Begini Perbedaan Vacation dan Staycation, Jangan Keliru!

Begini Perbedaan Vacation dan Staycation, Jangan Keliru!
Begini Perbedaan Vacation dan Staycation, Jangan Keliru! Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Mungkin, ini bukanlah kali pertama kamu mendengar istilah vacation maupun istilah staycation. Namun, meskipun secara garis besar keduanya memiliki arti yang sama, yaitu liburan, ada perbedaan vacation dan staycation yang tidak banyak orang yang tahu. 

Karena ketidaktahuan tersebut, akan sangat wajar jika banyak orang yang keliru. Pada saat melakukan vacation, tidak jarang mereka menyebutnya sebagai staycation. Lalu, saat melakukan staycation, kadang mereka juga menyebutnya sebagai aktivitas vacation.

Maka dari itu, berikut adalah segala hal tentang vacation dan staycation yang perlu kamu ketahui, termasuk apa saja perbedaan di antara keduanya!

Pengertian Vacation dan Staycation 

Pastinya, sebagian besar dari kamu sudah memiliki persepsi tersendiri tentang apa yang dimaksud vacation. 

Lalu, apakah selama ini persepsi kamu tentang istilah tersebut sudah benar atau malah ada sedikit kesalahan persepsi ketika kamu mencoba mengartikan perbedaan vacation dan staycation? 

Secara garis besar, perlu kamu ketahui jika vacation adalah aktivitas liburan yang kamu lakukan ke suatu tempat yang cukup jauh dengan durasi liburan yang cukup lama. Pada umumnya, pada saat vacation, kamu perlu mengajukan cuti atau libur dari pekerjaan.

Hal ini pastinya berbeda dengan arti dari staycation, yang lebih merujuk ke liburan di tempat yang dekat dengan durasi yang relatif lebih singkat. Biasanya, kamu tidak perlu mengajukan cuti untuk melakukan staycation, karena kamu bisa liburan pada saat akhir pekan.

Staycation sendiri merupakan singkatan dari stay vacation, yang berarti aktivitas vacation yang bisa kamu lakukan dengan stay di tempat yang sama atau tempat terdekat dengan tempat kamu tinggal. Hal ini karena, biasanya lokasi untuk vacation lebih jauh.

Secara garis besar, itu adalah penjelasan tentang perbedaan vacation dan staycation yang paling mendasar. 

Baca juga: Gaji 3 Juta Ingin Liburan ke Luar Negeri? Yuk Simak Tipsnya di Sini

Perbedaan Vacation dan Staycation

Meskipun kamu sudah tahu apa saja perbedaan vacation dan staycation yang paling mendasar, tidak ada salahnya untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya dengan lebih mendalam. Sehingga, tidak akan ada kesalahan persepsi lagi di kedua istilah tersebut.

Sebab, meski kamu sudah tahu vacation merupakan aktivitas liburan di tempat jauh dan staycation adalah aktivitas liburan di tempat dekat, tidak jarang kamu bingung untuk membedakan keduanya. Jadi, berikut penjelasan tentang perbedaan di antara keduanya!

1. Jauh Dekatnya Lokasi Liburan 

Seperti apa yang sudah disinggung di atas, hal yang berbeda di antara vacation serta staycation ada pada jauh dekatnya lokasi liburan. Sebagai contoh staycation, kamu tinggal di Bandung dan melakukan liburan dengan menyewa hotel atau villa di daerah Lembang. 

Namun, kamu juga harus bisa membedakan antara melakukan staycation dan juga melakukan rekreasi. 

Perbedaan vacation dan staycation, jika untuk rekreasi kamu bisa liburan ke Lembang dan kembali ke Kota Bandung di hari yang sama. Namun, jika staycation, kamu harus menginap di sana.

Lalu, sebagai contoh vacation, kamu tinggal di Bandung dan melakukan liburan di luar kota, misalnya di Bali. Atau mungkin, kamu liburan ke luar negeri, misalnya seperti ke Thailand. Dari kedua contoh tersebut, mungkin kamu sudah bisa menyimpulkan. 

2. Budget yang Harus kamu Persiapkan Saat Liburan

Kemudian, bagi kamu yang ingin tahu apa bedanya vacation dan staycation, salah satu di antaranya adalah adanya perbedaan budget yang perlu kamu siapkan. Biasanya, biaya liburan untuk vacation akan jauh lebih banyak jika kamu bandingkan dengan staycation.

Perbedaan budget tersebut biasanya ada pada pilihan transportasi, karena vacation jelas akan lebih jauh dari staycation. Pada saat melakukan vacation, biasanya kamu akan memakai kereta api atau pesawat, sedangkan staycation cukup mobil atau motor saja.

Karena itu, tidak heran jika ongkos liburan yang akan kamu keluarkan akan berbeda, dengan budget yang lebih banyak ada di vacation dibandingkan staycation.

3. Tujuan yang Ingin Dicapai Pada Saat Melakukan Liburan

Secara garis besar, baik vacation maupun staycation memang memiliki tujuan utama untuk liburan. Hanya saja, keduanya akan berbeda, karena staycation kamu lakukan untuk healing atau menghilangkan penat. Jadi, healing staycation bisa dilakukan di dalam kota. 

Hal ini berbeda dengan vacation yang biasanya kamu lakukan untuk berkunjung ke destinasi wisata yang ada di luar kota atau luar negeri. Sehingga, biasanya saat vacation kamu akan lebih sering ada di luar hotel jika dibandingkan saat melakukan staycation.

Sebab, jelas perbedaan vacation dan staycation ada lebih banyak hal yang ingin kamu lihat pada saat berlibur ke luar kota atau ke luar negeri jika kamu bandingkan dengan saat liburan di dalam kota. 

Jadi, sangat wajar jika kamu akan lebih sering beraktivitas di luar pada saat vacation.

4. Hal-Hal yang Bisa kamu Lakukan Pada Saat Liburan

Lalu, seperti apa yang sudah disinggung sebelumnya, perlu kamu tahu jika ada perbedaan vacation dan staycation dalam hal aktivitas saat liburan. Pada umumnya, saat melakukan staycation hotel, kamu akan lebih sering menghabiskan waktu di hotel. 

Pun begitu saat kamu melakukan aktivitas staycation villa maupun staycation cottage. Hal ini karena, di dalam kota sudah tidak banyak tempat yang ingin kamu kunjungi saat liburan. kamu pun bisa menghabiskan waktu dengan beristirahat di penginapan kamu liburan.

Jika kamu berlibur dengan teman atau keluarga, kamu pun bisa melakukan aktivitas yang berhubungan dengan hal untuk melepas penat. Misalnya seperti pergi ke salon, pergi ke tempat spa, atau menikmati santapan lokal yang ada di sekitar kamu.

Misalnya pada saat melakukan staycation Jakarta, kamu dapat melakukan semua aktivitas tersebut bersama dengan teman atau keluarga. Namun, jika untuk vacation, aktivitas lebih condong ke mengunjungi tempat bernuansa alam kamulan di tempat liburan kamu.

5. Durasi atau Berapa Lama Melakukan Liburan

Terakhir, ada juga perbedaan vacation dan staycation yang berkaitan dengan durasi liburan. Secara garis besar, liburan pada saat vacation memang akan lebih panjang jika kamu bandingkan dengan pada saat staycation, yaitu mulai dari tiga hari hingga satu minggu.

Sehingga, biasanya, kamu akan melakukan vacation pada saat momen-momen tertentu saja, misalnya seperti Natal, tahun baru, lebaran, atau libur panjang sekolah. Tidak jarang, kamu juga perlu mengambil cuti dari pekerjaan pada saat berlibur jenis yang satu ini.

Hal ini berbeda dengan staycation yang biasanya hanya kamu lakukan untuk satu atau dua hari saja. Sehingga, kamu pun bisa melakukannya kapan saja, misalnya seperti di akhir pekan. kamu pun jadi tidak perlu mengambil cuti dari pekerjaan saat ingin liburan.

Namun, tidak jarang cuti itu kamu ambil pada saat ingin melakukan staycation di awal atau di tengah pekan. Terkadang, kamu pun akan bekerja sambil melakukan staycation ketika kamu tidak perlu pergi ke kantor untuk bekerja.

Itulah perbedaan vacation dan staycation yang perlu kamu ketahui, sehingga kamu tidak akan mengalami kesalahan persepsi lagi pada saat melakukan hal tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai