Rahasia Menjadi Host TikTok Sukses yang Mampu Menjual Produk Apa Saja

Rahasia Menjadi Host TikTok Sukses yang Mampu Menjual Produk Apa Saja
Rahasia Menjadi Host TikTok Sukses yang Mampu Menjual Produk Apa Saja. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Ingin menjadi host TikTok sukses? Kamu perlu mengetahui strateginya sebelum melakukan live streaming.

Strategi ini penting untuk direncanakan sejak awal. Tanpa strategi, sesi live yang kamu lakukan akan terkendala. Bahkan, kegiatan ini tidak dapat menarik minat viewer. Apalagi sampai meraih cuan.

Berbeda jika memiliki strategi. Kamu dapat menjadi host TikTok sukses meskipun mengawalinya dari nol atau pemula. Nah, mau tahu strateginya? Berikut ini rahasia sukses TikToker.

Baca juga: Cara Sederhana Mengatasi Mager Berlebihan Supaya Kembali Produktif

7 Langkah Jadi Host TikTok Sukses

Sebelum live TikTok, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan supaya membuahkan hasil. Berikut ini strateginya:

1. Kenali Waktu yang Tepat untuk Live

Mengadakan sesi live di waktu yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan. Ini harusnya dipahami oleh setiap pengguna.

Ingat, tidak semua waktu bisa dimaksimalkan untuk live. Pasalnya, ada beberapa waktu khusus yang mana menunjukkan aktifnya pengguna atau pemilik akun.

Ketika melakukan live saat pengguna sedang aktif-aktifnya, tentunya viewer akan lebih mudah dijaring. Seseorang yang melakukannya pun lebih mudah dalam berinteraksi hingga menawarkan produknya.

Lantas, kapan waktu yang tepat? Melansir dari berbagai sumber, waktu yang terbaik untuk live di TikTok adalah di hari Senin-Jumat. Tepatnya mulai pukul 9-11 pagi hari.

Sementara untuk waktu malam, ini dimulai setelah pukul 19:00 WIB. Karena, ini menjadi waktu di mana aktivitas pekerjaan telah selesai dilakukan.

2. Siapkan Tempat dan Peralatan

Viewer akan merasa nyaman ketika bisa melihat live stream yang rapi dan bersih. Begitu pula, kualitas video yang disajikan dapat dilihat dengan jelas.

Artinya, kedua hal ini sangat penting bagi seseorang yang hendak mengadakan live streaming. Tentunya, ini bisa dilakukan dengan memilih tempat yang tepat serta membekali diri dengan peralatan yang mumpuni.

Sebagai streamer, tempatnya harus ditentukan terlebih dahulu. Kemudian, ditata serapi mungkin serta diatur pencahayaannya dengan maksimal. Dengan begitu, kualitas gambar yang tampil akan semakin baik.

Sama halnya dengan peralatan. Kamera hingga mic terbaik sebaiknya disediakan. Karena, ini menunjang pada kegiatan live.

3. Rencanakan Sesi Live

Host live sukses akan selalu merencanakan seperti apa kegiatan yang hendak dilakukannya. Ini direncanakan sejak awal. Bahkan, melakukan sesi uji coba untuk mendapatkan sesi live yang dirasa sempurna.

Seluruh aktivitas yang akan dilakukan telah direncanakan. Misalnya dimulai dari menyapa, bercerita, menunjukkan kelebihan produk serta mempromosikannya.

Kemudian, merencanakan tentang durasi live juga amat penting. Setidaknya, ini dilakukan sebagai tahapan untuk menarik minat beli dari viewer.

Semuanya telah direncana sehingga tidak ada kebingungan di tengah acara. Dengan begitu, sesi live ini lebih lancar dan terlihat lebih cair dan profesional.

4. Buat Judul Live yang Menarik

Host live akan mendapatkan perhatian ketika judul livenya menarik. Tentunya, judul harusnya bisa menarik perhatian dan mencerminkan isi konten yang hendak dibagikan.

Selain membuat judul, manfaatkan pula hashtag populer. Ini dilakukan untuk memudahkan orang dalam menemukan kamu. 

Di samping itu, jangan lupa untuk menempatkan cover photo yang menarik. Setidaknya, audiens dapat mengingat profilmu dengan baik.

5. Berpenampilan yang Menarik

Dandan sebelum mulai live agar penampilanmu menarik.
Dandan sebelum mulai live agar penampilanmu menarik. Photo by Pexels

Penampilan juga menjadi penunjang untuk host TikTok sukses. Pasalnya, penampilan dari seorang host akan selalu dicermati oleh audiens.

Kebanyakan, audiens akan merasa sedang menikmati tayangan yang spesial lantaran hostnya berpenampilan menarik. Tentunya, ini bisa berkaitan dengan pakaian yang lebih rapi.

Pakaian rapi ini juga memberikan gambaran jika host ini memiliki wawasan yang luas. Makanya, tidak salah bila audiens akan semakin betah berada di sesi live yang kamu adakan.

6. Bangun Interaksi

Rahasia kesuksesan live di TikTok adalah membangun interaksi dua arah. Ini penting dilakukan untuk membangun keakraban.

Selain itu, interaksi ini memungkinkan audiens dapat bertanya sesuatu terkait apa yang mengganjal di pikirannya. Tentunya, ini juga menjadi kesempatan bagi host untuk memperkaya isi konten dalam sesi tersebut.

Untuk menciptakan interaksi, kamu perlu memberikan waktu pada audiens. Waktu ini diberikan setelah kamu menyajikan informasi yang direncanakan.

Semakin banyak interaksi di dalamnya, host akan dipandang lebih bersahabat. Selain itu, host juga dinilai lebih kredibel dalam mengajak orang untuk membeli produk atau semacamnya.

7. Spill Produk dan Terapkan Call To Action

Rahasia sukses selanjutnya adalah spill produk. Di sini, host bisa menyajikan informasi terkait produk yang hendak dijual.

Host bisa menunjukkan sisi kelebihan produk tersebut kepada audiens. Tentunya, menunjukkan nilai tambah dibandingkan dengan produk lainnya.

Setelah menunjukkan produknya, jangan lupa untuk menyisipkan CTA di dalamnya. Tunjukkan bagaimana cara audiens untuk check out produknya.

Selain itu, host juga bisa membagikan tentang jadwal live di hari berikutnya. Khususnya bagi audiens yang mungkin tidak mendapatkan produk di sesi tersebut.

Begitu pula, minta pula untuk mengunjungi situs web (jika memilikinya) atau pun minta audiens untuk follow akun media sosial host. Harapannya agar audiens tidak ketinggalan informasi ke depannya.

Itulah beberapa rahasia menjadi host TikTok sukses yang dapat dipraktikkan. Mulailah dengan mempersiapkan tempat dan peralatan, kemudian rencanakan setiap sesi live dengan baik. Setelah itu, mulai adakan live dan jalin interaksi dengan audiens agar sesi ini berjalan lebih lancar.

Mungkin Anda juga menyukai