Jangan Asal Ikut! Pahami Dulu Cara Kerja Peer to Peer Lending

Diskusi cara kerja peer to peer lending
Jangan Asal Ikut! Pahami Dulu Cara Kerja Peer to Peer Lending. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Saat ini, kamu semakin mudah untuk mendapatkan pinjaman dana untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Salah satunya dengan Peer to Peer Lending atau yang sering disebut dengan P2P Lending. Mungkin, kamu sudah sering dengar istilah yang satu ini. Akan tetapi, apakah kamu tahu bagaimana cara kerja Peer to Peer Lending ini?

Atau jangan-jangan kamu belum tahu apa itu P2P Lending? Pahami dulu sebelum kamu ikut meminjam dari penyedia pinjaman online yang satu ini. Mungkin, kamu perlu pelajari dulu seperti apa Peer to Peer Lending serta bagaimana cara kerja Peer to Peer Lending. 

Apa itu Peer to Peer Lending?

Peer to peer lending.
Peer to peer lending. Photo by Cekaja

Apakah kamu tahu apa itu Peer to Peer Lending? Sederhananya, ini adalah sebuah fintech atau financial technology, sebuah perusahaan teknologi yang menjalankan bisnis finansial. Lebih jelas lagi, perusahaan ini menjalankan bisnis di bidang pinjaman dana secara online.

Lalu, ada pertanyaan satu lagi. Apakah P2P Lending ini sama dengan bank hanya saja layanannya dilakukan secara online? Tidak juga. Lebih tepatnya, fintech yang satu ini hanya menjadi pihak tengah yang mempertemukan antara orang yang meminjamkan uang dengan orang yang meminjam uang.

Jadi, ibarat kata, P2P Lending ini seperti sebuah platform di mana kamu sebagai calon peminjam bisa meminjam langsung dengan orang yang memiliki dana. Proses meminjam uang ini dilakukan secara online.

Fintech ini memiliki peran untuk memastikan dua pihak (pihak yang meminjamkan dan pihak yang meminjam) sama-sama diuntungkan. Ini sudah terbukti sekarang. Beberapa pihak yang kesulitan untuk mendapatkan pinjaman seperti UMKM sekarang bisa meminjam uang untuk pengembangan usaha dari P2P Lending. 

Sampai sini, sudah jelas kan bagaimana posisi fintech ini? Setelah tahu apa itu P2P Lending, kamu akan lebih mudah memahami bagaimana cara kerja Peer to Peer Lending. 

Baca juga: Ingin Tahu Lebih Dalam Terkait Fintech? Pahami POJK Peer to Peer Lending di Sini!

Memahami Cara Kerja Peer to Peer Lending 

Laptop dan buku
Memahami cara kerja peer to peer lending. Photo by @naffiq

Dari penjelasan sebelumnya, P2P Lending merupakan pihak tengah antara peminjam yang kemudian disebut dengan borrower dan juga orang yang memberikan pinjaman yang disebut dengan pendana. Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Cara Kerja Borrower

Kamu ingin meminjam uang dari fintech yang satu ini? Kamu hanya perlu melakukan tiga hal berikut ini:

  1. Ajukan Pinjaman

Setelah melakukan pendaftaran di P2P Lending, kamu bisa langsung mengajukan jumlah dana yang kamu butuhkan.

  1. Menunggu Analisa dan Persetujuan

Langkah selanjutnya, kamu perlu menunggu Analisa dari pihak fintech. Ini hampir sama seperti apa yang dilakukan oleh pihak bank. Hanya saja, pihak fintech P2P Lending ini memiliki kelonggaran dalam melakukan Analisa sehingga kemungkinan besar dana yang kamu ajukan akan disetujui.

  1. Mendapatkan Dana dari Pendana

Jika Analisa sudah dilakukan dan pengajuan dana disetujui, data kamu akan diberikan kepada pendana. Pendana akan mencari mana yang cocok dengan kriteria yang mereka ingin danai. 

  1. Mendapatkan Dana 

Pendana akan memberikan dana pinjaman kepada kamu melalui fintech. 

  1. Membayar Pinjaman 

Kamu harus mengangsur dana yang kamu pinjam ke fintech yang kemudian dana tersebut akan diteruskan ke pendana.

Nah, itulah cara kerja Peer to Peer Lending yang harus kamu ketahui. Dari penjelasan tersebut, jelas kan mengapa banyak orang yang tertarik untuk meminjam uang dari fintech ini? Terlepas dari itu, pastikan kamu meminjam dana untuk hal yang bermanfaat atau bahkan produktif. Analisa juga kemampuan kamu dalam pengembalian dana yang kamu pinjam.

Artikel Lainnya