6 Cara Mengelola Uang Bulanan yang Baik

Cara Mengelola Uang Bulanan yang Baik
6 Cara Mengelola Uang Bulanan yang Baik. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 4 menit

Mengelola uang bulanan yang baik perlu dilakukan agar kamu tidak menghadapi masalah keuangan di masa yang akan datang. Namun, dalam mengelola keuangan di zaman yang serba online seperti sekarang ini tidaklah mudah. Banyak godaan seperti belanja, jajan, hingga beli cash untuk game online.

Selain itu, faktor yang mengagalkan kamu mengelola keuangan bulanan yang baik ialah terlalu banyak mengeluarkan uang untuk memenuhi gaya hidup. Lebih parahnya lagi, kamu terjebak banyak utang di berbagai tempat. Akibatnya, setiap bulan uang gajian bulananmu sebagian besar terpaksa habis untuk membayar utang.

Kondisi itu sangat membahayakan keuanganmu. Maka dari itu, lebih baik kamu segera menyadari beberapa kesalahan dalam mengelola keuangan sebelum terlanjut tenggelam ke dalam pola keuangan yang tidak sehat.

Mengelola Uang Bulanan yang Baik

Gaji besar
Mengelola uang dengan baik. Photo by Pixabay

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuanganmu dengan baik. Berikut ini 7 cara yang perlu dipahami agar keuanganmu bisa terkelola dengan baik.

Baca juga: 5 Spending Habits yang Bikin Keuangan Sehat

  • Lakukan evaluasi sederhana
Lakukan evaluasi
Lakukan evaluasi keuangan setiap bulan. Photo by Rawpixel

Gaji bulanan sudah tentu digunakan untuk memenuhi kebutuhan bulanan di mana kebutuhan bulanan memang terkadang penuh kejutan. Bisa saja dalam satu bulan kamu sudah kehabisan uang di awal bulan.

Jika kondisi itu terjadi terus-terusan, maka kamu wajib waspada. Sebab, hal ini menandakan kamu mengalami krisis keuangan yang parah.

Agar terhindar dari kondisi itu, sebaiknya lakukan evaluasi sederhana. Tulis apa saja cicilan atau utang yang wajib dibayarkan setiap bulannya. Jangan lupa juga untuk mencatat berapa kebutuhan hidup yang harus dicukupi selama sebulan.

  • Stop berutang
Saat memutuskan resign, jangan berhutang.
Stop berutang. Photo by Pexels

Saat awal bulan kamu menghabiskan sebagian penghasilanmu untuk membayar utang. Hal itu tentu menunjukkan kamu ada masalah keuangan. Waspadalah TemanKlik!

Agar terhindar dari kondisi seperti itu, segera stop berutang lagi. Mulai perbanyak bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki. Dan perlahan tapi pasti, kurangi pengeluaran yang tidak perlu. Pikirkan matang-matang sebelum membeli barang namun uangnya belum cukup. Lebih baik ditahan dulu, daripada utangmu bertambah.

  • Hindari penggunaan kartu kredit sebagai solusi saat gaji kurang
Pertimbangkan kartu kredit
Pertimbangkan penggunaan kartu kredit. Photo by Energepic

Kartu kredit juga menjadi salah satu penyebab keuanganmu berantakan jika tidak digunakan dengan bijak. Apalagi sampai menganggap bahwa kartu kredit merupakan solusi saat gaji bulananmu masih kurang. Jika kamu masih menerapkan pola pikir seperti itu, maka risikonya tagihan kartu kredit bisa menumpuk, kamu mengalami gagal bayar, dan berimbas pada BI checking score di bank.

Nah, agar terhindar dari hal tersebut segera perbaiki mindsetmu terkait kartu kredit. Pahami bahwa kartu kredit itu fasilitas dari bank yang dapat memudahkan hidupmu jika digunakan dengan bijak. Maka dari itu, gunakan kartu kredit untuk dapat diskon, promo, hingga cashback.

  • Pertimbangkan manfaat barang saat akan membelinya
miliki barang yang sesuai dengan kebutuhanmu.
Beli dan miliki barang yang sesuai dengan kebutuhanmu. Photo by @charlesdeluvio

Saat kamu ingin membeli suatu barang, pertimbangkan dulu manfaat barang tersebut. Contohnya, saat kamu ingin beli sepatu coba pikirkan terlebih dahulu apakah kamu butuh untuk membeli sepatu baru atau hanya ingin bergaya saja. Selanjutnya, periksa apakah harga sepatu itu membebanimu atau tidak.

Penting bagi kamu untuk mengetahui mana yang kebutuhan dan keinginan. Sebab, hal itu dapat menentukan kondisi keuanganmu di masa yang akan datang.

  • Siapkan dana darurat
Perbanyak nominal
Siapkan dana darurat. Photo by Pixabay

Dana darurat merupakan dana yang dikumpulkan guna menghadapi kondisi atau musibah yang terjadi mendadak. Dengan adanya dana darurat, kamu bisa lebih siap menghadapi segala kondisi yang akan terjadi di masa yang akan datang.

  • Jangan lupa menabung dan berinvestasi
Tips hemat untuk ibu rumah tangga.
Mulai menabung. Photo by Pexels

Jika kondisi keuanganmu perlahan sudah mulai bangkit, usahakan untuk menabung dan berinvestasi. Besarannya bisa sesukamu asal konsisten. Dan saat ingin berinvestasi, harap dipelajari terlebih dahulu jenis investasi yang akan kamu ambil. Hal itu dilakukan agar investasimu bisa menghasilkan.

Baca juga: Jangan Salah! Ini 4 Perbedaan Tabungan dan Investasi Yang Perlu Kamu Tahu

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola uang bulanan yang baik. Silakan dipahami dan dipelajari, lalu terapkan ya TemanKlik!


Bagikan: