Ini 4 Kebiasaan yang Bikin Mobilmu Boros Bahan Bakar

Kebiasaan bikin boros bahan bakar.
Waktu baca: 2 menit

Jika memiliki mobil, sudah pasti kamu harus siap untuk mengeluarkan biaya yang lebih daripada orang yang memiliki motor. Hal itu dikarenakan mobil jauh lebih banyak mengonsumsi bahan bakar dan biaya perawatan yang terbilang lebih mahal daripada motor.

Biaya bahan bakar juga bisa bertambah jika kamu melakukan beberapa kebiasaan yang tanpa disadari malah membuatmu boros bahan bakar. Maka dari itu, untuk menghemat pengeluaranmu, kamu harus menghindari kebiasaan yang tanpa disadari membuat bahan bakar mobilmu boros.

Berikut beberapa kebiasaan yang bikin boros bahan bakar.

Mengemudi terlalu cepat

Mengemudi mobil terlalu cepat.
Mengemudi mobil terlalu cepat bikin boros bahan bakar. Photo by Pixabay

Mengemudikan mobil terlalu cepat menjadi salah satu faktor yang bisa menghabiskan bahan bakar. Maka dari itu, untuk lebih menghemat bahan bakar mobilmu, kamu bisa lakukan akselerasi secara perlahan dan bisa mendapatkan kecepatan yang pas.

Mengemudi terlalu lambat

Mengemudi terlalu lambat.
Mengemudi terlalu lambat. Photo by Pexels

Jika mengemudi terlalu cepat membuat mobilmu boros bahan bakar, begitu pula saat kamu mengemudi terlalu lambat. Berkendara di bawah kecepatan optimal artinya mesin juga perlu mengeluarkan banyak usaha dan menyebabkan mobil bergerak tidak mencapai batas maksimal.

Sering melakukan perjalanan singkat

Berkendara terlalu singkat juga menyebabkan boros bahan bakar lho
Berkendara terlalu singkat. Photo by Pexels

Memang perjalanan singkat menggunakan mobil itu bisa dikatakan lebih banyak memakan bahan bakar. Hal itu dikarenakan mesin mobil bekerja tidak efisien. Saat melakukan perjalanan dalam jarak pendek, awalnya mesin kendaraan hangat. Lalu berhenti dan membiarkannya menjadi dingin. Setelah itu, pergi lagi. Hal itu sangat tidak efisien untuk mesin mobil.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggabungkan perjalanan agar jadi lebih lama dan mempertahankan agar setiap pemberhentian cukup singkat agar mesin tidak mendingin.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Mobil Baru

Menunda perawatan kendaraan

Telat melakukan perawatan mobil.
Telat melakukan perawatan mobil. Photo by @marcsteenbeke

Perawatan kendaraan sangat mempengaruhi seberapa banyak bahan bakar yang dikonsumsi. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu jangan menunda-nunda perawatan kendaraanmu. Jika kamu menunda, bisa jadi salah satu bagian mesin mobil mengalami kerusakan dan malah bisa membuat konsumsi bahan bakarmu bertambah.

Contohnya, saat filter bahan bakar kotor atau filter udara tersumbat, maka penggunaan bahan bakar mobil tidak efisien.

Baca juga: Tips dan Cara Perpanjang STNK Tahunan Kendaraan Bermotor

Untuk menghemat bahan bakar kendaraan, sebenarnya harus dimulai dengan kesadaran dari si pemilik mobil. Terapkan teknik mengemudi yang tepat serta lakukan perawatan dengan baik dan benar terhadap kendaraan. Dengan begitu, kamu bisa lebih terbantu untuk menghemat pengeluaran bahan bakar.

You may also like...

Leave a Reply