Youtube Sebagai Sumber Penghasilan? Ini Dia Caranya!

Gambaran channel youtube dengan 22 kita subscribers
Youtube Sebagai Sumber Penghasilan? Ini Dia Caranya! Photo by @cardmapr
Waktu baca: 4 menit

Jika ingin mencari video di internet, sudah pasti hal pertama yang kamu pikirkan adalah Youtube. Sebagai media terbesar yang meyediakan konten video di dunia digital, Youtube juga bisa menjadi sebuah platform penghasil cuan. Kalau kamu tertarik mendapatkan cuan tambahan, yuk simak cara mendapat uang dari Youtube.

Baca Juga: Beranda Youtube Jelajahi Video untuk Dapat Ilmu Baru

Youtube Sebagai Sumber Penghasilan

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut setiap orang untuk beralih ke dunia digital dengan cepat. Saat ini, apapun dapat kamu cari melalui internet. Jika balik ke 15 tahun belakang, siapa sangka bahwa dunia digital dapat menjadi ladang penghasil uang.

Youtube merupakan salah satu platform yang dapat menghasilkan uang saat ini. Mengapa demikian? Berikut ini alasan mengapa youtube dapat dikatakan sebagai sumber penghasilan.

  • Youtube Merupakan Platform Terbesar untuk Video

Saat ini, Youtube menjadi platform terbesar untuk konten video. Youtube menjadi pilihan pertama saat seseorang ingin mencari suatu video secara online. Dengan ini, peluang untuk mendapatkan viewers dari video yang di upload sangatlah tinggi.

  • Siapapun Dapat Membuat Akun Youtube dan Menghasilkan Uang

Untuk dapat membuat video di Youtube, kamu tidak perlu di seleksi atau mengikuti audisi. Semua orang dapat membuat akun Youtube dan membuat video di Youtube. Bahkan jika video yang kamu buat banyak menarik perhatian, kamu dapat menghasilkan uang dari itu.

  • Tingginya Konsumsi akan Konten Video

Saat ini masyarakat banyak mengkonsumsi konten berjenis video. Hal ini karena tidak adanya effort yang lebih dalam menikmatinya. Hanya dengan menonton dan mendengarkannya saja sudah dapat apa yang diinginkan. Dengan konsumsi akan konten video yang tinggi, membuat video di Youtube menjadi sebuah peluang yang menjanjikan.

  • Televisi Mulai Tergantikan dengan Youtube

Kamu dapat menikmati Youtube kapan saja dan dimana saja. Bahkan tayangan yang ada di Youtube dapat kamu putar kapan saja sesuai yang kamu mau. Membuka youtube juga dapat di gadget, tablet, laptop dan bahkan smart TV. Dengan sifatnya sangat fleksible, konsumsi masyarakat akan televisi kini mulai tergantikan dengan Youtube.

Berapa Minimal Subscriber Youtube untuk Mendapatkan Uang

Walaupun setiap orang dapat membuat akun Youtube dan membuat video di Youtube, namun pasalnya ada beberapa syarat agar videomu dapat menghasilkan uang. Perlu di ingat, kamu membutuhkan setidaknya 1.000 subscriber. Selain subscriber, kamu perlu mengumpulkan 4.000 jam waktu tonton (watch time) selama 12 bulan terakhir.

Begini Cara Mendapat Uang dari Youtube

Content planning untuk Youtube.
Content planning untuk Youtube. Photo by Pexels

Nah, sebelumnya kamu perlu mengatur strategi agar konten video yang kamu buat dapat menghasilkan uang. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu ikuti mendapat uang dari Youtube.

  • Buatlah Riset Keyword

Riset keyword dapat menjadi langkah awal yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan uang dari Youtube dengan maksimal. Menggunakan riset keyword membantu kamu untuk mengetahui konten seperti apa yang banyak di cari oleh orang-orang. Kamu dapat menggunakan Google Trends untuk mencari riset keyword Youtube.

  • Mengetahui Apa Faktor Ranking di Youtube

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat ranking pada video Youtube. Posisi ranking ini juga berubah-ubah. Lalu apa kriteria agar suatu video dapat masuk ke dalam ranking. Tentu saja ada beberapa faktor pendukung yang menyebabkan suatu video masuk ke dalam ranking.

Faktor-faktor tersebut dipengaruhi oleh jumlah komentar, jumlah subscriber akunmu setelah menonton video tersebut, Click Through Rate (CTR) hingga durasi video.

  • Membuat Video dengan High Retention

Video yang berkualitas tentunya akan lebih menarik perhatian dari penonton. Maka dari itu, perlu untuk memperhatikan video yang kamu buat sesuai dengan high retention. Sebagai contoh, konten video yang kamu buat sesuai dengan kebutuhan penonton ataupun durasi dari videomu sesuai dengan standar video di Youtube pada umumnya.

  • Manfaatkan Fitur Tag saat Mengunggah Video

Memanfaatkan fitur tag saat mengunggah video di Youtube bisa menjadi langkah yang kamu coba. Kamu dapat memasukan beberapa focus keyword yang berhubungan dengan konsep konten video mu.

  • Buat Judul dan Deskripsi yang Menarik

Judul dan deskripsi yang menarik menjadi salah satu faktor utama seseorang tertarik untuk menonton video yang kamu upload. Maka dari itu, maksimalkan penulisan judul dan deskripsi semenarik mungkin. Buatlah judul dan deskripsi singkat namun jelas dan membuat seseorang penasaran akan isi videomu.

  • Mempromosikan Video Youtube di Social Media Lainnya

Nah, langkah berikutnya kamu dapat mempromosikan video yang kamu unggah ke social media lainnya. Caranya cukup mudah! Kamu hanya perlu membagaikan link video Youtube mu ke berbagai macam social media lainnya. Dengan itu, orang-orang hanya perlu membuka link tersebut dan langsung terhubung ke Youtube.

  • Monetisasi Channel

Monetisasi channel merupakan bentuk apresiasi Youtube akan konten yang sudah kamu buat. Cara kerja Monetisasi channel ini dengan cara menyisipkan iklan di setiap video yang sudah kamu unggah. Caranya kamu cukup sign in ke akun Youtube milikmu, lalu klik “account information” setelah itu klik lagi “creator studio”. Langkah berikutnya, klik sebelah kiri dengan pilihan “channel”, “status” dan “features”. Terakhir, pilih “enable monetisation” dan menyetujui agreement yang ditampilkan.

Ini Contoh Konten yang Dapat Menghasilkan Cuan di Youtube

Jenis konten seperti apa sih yang bisa menghasilkan uang di Youtube? Nah, berikut ini jenis konten yang umunya banyak menghasilkan cuan di Youtube, diantaranya;

  • Review Produk

Sebelum membeli sesuatu, tentu saja kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai produk tersebut. Kamu akan mencari review dari orang yang telah memakai produk tersebut di internet. Nah, umunya orang-orang banyak mencari sebuah review produk melalui Youtube. Bahkan review produk saat ini sangat beragam, kreatif dan menarik.

  • Tutorial

Video tutorial menjadi konten paling banyak dinikmati di Youtube. Mulai dari tutorial kecantikan, memasak, teknologi dan lainnya. Konten tutorial menjadi sebuah solusi bagi setiap orang. Oleh karena itu, membuat konten tutorial dapat jadi bahan pertimbanganmu dalam membuat video Youtube.

  • Berita dan Pengetahuan

Nah, konten ini juga tidak kalah menarik perhatian bagi penonton Youtube. Saat ini banyak video yang membahas pengetahuan-pengetahuan dan berita terkini. Umumnya, orang lebih menyukai menonton dibandingkan membaca dengan panjang. Apalagi video di Youtube rata-rata tidak berjam-jam.

Jadi gimana? Kapan kamu akan membuat video Youtube perdanamu?

Artikel Lainnya