4 Cara Mengatasi Inflasi Paling Ampuh yang Sering Diterapkan

Seorang sedang memperhatikan inflasi
4 Cara Mengatasi Inflasi Paling Ampuh yang Sering Diterapkan. Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Apakah inflasi itu pertanda buruk untuk sebuah perekonomian negara? Jika dilihat banyaknya cara mengatasi inflasi, ini hal yang cukup buruk. Karena ada cara yang harus dilakukan untuk mengatasi, maka inflasi terdengar buruk. Akan tetapi, ada baiknya lho. Dengan catatan inflasi terkendali. Ketika harga terus naik, orang akan terdorong untuk melakukan spending atau transaksi. Mereka tidak ingin terlalu banyak menyimpan uang di tabungan karena mereka tahu nilai uang terus menurun akibat inflasi.

Jadi, apakah itu artinya inflasi baik? Tentu saja tidak pasti. Inflasi bisa baik jika terkendali. Sayangnya, ada beberapa kasus di sebuah negara di mana inflasi naik drastis tanpa ada kendali. Akibatnya, masyarakat panik. Mereka mulai mengambil uang di bank. Bukan untuk dibelanjakan tapi untuk disimpan dengan cara yang lain seperti di investasi. Tingkat konsumsi menurun dan akibatnya krisis ekonomi bisa terjadi.

Hal itulah yang perlu diantisipasi. Jadi, cara mengatasi inflasi itu sebenarnya lebih kepada bagaimana cara agar inflasi terkontrol. Lalu, pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengontrol inflasi?

Baca juga: Belajar Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Milenial yang Sudah Berkeluarga

4 Cara Jitu Mengatasi Inflasi 

Inflasi
Cara jitu atasi inflasi. Photo by Pixabay

Setidaknya ada 4 cara ampuh untuk mengatasi inflasi, yaitu:

  1. Menentukan Kebijakan Moneter yang Tepat

Untuk mengatasi inflasi, langkah yang satu ini yang paling sering dilakukan pertama kali. Yaitu mengeluarkan kebijakan moneter. Pada intinya, ini sebuah kebijakan untuk mengontrol peredaran untuk di masyarakat. Ini cara yang memang tidak mengenakkan tapi sangat efektif untuk mengontrol inflasi. Bisa dikatakan ini cara pemerintah dalam melakukan intervensi untuk mengendalikan inflasi yang naik begitu signifikan dan terus menerus naik hingga waktu yang tak bisa diprediksi.

  1. Menentukan Kebijakan Fiskal

Cara mengatasi inflasi yang kedua adalah mengeluarkan kebijakan fiskal. Apa itu kebijakan fiskal? Ini adalah kebijakan pengeluaran pemerintah. Menurut teori ekonomi, ketika pemerintah mampu melakukan spending di saat terjadinya inflasi, maka inflasi bisa dikontrol dengan sangat mudah. 

  1. Menaikkan Pajak

Coba kamu bayangkan. Bagaimana jika kamu harus membeli barang dengan pajak yang tinggi? Ada ketidakinginan untuk melakukan transaksi, bukan? Pasalnya, kamu harus membayar pajak yang tinggi. 

Apa akibatnya? Kamu dan masyarakat lain pun akan mulai mengurangi pengeluaran. Uang yang beredar di masyarakat akan berkurang.

Hanya saja, kenaikan pajak ini tidak pasti bisa mengontrol inflasi. Ini tergantung pada jenis pajak apa yang dinaikkan. Dalam hal ini, pemerintah harus jeli ketika menerapkan kebijakan yang satu ini.

  1. Mengurangi Pengeluaran 

Pemerintah memang harus melakukan spending atau pengeluaran. Hanya saja, jika pengeluaran terlalu banyak apalagi untuk hal yang tidak esensial, maka inflasi bisa terjadi. Bahkan, inflasi ini susah untuk dikendalikan.

Untuk itu, pemerintah harus jeli dalam melakukan spending. Pengeluaran harus ditekan jika ternyata pengeluaran itu terlalu tinggi dan disinyalir menjadi penyebab inflasi.

4 cara tersebutlah yang paling sering dilakukan oleh pemerintah untuk mengontrol inflasi. Pada intinya, inflasi itu hal yang tidak bisa terelakkan. Yang perlu dilakukan adalah bagaimana inflasi bisa dikontrol sehingga perekonomian bisa berjalan dengan baik. Dan 4 cara mengatasi inflasi tersebut di atas yang bisa diterapkan untuk mengontrol inflasi yang mulai terjadi begitu drastis.

Mungkin Anda juga menyukai