Jangan Asal Motret, Ini 5 Cara Menghasilkan Uang dari Fotografi

freelance fotografi
Waktu baca: 2 menit

Melakukan kegiatan fotografi sebagai hobi memang menyenangkan, namun akan lebih menyenangkan bila hobi tersebut bisa menghasilkan uang. Bila kamu memiliki kemampuan fotografi yang baik bahkan cukup profesional, tidak ada salahnya bila kamu memanfaatkan kegiatan fotografi yang kamu jalankan agar menghasilkan uang. Penasaran dengan cara menghasilkan uang dari fotografi? Berikut beberapa informasi yang perlu kamu ketahui!

Menghasilkan uang dari jual stok foto

Apabila kamu memiliki pengalaman dalam bidang fotografi dan mahir dalam genre tertentu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjual stok fotomu ke situs-situs penyedia stok foto seperti Shutterstock, Getty Images, hingga Stocksy. Beberapa situs seperti iStock, 123rf, Fotolia, Bigstock, dan 500px juga menerima kontribusi foto dari orang awam. Bila kamu mencari situs lokal, ayofoto juga bisa jadi pilihan.

Menjual stok foto bisa menjadi salah satu cara tercepat bagimu untuk mendapatkan uang dari fotografi. Apalagi brand, agen periklanan, publikasi, serta situs-situs web saat ini menggunakan gambar stok untuk tujuan publisitas dan komersial. Kamu pun hanya perlu mengirimkan karya fotografi terbaik dan berkualitas agar dapat digunakan untuk tujuan komersial dan editorial. Sistem pembayaran yang digunakan bisa berdasarkan perhitungan harga foto per download atau menggunakan sistem bagi hasil dan royalti.

Baca JugaCara Cerdas Mengatur Keuangan dengan Sistem 50/30/20

Fotografer dokumentasi

Apabila kamu sering memotret acara-acara internal kantor atau acara keluarga dan sahabat, kamu dapat menawarkan jasa fotografimu melalui teman-teman yang bekerja atau memiliki usaha event organizer. Fotografer dokumentasi tak hanya sekadar mengambil foto pada saat acara berlangsung, namun juga harus peka dalam mengabadikan momen dan mampu menyajikan komposisi yang menarik. Untuk kamu yang memiliki komitmen waktu lebih banyak, kamu bisa menawarkan jasa fotografimu melalui situs-situs seperti ModelMayhem, Freelancer, atau Carijasa.

Fotografer Wedding

Jadi fotografer di acara wedding bisa menghasilkan uang lho nih via elevatepromo.com

Menjadi asisten forografer profesional

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi asisten fotografer. Pertama, kamu akan mendapatkan pengalaman serta kesempatan untuk diajari oleh fotografer profesional. Kesempatan ini tentunya lebih baik dibanding menonton video YouTube atau menjalani berbagai percobaan yang gagal. Kedua, kamu dapat mempunyai portfolio yang kuat jika sang fotografer mengizinkanmu untuk memotret sesekali. Terakhir, kamu pastinya juga akan mendapatkan uang atas pekerjaanmu sebagai seorang asisten. Kamu pun akan mendapatkan kontak dari para klien dan orang-orang yang bisa bisa membantumu dalam industri fotografi.

Mengajar fotografi

Apabila kamu cukup beruntung bisa menyelesaikan kursus fotografi berkualitas atau merasa unik karena memahami ilmu fotografi tertentu yang tidak mudah didapat dari guru atau tutorial mana pun, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk menjadi seorang pengajar. Dengan menjadi tutor fotografi, kamu berkesempatan untuk membantu orang lain yang tertarik fotografi, namun kesulitan untuk belajar sendiri. Kamu pun bisa menawarkan jasa menjadi pengajar fotografi melalui situs seperti Seekmi untuk menarik calon murid yang ingin menyesuaikan jadwalnya dengan jadwalmu.

Ikut kontes foto

Kamu juga bisa ikut serta dalam beberapa kontes fotografi agar lebih banyak terekspos dan memperluas lingkaran sosial fotografimu. Kamu tak akan pernah tahu siapa yang akan kamu temui, serta peluang apa yang mungkin saja dapat kamu temukan dalam kontes fotografi yang kamu ikuti. Beberapa kontes bahkan menawarkan hadiah uang tunai atau produk fotografi bagi para pemenang yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun bisnis fotografi-mu sendiri.

***

Itulah beberapa cara untuk menghasilkan uang dari fotografi yang bisa kamu coba sendiri. Semoga bermanfaat!

You may also like...

Leave a Reply