Bisnis UMKM yang Digeluti Tokoh Muslim

Bisnis umkm tokoh muslim.
Bisnis umkm tokoh muslim. Photo by Warta Ekonomi
Waktu baca: 3 menit

Apakah kamu tahu apa itu bisnis UMKM? Usaha Mikro Kelas Menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM merupakan usaha kelas menengah yang merujuk kepada sektor ekonomi kreatif. Selain meningkatkan perekonomian seseorang, bisnis UMKM juga membantu meningkatkan perekonomian sebuah negara. Saat ini, bisnis UMKM banyak digeluti oleh berbagai kalangan. Banyak orang yang mulai berbisnis dengan memanfaatkan bisnis UMKM sebagai pilihannya.

Bisnis UMKM merupakan sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Meskipun labanya dinilai tidak terlalu besar, akan tetapi bisnis ini memiliki berbagai kelebihan yang sebanding dengan laba yang diterimanya. Risiko dari bisnis UMKM juga tidak sebesar risiko pada sebuah perusahaan. Hal itu membuat banyak orang yang gemar melakukan bisnis UMKM. Salah satunya adalah muslim. Namun, kira-kira bagaimana ya tokoh muslim pedagang UMKM menyikapi tentang bisnis UMKM? Jika kamu ingin mengetahuinya, saya sarankan agar kamu menyimak ulasan berikut ini hingga tuntas.

Muslim Pedagang UMKM

Bisnis UMKM tokoh muslim
Pedagang muslim. Photo by Redaksi Indonesia

Saat ini, banyak dari masyarakat Indonesia yang melakukan bisnis UMKM. Bisnis UMKM ini dilaksanakan dari berbagai golongan. Muslim merupakan salah satu golongan yang banyak melakukan bisnis ini. Selain Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk Muslim, ketertarikan para tokoh Muslim untuk menggeluti bisnis ini adalah karena bisnis ini dinilai lebih sederhana dan tidak terlalu rumit dalam pengelolaannya.

Selain itu, dalam pandangan orang Muslim, pekerjaan yang paling baik adalah berdagang dan berkebun (bertani). Sehingga, banyak dari tokoh muslim yang pekerjaannya adalah seorang pedagang atau pebisnis. Banyak dari mereka yang memulai bisnisnya dari UMKM.

Tokoh muslim pedagang UMKM juga beranggapan bahwa dengan berdagang, mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan tetap bisa melakukan ibadah dengan leluasa. Mereka akan melakukan kegiatan berdagangnya dengan sungguh-sungguh dan tetap melakukan ibadah dengan sungguh-sungguh pula. Sehingga bisnis UMKM merupakan bisnis yang banyak dilakukan oleh para muslim.

Dengan membaca ulasan di atas, kamu pastinya sedikit tahu bagaimana tokoh Muslim menyikapi bisnis UMKM bukan? Bisnis UMKM bidang apa ya kira-kira yang biasanya dilakukan oleh tokoh Muslim? Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu membaca ulasan ini hingga tuntas.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Apa Saja Ide Bisnis UMKM yang Menjanjikan

Bidang Usaha UMKM Tokoh Muslim

Tokoh Muslim pedagang UMKM sangat berperan dalam meningkatkan perekonomian sebuah negara. Banyak tokoh Muslim yang sudah sukses melakukan bisnis UMKM. Akan tetapi, tidak sedikit pula tokoh muslim yang masih kebingungan memilih bidang usaha UMKM. Bagi kamu yang masih kebingungan, berikut beberapa bidang bisnis yang biasa dilakukan oleh tokoh muslim:

Bisnis UMKM bidang Kuliner

Bisnis kuliner sebagai alternatif usaha ibu kota baru
Bisnis kuliner. Photo by Pexels

Kuliner merupakan bisnis UMKM yang biasa dilakukan oleh para tokoh Muslim. Kuliner yang biasa dijual berupa kuliner tradisional. Banyak dari tokoh Muslim pedagang UMKM sukses menjalani bisnisnya dimulai dari bisnis yang paling bawah. Mereka bahkan tidak sungkan-sungkan membawa dagangannya keliling untuk dijual kepada pelanggan. Namun, ketika bisnis ini sudah berjalan dan mulai berkembang, maka bisnis UMKM ini mulai mempunyai tempat tetap dan bahkan bisa sampai menjadi bisnis UMKM yang besar dan menguntungkan.

Bisnis UMKM bidang Agribisnis

bisnis umkm tokoh muslim
Peternakan ayam petelor. Photo by Detik

UMKM bidang agribisnis meliputi bidang peternakan dan pertanian. Bisnis UMKM bidang ini juga sering dilakukan oleh tokoh Muslim. Berbeda dengan kuliner yang dimulai dengan berkeliling, bisnis bidang agribisnis ini biasanya dimulai dari skala lingkungan yang kecil. Setelah berkembang, pemasarannya akan meluas ke daerah-daerah di sekitarnya.

Demikian beberapa ulasan mengenai tokoh Muslim pedagang UMKM. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Selamat memulai usaha.

Mungkin Anda juga menyukai