Begini Cara Bijak Menggunakan PayLater

cara bijak menggunakan PayLater
Begini Cara Bijak Menggunakan PayLater. Photo by @priscilladupreez
Waktu baca: 4 menit

PayLater adalah salah satu metode pembayaran yang menggunakan sistem cicilan. Jenis pembayaran ini sepertinya sudah familiar di telinga masyarakat khususnya yang suka berbelanja online. Namun penting untuk tahu cara bijak menggunakan PayLater.

Hal ini dikarenakan karena sistem cicilan yang dibayar per bulan membuat sebagian orang jadi berbelanja sesuka hatinya. Tentu hal tersebut akan membuat tagihan semakin menggunung oleh karena itu diperlukan sikap bijak dalam berbelanja di online shop.

Apa Itu Metode Pembayaran PayLater?

Sebelum mengetahui bagaimana cara bijak agar penggunaan paylater produktif, penting untuk tahu apa yang dimaksud dengan sistem pembayaran PayLater. Di zaman yang semakin canggih semua aktivitas dapat dilakukan secara digital termasuk jika ingin membeli barang.

Salah satunya adalah sistem pembayaran PayLater, “pay” sendiri artinya adalah bayar dan

“later” adalah nanti. Jadi mudahnya PayLater adalah sistem pembayaran berupa angsuran tanpa menggunakan kartu kredit.

Misalnya kamu membeli barang lewat marketplace, dengan menggunakan PayLater maka perusahaan akan lebih dulu menalangi pembayaran baru kamu membayarnya dengan sistem cicilan.

Mengapa banyak orang yang tertarik dengan sistem pembayaran ini? Hal ini karena terkadang marketplace akan memberikan diskon atau promo jika menggunakan sistem pembayaran PayLater tentu semua orang akan tertarik bukan?

Adapun di Indonesia sendiri sistem pembayaran ini tidak hanya digunakan oleh marketplace saja akan tetapi juga oleh Bank, Fintech P2P Lending, dan lain sebagainya. Marketplace yang menerapkan sistem pembayaran ini jelas harus bekerjasama dengan pihak OJK agar aman.

Bagaimana Cara Bijak dalam Menggunakan PayLater

Angsuran per bulan yang murah serta berpotensi mendapatkan promo atau diskon membuat banyak orang ingin menggunakan sistem pembayaran “bayar nanti” ini. Salah satu akibatnya adalah munculnya perilaku konsumtif. Lalu bagaimana cara bijak menggunakan PayLater?

1. Memperhatikan Legalitas

Hal pertama dan yang paling utama sebelum berbelanja di marketplace adalah memperhatikan perusahaan atau toko tersebut. Apakah marketplace tersebut sudah bekerjasama dengan pihak OJK untuk menerapkan metode pembayaran ini?

Memperhatikan legalitas sebuah perusahaan itu sangat penting agar hutang terjamin serta tidak ada pihak yang dirugikan. Di luar sana ada banyak layanan yang menggunakan sistem PayLater akan tetapi tidak diawasi oleh OJK alias ilegal, jadi kamu harus berhati-hati.

2. Memahami Kemampuan Membayar

Cara bijak menggunakan PayLater Shopee adalah dengan memahami kemampuan dalam membayar angsuran setiap bulan. Tidak akan terjadi masalah apabila kamu memang mampu membayarnya dan selama tidak ada hutang lainnya.

Pastikan juga bahwa kamu bisa membayarnya tepat waktu karena ada aturannya sendiri setiap perusahaan. Apabila kamu tidak mampu membayar khawatirnya lupa untuk melunasi angsuran di PayLater karena membayar angsuran lain.

Selain itu kamu juga bisa membeli barang sesuai dengan kemampuan saja, cari yang murah atau sedang promo. Hal ini bisa menjadi solusi apabila kamu juga masih harus membayar angsuran lain tetapi ingin belanja online.

3. Menggunakannya Hanya Saat Kondisi Darurat Saja

Cara bijak menggunakan PayLater yang berikutnya adalah menggunakannya hanya untuk kondisi darurat saja. Misalnya ada barang yang rusak dan kamu tidak memiliki dana darurat untuk membeli barang baru, PayLater bisa menjadi solusi terbaik.

Akan tetapi setelah itu, penting untuk menyiapkan dana darurat agar bisa digunakan di saat butuh sehingga tidak perlu lagi berhutang di PayLater. Memiliki hutang bagi sebagian orang itu dapat menjadi sebuah beban.

Apa Kerugian Menggunakan PayLater?

Setelah mengetahui bagaimana cara bijak dalam menggunakan metode pembayaran PayLater berikut ini ada beberapa kerugian yang penting untuk diketahui. 

Walaupun memberikan kemudahan dalam membayar, Apakah paylater itu aman? Ini dia beberapa kerugiannya.

1. Membangun Kebiasaan Berhutang

Bisa ambil contoh apabila berbelanja di marketplace dengan metode pembayaran PayLater, hal itu bisa menimbulkan perasaan ketagihan. Belum lagi banyaknya promo yang tersedia, kebiasaan berhutang akan muncul.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada kondisi keuanganmu apabila tidak bisa mengontrol diri. Oleh karena itu cara bijak menggunakan PayLater adalah dengan mengontrol diri untuk membeli barang sesuai kebutuhan saja bukan keinginan semata.

2. Resiko Keamanan Data

Apa kerugian menggunakan paylater? Kedua mengenai keamanan datamu, salah satu syarat untuk menggunakan layanan PayLater adalah mengirim foto KTP. Walaupun marketplacenya memang tampak terpercaya, tetapi tetap saja resiko terjadinya kebocoran data lebih besar.

3. Bunga yang Tinggi

Terkadang ada perusahaan yang memberikan bunga tinggi di setiap angsuran kepada pelanggannya. Walaupun sistemnya hampir sama dengan penggunaan kartu kredit akan tetapi perbedaannya terletak di jumlah tagihan akhir yang harus dibayarkan bersama bunganya.

Apa Keuntungan dari PayLater?

Setelah membahas tentang apa saja kerugian yang bisa terjadi saat menggunakan metode pembayaran PayLater, berikutnya adalah keuntungannya. Walaupun ada banyak keuntungan akan tetapi kamu bisa tetap menerapkan cara bijak menggunakan PayLater di atas.

1. Mudah Digunakan

Apa keuntungan dari paylater? Pertama adalah mudah digunakan karena persyaratannya juga tidak rumit yaitu hanya membutuhkan foto KTP dan foto selfie penggunanya. Kemudian setelah aktif maka bisa langsung belanja dengan PayLater.

2. Mudah Untuk Dikontrol

Selain pendaftarannya yang tidak sulit, keuntungan berikutnya adalah PayLater sangat mudah dikontrol. Misalnya menggunakan GoPayLater terdapat sebuah fitur bernama Pick Your Limit yang fungsinya untuk mengurangi atau menambahkan jumlah limit sesuai keuanganmu.

3. Transparan

Terakhir adalah GoPay Later bersifat transparan tanpa biaya tambahan lainnya. Bahkan bagi pengguna baru bisa memanfaatkan promo gratis sebagai biaya langganan di bulan pertama pemakaian.

Apakah PayLater Itu Aman?

Apa resiko mengaktifkan Shopee paylater? Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh calon konsumen yang ragu-ragu menggunakan layanan PayLater. 

PayLater itu aman karena data-datamu akan dijaga kerahasiaannya dan perusahaan tersebut juga sudah diawasi langsung oleh OJK.

Contohnya adalah GoPay Later by Findaya yang sudah terdaftar di OJK. Adapun untuk persyaratan berupa KTP itu diperlukan agar tidak terjadi penipuan. 

Tetapi walaupun aman jangan sampai kebablasan belanja, kamu dapat menerapkan cara bijak menggunakan PayLater.

Bagaimana Cara Menggunakan PayLater

Layanan PayLater ini juga tersedia di marketplace Shopee bernama SpayLater. Akan tetapi masih banyak pengguna yang bingung tentang bagaimana cara menggunakan layanan ini. 

Bagaimana cara menggunakan paylater? Kamu dapat menerapkan langkah-langkahnya berikut:

1. Cara Membayar dengan SpayLater

  • Setelah check out akan muncul menu metode pembayaran kemudian pilih SpayLater lalu konfirmasi dan pilih buat pesanan.
  • Tahapan berikutnya adalah kamu akan diminta untuk memasukkan nomor PIN SpayLater
  • Perlu diperhatikan bahwa layanan SpayLater di bawah 50 ribu tidak bisa digunakan, jadi kamu bisa menggunakan metode pembayaran lainnya

2. Pembayaran Sebagian dengan SpayLater

  • Masuk ke metode pembayaran
  • Pilih menu SpayLater
  • Klik tulisan konfirmasi
  • Pilih menu buat pesanan
  • Pilih menu opsi pembayaran tambahan
  • Lakukan sisa pembayaran

3. Apakah SpayLater Ada Bunga?

SpayLater tetap memberikan bunga kepada peminjamnya, akan tetapi bunganya sangat rendah dan bisa dicicil selama 3 sampai 12 bulan.Mengetahui cara bijak menggunakan PayLater akan melindungimu dari perilaku konsumtif apalagi dengan banyaknya promo yang disediakan. Oleh karena itu gunakan PayLater saat darurat saja.

Mungkin Anda juga menyukai