Paylater Produktif: Layanan, Cara Kerja, Kekurangan, Kelebihan, dan Tips

Paylater Produktif
Paylater Produktif: Layanan, Cara Kerja, Kekurangan, Kelebihan, dan Tips. Photo by Pexels
Waktu baca: 7 menit

Apakah kamu pengguna paylater produktif? Jika iya akan banyak pengalaman baru dengan kemudahan berbagai transaksi keuangan. Meskipun sebenarnya paylater ini sudah populer dari dulu dengan sistem kredit.

Apa itu paylater, bagaimana jenis, kekurangan, kelebihan dan sepak terjangnya dalam dunia keuangan? Semuanya akan dibahas tuntas dalam artikel berikut ini.

Pengertian Paylater Produktif

Apabila menilik ke belakang kredit paylater merupakan suatu metode pembayaran yang memungkinan pengguna melakukan transaksi dan membayarnya di kemudian hari. 

Meskipun kredit bukan suatu hal baru, zaman digital ini marak dengan paylater untuk berbagai transaksi keuangan. Sebutan lain untuk paylater adalah BNPL yaitu buy now pay later, seolah menjadi kartu kredit dan kamu dapat menggunakan membayar ke merchant. 

Berbagai e-commerce juga menggaungkan keberadaan  paylater bagi anggotanya agar transaksi simpel dan praktis. Berbagai kemudahan mendorong pengguna untuk konsumtif dengan pembayaran sistem pemberian kredit. 

Walau demikian paylater produktif juga memberi kelonggaran pembayaran praktis dan efisien. Tak mengherankan jika paylater semakin digandrungi berbagai segmen konsumen.

Jenis Layanan Paylater

Banyak yang bertanya apakah paylater sama dengan pinjol, secara umum tidak karena sistemnya berbeda. Untuk lebih jelasnya, ada jenis-jenis  layanan paylater dilihat dari pengguna dan layanannya. 

Platform dari paylater produktif memiliki kategori khusus, antara lain:

1. Paylater untuk Konsumen

Aplikasi dari berbagai platform untuk konsumen biasa digunakan masyarakat dalam membayar cicilan dengan tenor tertentu. Pada umumnya platform terintegrasi langsung pada berbagai jenis platform baik e-commerce atau online marketplace

Paylater produktif dapat kamu temui di beberapa platform seperti Akulaku, Kredivo, Gojek dengan GoPay later, Indodana dan lain sebagainya. Kamu lebih mudah melakukan transaksi menggunakan paylater yang terhubung dalam platform tersebut.

2. Paylater untuk Bisnis

Jenis kedua adalah paylater khusus bisnis yang dapat digunakan pelaku bisnis untuk proses pengadaan. Khusus paylater bisnis pengadaan pada umumnya adalah kolaborasi antara platform fintech dan layanan SaaS. 

KlikCair, selaku salah satu peer to peer lending juga menyediakan produk paylater untuk bisnis. Paylater yang disediakan ini tentu digunakan untuk mengembangkan bisnis. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Hubungi info@klikcair.com.

Kerjasama seperti ini agar kamu dapat lebih memanfaatkan layanan mudah dan tepat. Memperoleh modal bisnis dengan cara mudah dan praktis.

3. Paylater Offline

Paylater produktif yang sekarang berkembang pesat adalah untuk ritel offline. Kamu dapat menemuinya dalam pusat perbelanjaan yang tersebar di kota-kota seluruh Indonesia. 

Sistem pembayaran menggunakan uang elektronik sistem QR. Adanya kode pindai lebih praktis untuk transaksi dimana saja. 

4. Paylater Co Branded

Selanjutnya adalah paylater co branded, yaitu layanan paylater kolaborasi dengan produk finansial. Pada umumnya paylater memiliki bentuk fisik seperti layaknya kartu kredit. Contoh paylater card kolaborasi Traveloka Paylater dan BRI.

Kemudahan buat kamu yang menggunakannya ketika traveling dan menginap di hotel, penggunaan lebih praktis. Saat berwisata membawa uang cash seperlunya, lebih aman dan penggunaan kartu sangat tepat buat kamu yang suka bepergian.

Jenis layanan seperti paylater Akulaku, hingga e-commerce seperti Shopee memang memudahkan kamu untuk melakukan banyak layanan. Semuanya tergantung kebutuhan dengan metode yang lebih cepat dalam penggunaan dan pembayaran.

Baik untuk bisnis dan konsumen, paylater memiliki kegunaan yang bernilai lebih karena keduanya bisa dibilang simbiosis mutualisme, menguntungkan satu sama lain.

Kegunaan Paylater untuk Bisnis

Dalam bisnis, paylater produktif memberikan banyak kegunaan yang signifikan. Penikmat paylater dari generasi kekinian hingga milenial bahkan gen Alpha mulai merambah menggunakannya. 

Kamu dapat cek  kegunaan dalam bidang bisnis berikut ini, yaitu:

1. Meningkatkan Penjualan

Bisnis yang marak dan tidak ada matinya adalah fashion dan kuliner. Jika kamu menyukai keduanya, akan dengan mudah mendapatkan melalui marketplace dan pilih apa yang kamu inginkan. 

Pembayaran dengan paylater tidak begitu memberatkan sebab mendapatkan barang yang diinginkan. Konsumen dimudahkan untuk memilih apa saja dan membayar dengan metode pembayaran sangat praktis.

Otomatis bisnis berkembang pesat dan penjualan meningkat tajam. Pebisnis akan mendapatkan profit berlimpah dengan keberadaan paylater.

2. Arus Kas Stabil

Kegunaan  lain untuk pebisnis adalah kas produksi aman dan lancar karena pembayaran lunas oleh penyedia dana. Kemudian pengguna paylater akan  melakukan pembayaran ke pengguna dana tersebut secara tenor atau cicilan yang sudah disepakati bersama.

3. Bisnis Terus Berjalan

Dengan pembayaran tepat dan langsung membuat bisnis tetap berjalan lancar. Ada modal untuk biaya produksi dan berbagai operasional lain.

Kemudahan dari adanya paylater produktif memberi kenyamanan buat kamu yang berbisnis secara online dan offline

Kegunaan Paylater Bagi Konsumen

Bukan hanya pelaku bisnis saja yang merasakan kegunaannya. Untuk konsumen sendiri berbagai kegunaan dapat dirasakan, antara lain:

1. Persetujuan Instan

Dapat dikatakan paylater memberikan persetujuan cepat dan verifikasi instan. Konsumen dimanjakan dengan persetujuan dengan syarat dan aturan yang tidak rumit.

2. Integrasi Antar Platform

Sebagai konsumen kamu dapat merasakan metode pembayaran mudah karena terintegrasi antar platform. Mau belanja ke marketplace manapun menjadi praktis.

3. Tenor Fleksibel

Konsumen dapat memilih tenor sesuai kemampuan sehingga tidak memberatkan. Cicilan terjangkau dan tidak menjerat konsumen.

4. Bunga Ringan

Banyak paylater memberikan bunga cukup ringan untuk konsumennya bahkan nol persen.

Kegunaan yang praktis dan cekatan mempermudah kamu untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan paylater produktif. Dalam sistem kerjanya, ada mekanisme tertentu baik dari penyedia layanan seperti Tokopedia, Traveloka atau yang lainnya.

Apa itu paylater Tokopedia, sebetulnya sama saja yaitu metode pembayaran yang memfasilitasi cicilan tanpa menggunakan kartu kredit dari Tokopedia. 

Begitu juga dengan apa itu paylater Traveloka. Secara umum merupakan metode pembayaran digital yang memungkinkan kamu membayar di kemudian hari karena akan dipenuhi dahulu oleh pihak Traveloka.

Begitu banyak layanan penyedia paylater tinggal kamu sesuaikan apa yang dibutuhkan dan mana yang paling bermanfaat untuk bisnis, kerja atau yang lainnya. Untuk menggunakannya, perlu syarat dan ketentuan yang berlaku begitu pula dengan mekanisme kerjanya.

Syarat dan Cara Kerja Pembayaran Paylater

Jika kamu menggunakan paylater produktif untuk berbagai keperluan, ada mekanisme pembayaran yang harus terpenuhi. Sebelumnya penuhi syaratnya dahulu, yaitu:

  • Umur tidak boleh kurang dari 21 tahun. Artinya harus lebih dari umur tersebut agar memenuhi persyaratan.
  • Terdapat KTP sebagai identitas diri.
  • Mau melakukan verifikasi foto selfie dengan memegang KTP.

Setelah memiliki syarat yang dibutuhkan dapat memulainya dengan cara kerja pembayaran paylater sebagai berikut:

1. Registrasi Paylater

Langkah pertama melakukan registrasi dari berbagai layanan aplikasi yang menyediakan paylater. Semua orang dapat melakukannya jika syarat yang telah tersebut sebelumnya terpenuhi.

Agar aman dan terpercaya layanannya kamu pilih penyedia layanan paylater yang terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selanjutnya daftar paylater melalui aplikasi yang telah kamu pilih dengan syarat yang telah dipenuhi.

2. Konfirmasi Aktivasi Paylater

Selanjutnya tinggal menunggu dokumen yang terverifikasi secara resmi sekitar 2 hingga 7 hari kerja. Meskipun lama, bukan masalah karena menunjukkan bahwa layanan paylater tahun 2022 dan 2023 yang kamu pilih aman dan resmi.

Untuk kelengkapan verifikasi akan ada tambahan data berupa jumlah penghasilan per bulan dan profesi yang kamu geluti. Apabila syarat terpenuhi, maka akan ada notifikasi lebih lanjut.

3. Menentukan Limit Paylater

Jika akun telah terverifikasi maka akan menentukan limit atau batas maksimal penggunaan paylater. Pinjaman dapat kamu dapatkan mulai dari 100 ribu bahkan jutaan tergantung dari batas maksimal tersebut.

Ketentuan limit akan menyesuaikan dengan jumlah penghasilan sehingga tidak memberatkan. Ada baiknya memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan agar dapat menggunakan paylater secara bijak.

4. Penggunaan Paylater

Apabila daftar telah memenuhi syarat, kamu dapat menggunakan paylater untuk berbagai transaksi. Paylater dapat untuk pembelian di berbagai marketplace, transaksi barang secara online dan pembayaran lainnya.

5. Pembayaran Tagihan Paylater

Selanjutnya saatnya kamu melakukan pembayaran cicilan paylater supaya tepat waktu dan tidak kena denda. Paylater produktif untuk transaksi kebutuhan hidup sesuai limit pinjaman yang telah disepakati.

Nanti, kamu akan mendapat tanggal jatuh tempo untuk melunasi transaksi pembayaran yang telah digunakan. Pemberitahuan bisa melalui pesan WA, email atau aplikasi. Cara membayar cicilan juga mudah saja, dapat melalui virtual akun, debet atau transfer bank.

Apabila kamu telat membayarnya, akan terkena denda dan besaran pokok yang telah disepakati bersama. Untuk itu penting banget untuk dapat mengatur keuangan sebatas kemampuan yang kamu miliki agar tidak memberatkan saat bayar cicilan.

Kelebihan Paylater

Cara daftar cukup mudah dan tidak perlu persyaratan yang merepotkan. Terdapat banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika paylater produktif. Kelebihannya antara lain:

1. Proses Instan

Proses paylater mulai dari daftar, pemakaian sampai pembayaran cicilan sangat mudah, cepat dan praktis. Semua serba instan dan memudahkan kamu dalam melakukan berbagai transaksi keuangan, baik melalui marketplace atau toko offline

Jika kamu membutuhkan dana mendesak, paylater adalah solusi cepat dan praktis untuk menanganinya. Penggunaan cepat sangat memudahkan kamu dalam memenuhi kebutuhan hidup.

2. Transaksi Kredit Paling Populer

Kelebihan berikutnya dengan adanya paylater produktif adalah dapat melakukan transaksi kredit populer, menarik dan kekinian secara praktis. Menarik karena syaratnya sangat mudah dan anti ribet. 

Penggunaan tidak membutuhkan kartu cukup HP untuk menikmati pelayanannya. Pinjaman yang diberikan lumayan tinggi bahkan ada yang mencapai 50 juta. Besaran puluhan juta dengan syarat dan ketentuan berlaku.

3. Syarat Mudah

Syarat paylater tidak membutuhkan aset berupa BPKB atau sertifikat tanah yang tidak semua orang memiliki. Kamu hanya membutuhkan KTP dan mau foto bersama KTP untuk melakukan verifikasi data saat daftar paylater. Dengan syarat mudah semua orang dapat daftar paylater.

4. Tenor Bervariasi

Cicilan pembayaran paylater fleksibel dan bervariasi dan dapat kamu sesuaikan kebutuhan.  Pelunasan tagihan ada yang mingguan atau bulanan, tergantung pilihan. Untuk melakukan pembayaran cukup mudah dapat melalui HP langsung sehingga tidak ribet.

5. Banyak Promo

Kelebihan berikutnya bagi paylater produktif adanya promo menarik saat tertentu. Promo semakin memikat pengguna paylater karena adanya diskon, cashback dan lain sebagainya.

Berbagai jenis kredit produktif dan contohnya memberikan keleluasaan kamu untuk melakukan transaksi. Kelebihan di atas memang memukau tak mengherankan jika paylater menjadi sistem kredit yang diminati banyak orang.

Kelemahan Paylater

Setiap kelebihan akan diikuti dengan kelemahan. Begitu pula paylater dengan beberapa kelemahan yang harus menjadi perhatian sekaligus pengingat, yaitu:

1. Boros

Kredit konsumtif menimbulkan sifat boros yang tidak mudah ditanggulangi. Dengan kepemilikan paylater, kamu bisa boros karena membeli bukan berdasar kebutuhan tapi karena keinginan. Pembayaran yang sangat mudah memicu sifat boros dalam transaksi apapun.

2. Banyak Utang

Paylater salah satu sistem utang secara kredit. Mekanisme dengan membayar bunga membuat utang menumpuk jika tidak bijak dalam bertransaksi.

3. Impulsive Buying

Jika kamu kategori yang suka beli barang kurang penting, akan menimbulkan impulsive buying. Membeli sesuatu karena keputusan yang tidak rasional dan barang yang terbeli akan nganggur tidak terpakai.

4. Denda

Jika cicilan tidak dibayarkan tepat waktu, akan mendapat denda yang memberatkan. Denda akan menambah pengeluaran dan tentu saja pemborosan dana.

5. Penyalahgunaan Data

Saat mendaftar membutuhkan KTP dan foto selfie dengan KTP. Rekam media maya seperti ini dapat menimbulkan kebocoran data pribadi hingga penyalahgunaan data. 

Transaksi terbaik memang harus melihat kemampuan diri sendiri begitu pula saat menggunakan paylater Lazada. Paylater Lazada adalah sistem pembayaran dengan sistem pembayaran tempo yang disediakan oleh Lazada. 

Penggunaannya sama saja dengan paylater lain dengan syarat yang hampir mirip. Transaksi tidak boros dan pembayaran cicilan tidak memberatkan apabila sesuai kemampuan dan penghasilan.

Tips Agar Tidak Boros Menggunakan Paylater

Paylater menimbulkan perilaku boros, tapi semuanya kembali ke masing-masing pribadi. Agar tidak boros simak tips berikut ini:

1. Pahami Aturan

Tips pertama memahami aturan yang berlaku pada penyedia layanan paylater agar sesuai ketentuan. Pemahaman yang baik dan teliti supaya tidak ada yang terlewat dan tidak merugikan kamu.

2. Pinjam Sesuai Kebutuhan

Paylater produktif harus memutuskan untuk meminjam sesuai kebutuhan. Arti sesuai kebutuhan tidak memberatkan kamu untuk membayar cicilan di kemudian hari. Jika nominal pinjaman sesuai kebutuhan dapat menekan perilaku boros.

3. Bayar Cicilan Sebelum Jatuh Tempo

Belajar disiplin dalam membayar cicilan agar tidak terkena denda yang akan memberatkan kamu. Lebih baik membayar cicilan sebelum jatuh tempo atau saat jatuh tempo.

4. Tahan Diri

Langkah selanjutnya adalah menahan diri untuk tidak terlalu boros. Membeli barang kebutuhan yang penting dan memang dibutuhkan saja. Bertransaksi secukupnya akan membuat kamu terhindar dari lilitan utang.

5. Daftar Paylater di Satu Layanan Saja

Agar tidak boros dalam membayar cicilan, sebaiknya kamu menggunakan paylater di salah satu lembaga layanan saja. Jika ikut banyak, kamu akan kesulitan dalam membayar cicilan dan hidup tidak akan tenang karena dikejar tagihan.

Dengan tips cerdas maka pengguna paylater dapat memaksimalkan paylater sesuai keperluan saja. Kemudahannya memang dapat membantu saat kebutuhan mendesak.

Setiap jasa layanan keuangan ada kelebihan, kekurangan dan kegunaan yang memiliki porsinya masing-masing. Jika kurang pandai menggunakan, dapat boros dan berpengaruh pada keadaan finansial. Begitu pula paylater produktif, jika digunakan dengan baik dan sesuai kemampuan akan memberi lebih banyak manfaat. Selain itu penggunaan secara bijak akan menciptakan kehidupan kondusif sesuai keadaan finansial masing-masing.

Mungkin Anda juga menyukai