Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog

Menghasilkan uang lewat blog
Waktu baca: 5 menit

Beberapa tahun belakangan, banyak orang tertarik untuk menekuni dunia blogging. Salah satu alasan yang melatarbelakanginya adalah meraup penghasilan. Tidak dipungkiri, dunia blogging memang cukup menarik untuk digeluti. Terlebih saat ini, tidak bisa menulis bukanlah sebuah masalah. Sebab, sudah banyak jasa content writer yang dengan senang hati membuatkan artikel sesuai dengan keinginan konsumennya. Namun tetap saja, cara menghasilkan uang dari blog terbilang cukup rumit untuk orang awam. Untuk itu, kamu harus tahu caranya, seperti di bawah ini:

Bagaimana Cara untuk Menghasilkan Uang dari Blog?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sering diajukan oleh banyak orang. Untuk menghasilkan uang dari blog, langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu saja membuat blog-nya terlebih dahulu. Setelah itu, isi blog dengan hal-hal yang bermanfaat untuk banyak orang, buatlah diri kamu dekat dengan pembaca, setelah itu barulah blog bisa menghasilkan uang.

Jika membaca penjelasan di atas mungkin terdengar sangat mudah. Akan tetapi tiap prosesnya membutuhkan waktu yang tidak terbatas. Hal ini bergantung pada bagaimana Anda mengelola blog tersebut. Ayo, kita kupas lebih dalam lagi cara menghasilkan uang dari blog.

Membuat Sebuah Blog

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, untuk menghasilkan uang dari blog kita harus memiliki blog terlebih dahulu. Meski poinnya cukup jelas, tampaknya langkah pertama ini cukup membuat beberapa orang memutar otak. Padahal membuat blog, tidaklah sesulit yang kamu kira saat sudah menjalaninya.

  • Kamu harus memiliki platform terlebih dahulu. Ada banyak pilihan platform blog yang bisa dipilih, salah satunya adalah WordPress. Platform ini adalah yang paling populer dan banyak dipilih oleh blogger pemula karena beberapa alasan, seperti penggunaannya gratis, sistem keamanannya baik, mudah digunakan dan dapat bisa menggunakan berbagai tema.
  • Buatlah nama domain dan hosting yang sesuai dengan blog yang akan dibuat. Domain di sini adalah alamat blog kamu. Alamat ini akan dibutuhkan orang saat mencari blog kamu di search engine. Tiap blog memiliki domain yang berbeda, karena tidak mungkin satu rumah memiliki alamat yang sama bukan? Untuk itu, kamu harus menentukan domain yang kreatif. Namun pastikan domain tersebut sesuai dengan konten yang akan kamu angkat di blog.
  • Atur konfigurasi blog kamu. Bila ini merupakan pengalaman pertama kamu dalam membuat blog, mungkin kamu akan kebingungan saat melewati proses ini. Namun saat ini sudah banyak sekali tutorial yang tersedia sehingga kamu tidak usah khawatir.
  • Hias blog kamu dengan desain yang indah. Tidak hanya indah, blog kamu juga harus memiliki desain yang membuat orang nyaman berlama-lama di blog Anda. Sebab, kesan pertama sangat penting untuk sebuah blog. Pastikan blog kamu lebih menonjol dibandingkan blog yang lain. Untuk mendesain sendiri, kamu bisa melihat tutorial-nya yang sudah tersebar di internet.

Masukkan Berbagai Konten Bermanfaat di Blog Anda

Konten sangat bermanfaat untuk memancing animo pembaca pada blog kamu. Konten yang menarik pun akan membuat pembaca tertarik untuk terus berlangganan blog kamu sehingga saat kamu memposting konten baru, maka mereka akan tertarik untuk membacanya. Untuk menghasilkan konten yang menarik memang butuh banyak waktu, terutama untuk kamu yang belum pernah menulis di blog sebelumnya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kamu akan lebih terbiasa membuat konten sehingga konten dalam blog kamu pun semakin menarik. Dengan begitu langkah untuk menghasilkan uang dari blog akan semakin dekat. Kamu bisa membuat sejumlah konten menarik seperti konten yang menghibur, menginspirasi, menyelesaikan masalah, membagikan pengalaman dan lainnya. Ini dapat membuat pembaca lebih mengenal kamu.

konten inspiratif
Ciptakan konten yang inspiratif via @thoughtcatalog

Temukan Pembaca yang Tertarik dengan Konten yang Kamu Buat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk membuat sebuah blog harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah konten. Konten di sini yang dapat mengundang para pembaca untuk terus mengikuti blog kamu.

Untuk menghasilkan uang dari blog, kamu harus menentukan pembaca seperti apa yang ingin kamu targetkan. Setelah tahu target pembaca dari blog yang kamu buat, langkah selanjutnya adalah menganalisis di mana target pembaca kamu ini banyak menghabiskan waktu secara online, apakah mereka memiliki sebuah wadah khusus untuk bertemu secara online, apakah melalui blog tertentu, apa melalui jejaring sosial dan sebagainya.

Baca juga: Jangan Asal Motret, Ini 5 Cara Menghasilkan Uang dari Fotografi

Dekatkan Diri Dengan Pembacamu

Bila kamu sudah menemukan tempat di mana mereka berkumpul, maka luangkanlah waktu kamu untuk terlihat di sana, yaitu dengan cara meninggalkan komentar ataupun hanya menjawab pertanyaan saja. Kamu harus mendekatkan diri pada mereka. Kamu pun bisa membalas semua komentar yang mereka tinggalkan di blog kamu. Dengan respon yang baik dan dengan terus posting konten-konten menarik, kemungkinan besar target pembaca kamu akan menyebarkan tentang blog kamu pada teman-temannya.

Mulailah Menghasilkan Uang Dari Blog

Mendapatkan pembaca yang setia dengan blog kamu memang tidak mudah. Namun hal tersebut pasti akan kamu dapatkan seiring dengan berjalannya waktu. Saat blog kamu sudah mulai dikenal, maka langkah selanjutnya tentu saja menghasilkan uang dari blog. Untuk mendapatkan penghasilan, kamu bisa melakukan berbagai macam cara, seperti di bawah ini:

1. Pendapatan dari Iklan

Cara ini tidak jauh berbeda saat kamu menyewakan tempat pada seseorang untuk memasang iklan. Iklan ini akan kamu dapatkan saat traffic blog kamu naik dan nantinya akan ada pengiklan yang tertarik untuk mengeluarkan biaya supaya produk atau layanan mereka dapat dilihat oleh pembaca kamu. Meski memerlukan traffic yang baik sebelum menempatkan sebuah iklan, kamu masih bisa mengandalkan iklan jaringan di Google AdSense yang cukup menguntungkan juga.

google adsense
Kamu bisa mendapatkan pendapatan dari Google AdSense via google.com

2. Afiliasi

Afiliasi di sini berarti kamu membuat tautan ke sebuah produk yang dijual di situs lain. Saat seseorang mengikuti tautan yang kamu cantumkan di sebuah konten dan membeli produk tersebut, maka kamu akan mendapatkan komisi dari penjualannya. Ini merupakan cara tepat untuk mulai monetisasi sebuah blog karena program afiliasi sangat mudah diproses. Terlebih lagi bila kamu punya pembaca yang setia, maka mereka dengan senang hati mengikuti apa yang kamu rekomendasikan. 

3. Recurring Income

Cara lainnya untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan recurring income atau yang bisa disebut dengan continuity program atau membership program. Ini artinya pembaca akan membayarkan sejumlah uang secara teratur atau biasanya setiap bulan atau tahun untuk mendapatkan akses pada konten premium dari blog kamu.

4. Jasa atau Layanan

Ini merupakan cara umum yang biasanya dilakukan oleh seorang blogger, mereka akan menawarkan jasa atau layanan pada pembaca mereka. Ini bisa berbentuk pelatihan dan konsultasi, design, penulisan atau layanan freelance yang lainnya.

Baca juga: Pola Pikir Milenial yang Membuat Mereka Unggul

5. Produk

Sebagian dari blogger juga mendapatkan penghasilan utamanya dari penjualan buku. Memang mencapai hingga menjual buku sendiri membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun saat kamu sudah berhasil ke tahap ini, maka penghasilan yang kamu dapatkan sangat menggiurkan. Nah itulah cara-cara menghasilkan uang dari blog yang bisa kamu tempuh. Setiap kesuksesan memang membutuhkan proses yang panjang, termasuk menghasilkan uang dari blog. Untuk itu, kamu harus sabar dalam menjalaninya. Selamat mencoba ya Teman Klik!

You may also like...

Leave a Reply