari Shopee

Sebelum menonaktifkan shopee paylater, pengguna harus mempertimbangkan beberapa kelebihan berikut:

1. Pengajuannya Cepat dan Mudah

Marketplace ini memiliki kelebihan dibandingkan paylater atau paylater cicil lainnya yaitu pada proses pengajuan. Syaratnya tidak membingungkan dan prosesnya pun relatif lebih cepat.

2. Paylater Tenor Lama

Pada fitur paylater dengan cicilan, pengguna bisa memanfaatkan hingga jangka waktu 12 bulan. Selain itu, bunga yang diterapkan juga terbilang murah karena masih di bawah 3%.

3. Banyak Promo

Tak sedikit yang memanfaatkan fitur pembayaran ini karena banyaknya promo yang ditawarkan. Pengguna dengan paylater kerap mendapatkan diskon barang, ongkir dan cashback.

Demikianlah cara menonaktifkan shopeepaylater tanpa hapus akun yang sangat mudah bagi pengguna. 

Selain itu, pengguna bisa juga membiarkan akun shopee dormant (tidak digunakan) selama 3 bulan berturut-turut. Hal ini juga akan otomatis menonaktifkan paylater.

Mungkin Anda juga menyukai