Mahalnya Biaya Pesta Pernikahan di Indonesia!

Pesta Pernikahan di Indonesia via pexels.com
Waktu baca: 3 menit

Sudah menjadi rahasia umum kalau kebanyakan pesta pernikahan di Indonesia biasanya diadakan secara besar-besaran. Bahkan tidak sedikit juga yang sampai mengundang hingga ribuan tamu! Padahal, sebagai perbandingan, di Amerika Serikat saja pesta pernikahan dengan 120 tamu sudah dianggap besar. Pantas saja jika pesta pernikahan di Indonesia memerlukan biaya yang besar. Kamu pasti membutuhkan gedung yang lebih besar hingga katering dan souvenir yang lebih banyak.

Untuk acara pernikahan yang biasanya berlangsung selama sekitar dua jam saja, pasangan pengantin bisa menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah!

Di sisi lain, tentu kamu tak mau jika harus mengorbankan konsep pernikahan idaman kamu, kan? Nah, kalau sudah begini, apa yang harus kamu lakukan?

Rela habiskan budget hingga ratusan juta rupiah

Saat pasangan calon pengantin memutuskan untuk menikah, pertanyaan yang paling sering diajukan adalah berapa budget yang harus disiapkan? Tentunya hal ini tergantung pada jumlah tamu dan preferensi konsep pernikahan idaman kamu.

Namun, sebagai patokan, survei yang dilakukan SweetRing pada Agustus 2017 menunjukkan bahwa umumnya pasangan di Indonesia rela menghabiskan budget sebanyak Rp40 juta untuk acara pernikahan. Jika dibandingkan dengan survei yang dilakukan Bridestory pada Januari 2017, jumlah tersebut meningkat dari Rp35 juta untuk pesta pernikahan dengan 25-50 undangan. Hasil survei-survei ini dilansir dari situs Kompas.com.

Nah, jika kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta, kemungkinan budget yang akan kamu butuhkan untuk pesta pernikahan akan lebih besar lagi. Situs Vice.com melansir bahwa untuk mengadakan resepsi pernikahan di Jakarta pada 2016 lalu, kamu harus menyiapkan budget mencapai Rp116 juta. Mengingat harga yang umumnya naik setiap tahun, kemungkinan besar biaya pernikahan tersebut juga ikut meningkat.

Sebetulnya kenapa biaya pesta pernikahan di Indonesia bisa mahal?

Tentunya ada banyak faktor yang memengaruhi mahalnya biaya pesta pernikahan di Indonesia. Mengingat ada banyak hal yang harus diurus, sebetulnya hal tersebut wajar saja terjadi. Mulai dari sewa gedung, dekorasi, katering, baju pengantin, makeup, souvenir, hingga seragam untuk anggota keluarga dan bridesmaid.

Pesta Pernikahan Mewah via thetranshotel.com

Pesta Pernikahan Mewah via thetranshotel.com

Belum lagi jika pihak keluarga memiliki request khusus untuk menggunakan vendor-vendor tertentu yang harga jasanya bisa saja lebih mahal dari budget kamu. Biaya juga bisa membengkak lagi jika keluarga meminta kamu dan pasangan untuk melaksanakan rangkaian upacara adat.

Faktor waktu juga bisa membuat biaya pernikahan meningkat, lho. Biasanya, jika kamu memesan gedung atau vendor lain dalam waktu yang sudah mepet, harga sewanya akan relatif lebih mahal. Jadi, usahakan untuk menyiapkan pernikahan sejak jauh-jauh hari, ya. Selain menghindari harga mahal, kamu pun punya lebih banyak pilihan karena berbagai vendor belum full-booked.

Kumpulkan budget dengan berinvestasi sedini mungkin

Setelah mengetahui range harga pernikahan di Indonesia tersebut, jangan langsung merasa putus asa. Mengadakan pesta pernikahan sesuai konsep idaman kamu masih sangat mungkin untuk diwujudkan, kok. Tentunya kamu harus bersedia menyisihkan uang bulanan untuk berinvestasi.

Yes, bukan menabung, tapi berinvestasi!

Dengan meningkatnya financial technology (fintech) di era digital seperti sekarang, investasi bisa dengan mudah kamu lakukan. Salah satunya melalui KlikCair, platform peer-to-peer (P2P) lending yang menghubungkan UMKM berpotensi dengan para investor yang tertarik untuk menginvestasikan dana mereka.

Sambil berinvestasi mengumpulkan budget untuk pernikahan, kamu pun bisa sekaligus membantu UMKM di Indonesia agar bisa terus berkembang! Lalu, sambil menunggu dana investasi kembali, kamu dapat memanfaatkan waktu untuk riset berbagai vendor pernikahan dan menyesuaikannya dengan preferensi serta budget kamu.

Jadi, siapa bilang mewujudkan pernikahan idaman di Indonesia itu mustahil? Kamu bisa mendapatkan budget yang dibutuhkan dengan berinvestasi melalui KlikCair. Tenang saja, investasi terbuka untuk anak-anak muda berusia 25-35 tahun seperti kamu! Kunjungi klikcair.com untuk mendapatkan info lebih lanjut!

You may also like...

5 Responses

  1. ublik says:

    sebuah artikel yang menarik.

  1. July 13, 2018

    […] banyak pasangan yang baru saja menikah, kehamilan anak pertama menjadi suatu hal yang sangat dinanti-nanti. Ketika istri sudah hamil, […]

  2. July 23, 2018

    […] Pernikahan merupakan momen bahagia yang dinanti oleh banyak pasangan. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa untuk menuju hari bahagia tersebut, ada banyak sekali hal yang harus kamu persiapkan, terutama jika kamu berencana untuk mengadakan acara resepsi pernikahan. Karena berbagai alasan, banyak pasangan zaman sekarang yang memutuskan untuk menggunakan jasa wedding organizer (WO) dalam membantu persiapan pernikahan. […]

  3. August 1, 2018

    […] menggelar pesta pernikahan, biasanya pengantin baru mendapatkan angpao dalam jumlah yang cukup banyak. Hadiah dari para tamu […]

Leave a Reply