Pengantin Baru, Kelola Angpao Pernikahan Kamu Dengan 5 Tips Ini

Angpao Pernikahan via colorgreeting.en.alibaba.com
Waktu baca: 3 menit

Setelah menggelar pesta pernikahan, biasanya pengantin baru mendapatkan angpao dalam jumlah yang cukup banyak. Hadiah dari para tamu undangan yang hadir dan juga keluarga yang berupa uang tersebut adalah hak milik kamu berdua yang bisa digunakan bersama pasangan. Namun, banyak pasangan baru yang kurang bisa mengelola uang angpao itu. Agar tidak salah, sebaiknya pertimbangkanlah untuk mengelola angpao pernikahan kamu dengan lima tips ini.

Dana cadangan

Sebagai pengantin baru, inilah saat yang tepat untuk merancang dan mengelola anggaran rumah tangga kamu bersama pasangan. Gunakan dana angpao pernikahan untuk mengisi dana cadangan atau pos dana yang belum terisi. Kamu tidak akan pernah tahu kapan dan di mana dana ini kamu butuhkan. Namun, bila sumber dana cadangan ini sudah tersedia sejak awal, maka akan dapat membantu memenuhi kebutuhan yang muncul secara tiba-tiba. Jalin komunikasi finansial yang baik dengan pasangan dan bangun komitmen untuk menyimpan dana yang telah disepakati bersama

Down payment rumah

Uang hasil pemberian dari para tamu undangan ini dapat menjadi hal sensitif bila tidak didiskusikan dengan baik sejak awal. Sebaiknya, kelola angpao pernikahan dengan cara yang pintar dan tepat guna. Manfaatkan uang itu untuk memenuhi kebutuhan yang prioritas terlebih dahulu, misalnya untuk membayar DP rumah atau membayar cicilan kredit rumah bila kebetulan kamu dan pasangan sudah melunasi DP perumahan sebelum menikah. Tentunya ini akan sangat membantu meringankan beban kamu dalam urusan keuangan.

Membangun Rumah Idaman via rosspavl.com

Membangun Rumah Idaman via rosspavl.com

Deposito dan tabungan bersama

Banyak pengantin baru yang belum memiliki pandangan dan bayangan sama sekali tentang bagaimana cara mengelola uang angpao pernikahan. Agar uang angpao tidak menguap begitu saja,  sebaiknya gunakan dana tersebut untuk membuka deposito bersama. Kamu bisa membuka rekening tabungan bersama dan kemudian bunga dari hasil deposito tersebut dimasukkan ke tabungan bersama milik kamu dan pasangan. Gunakan uang dalam rekening bersama untuk kebutuhan rumah tangga di masa depan dan sesuaikan kebiasaan pengelolaan keuangan bersama-sama dengan pasangan.

Asuransi

Cara lain untuk mengelola angpao pernikahan yang kamu dapatkan adalah mendaftar asuransi untuk masa depan bersama. Bila kamu dan pasangan sudah memiliki asuransi kesehatan masing-masing, pertimbangkan untuk membuka asuransi bersama lainnya yang bermanfaat di kemudian hari. Contohnya seperti asuransi jiwa, asuransi hari tua, hingga asuransi pendidikan untuk anak kalian kelak

Ini merupakan cara pintar untuk menyiasati terkurasnya uang angpao setelah pesta pernikahan. Asuransi dapat menjadi proteksi bagi kamu dan pasangan bila sewaktu-waktu terjadi masalah tak terduga. Juga bisa menjamin ketersediaan dana pendidikan yang cukup bagi buah hati di masa depan.

Gunakan untuk berinvestasi

Hadiah angpao bisa menjadi hal yang dinantikan bagi pasangan yang baru saja menikah. Strategi paling brilian untuk pengantin baru dalam menyimpan dana angpao pernikahan adalah dengan menginvestasikannya. Daripada dana sebesar itu hanya habis untuk berlibur, mulailah memilih instrumen investasi apa yang ingin kamu miliki. Perhatikan segala kekurangan dan kelebihannya, juga ketahui resikonya. Merencanakan uang pasca pernikahan sangat penting karena mengatur uang saat masih lajang dan setelah menikah sangat berbeda.

Kamu bisa mengajak pasangan untuk berinvestasi melalui KlikCair. Melalui platform P2P lending ini, kamu tak hanya akan mendapatkan keuntungan dari investasi, tapi juga kesempatan untuk memberdayakan UKM Indonesia. Uang investasi yang masuk akan digunakan para pemilik UKM untuk mengembangkan bisnis mereka.

 

Itulah tips mengelola angpao pernikahan. Daripada menghabiskannya untuk hal-hal yang tidak terlalu penting seperti liburan atau bulan madu, sebaiknya alokasikan untuk hal yang lebih bermanfaat. Kesampingkan rasa sungkan dan komunikasikan pengelolaan uang angpao sesuai dengan kesepakatan bersama.

 

You may also like...

Leave a Reply