Trik Negosiasi Gaji Agar Penghasilan Bertambah

Trik Negosiasi Gaji Agar Penghasilan Bertambah via pexels.com
Waktu baca: 2 menit

Negosiasi gaji bukanlah urusan yang mudah dan sering kali penuh tantangan. Baik pada saat wawancara kerja ataupun negosiasi di perusahaan yang sedang kamu tempati saat ini. Karena itulah ada beberapa trik negosiasi yang bisa kamu praktikkan agar negosiasi gaji dengan pimpinan perusahaan berjalan lancar dan kamu pun bisa mendapatkan gaji dengan jumlah sesuai kebutuhan.

Jangan Berikan Alasan Pribadi untuk Naik Gaji

Pihak perusahaan akan menanyakan alasan kamu ingin menaikkan gaji. Menanggapi hal seperti ini, kamu harus memiliki argumen serta alasan yang kuat. Biasanya mereka yang ingin naik gaji beralasan karena urusan pribadi. Semisal untuk biaya menikah, banyaknya tagihan, dan keperluan lainnya. Sebaiknya alasan-alasan ini dihindari karena bisa saja perusahaan akan berpikir kamu lebih mementingkan masalah pribadi.

Kamu bisa menggantinya dengan alasan yang bersifat profesional dan masuk akal. Contohnya seperti bertambahnya target, jam kerja, atau hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan. Namun, harus diingat, alasan tersebut memang benar-benar kamu rasakan di kantor atau tempat kerja.

Bicarakan Nominal Sesuai dengan Prestasi Kerja

Menyambung pada poin sebelumnya, alasan kenaikan gaji kamu harus profesional dan berhubungan dengan urusan pekerjaan dan kinerja. Jika kamu sudah melaksanakan tugas dengan baik atau bahkan melebihi target yang ditentukan, kamu berhak untuk mendapatkan bonus atau kenaikan gaji.

Buatlah range gaji yang masuk akal untuk ukuran dan prestasi yang sudah kamu kerjakan untuk perusahaan. Janganlah meminta gaji terlalu besar yang melewati batas kewajaran dan sudah ditentukan perusahaan. Pikirkan pula alternatif lain yang diberikan perusahaan. Semisalnya dalam bentuk non-finansial seperti fasilitas kendaraan, tempat tinggal, atau paket liburan.

 

Baca JugaCara Cerdas Mengatur Keuangan dengan Sistem 50/30/20

 

Berikan Waktu Perusahaan untuk Berpikir

Proses menaikkan gaji tidak bisa langsung selesai dalam satu atau dua hari. Perusahaan membutuhkan waktu untuk berpikir. Tentu ada banyak hal yang harus dipikirkan perusahaan, mereka harus mengadakan dengar pendapat dengan divisi HRD dan masukan lainnya untuk menentukan apakah kamu layak mendapatkan kenaikan gaji. Di saat-saat inilah kamu harus memberikan respect.

Kamu juga harus bersabar dan jangan sesekali menanyakan hal yang sama semisal, “Jadi, kapan gaji saya akan naik?” kepada pimpinan perusahaan. Hal ini akan dianggap sebagai sebuah intervensi kapada perusahaan. Bila kamu menanyakannya secara terus menerus, pimpinan perusahaan akan merasa bosan dan akhirnya tidak simpatik dengan sikap kamu. Buruknya, gaji kamu tidak jadi naik.

Jangan Sesekali Memotong Pembicaraan Saat Proses Negosiasi

Hal penting untuk kamu perhatikan saat menegosiasikan gaji dengan pimpinan perusahaan adalah etika. Perusahaan pasti akan menjelaskan gaji yang ditawarkan atau fasilitas apa saja yang bakal kamu dapatkan. Nah, di saat seperti inilah kamu jangan sesekali memotong pembicaraan sampai pimpinan berhenti berbicara. Cara ini untuk menunjukkan apresiasi kamu terhadap perusahaan atau pimpinan.

Kamu perlu berbicara ketika diberi kesempatan berbicara atau setidaknya kapan waktu yang tepat untuk berbicara, biasanya di akhir sesi pembicaraan. Kalau sampai kamu memotong pembicaraan, pimpinan akan menganggap bahwa attitude kamu kurang baik. Jelas ini akan mempengaruhi pemikiran pimpinan perusahaan untuk menaikkan gaji kamu.

Jaga Penampilan Saat Negosiasi Gaji

Terakhir dan yang tak kalah pentingnya adalah menjaga penampilan di depan pimpinan perusahaan. Penampilan tidak hanya pada pakaian yang kamu kenakan saja, melainkan juga dari gestur tubuh. Perlihatkan gestur tubuh yang menarik ketika bernegosiasi dengan pimpinan perusahaan. Semisalkan dengan menunjukkan senyum ramah dan santun.

Kamu juga harus mempersiapkan hal terburuk jika perusahaan belum bisa menaikkan gaji. Menanggapi hal tersebut, kamu sebisa mungkin jangan menunjukkan rasa kecewa, jangan berkecil hati, dan ajukan negosiasi selanjutnya dengan persiapan matang.

***

Ketika perusahaan sudah menaikkan gaji kamu, jangan lupa untuk berinvestasi sebagai bekal di masa mendatang. Salah satunya dengan berinvestasi peer-to-peer (P2P) lending di KlikCair. Selamat mencoba tips-tips di atas dan good luck!

You may also like...

Leave a Reply