Yuk Cari Tahu Apa Saja Ide Bisnis UMKM yang Menjanjikan

Ide bisnis UMKM
Ide bisnis UMKM. Photo by Dewailmu
Waktu baca: 3 menit

Hampir kebanyakan orang juga sudah tahu tentang bisnis UKM yang saat ini menjadi perhatian bagi pemerintah. Hal tersebut dikarenakan usaha kecil menengah mampu memberikan dampak yang luar biasa bagi pereknomian negara termasuk juga untuk negara Indonesia. Sebab, Usaha Kecil Menengah mampu menyumbang hingga 60% Produk Domestik Bruto (BDP) yang tentunya angka tersebut bukan lah suatu angka yang kecil bukan. Ditambah lagi dengan data pertumbuhan ekonomi Indonesia yang memiliki angka positif sehingga menunjukkan roda perekonomian masyarakat dapat dikatakan positif pula. Tentu menjadikan bisnis UKM memiliki peluang dan potensi yang sangat bagus untuk pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia.

Di samping itu semua, bisnis UMKM ini juga menarik perhatian banyak orang sehingga membuat kebanyakan orang memiliki keinginan untuk mencoba bisnis yang satu ini. Namun, kendala ide biasanya menjadi penghambat tersendiri bagaimana seseorang memulai bisnis UMKM ini. Oleh sebab itu berikut akan dijelaskan berkaitan dengan ide bisnis UMKM yang mungkin dapat dijadikan pandangan untuk bisnis kamu kedepannya.

Usaha Bidang Kuliner

Makanan olahan pisang
Usaha bidang kuliner. Photo by Pinterest

Bisnis di bidang kuliner ini menjadi salah satu bisnis yang terkenal menjanjikan. Beberapa alasan yang mengakibatkan bisnis ini menjadi bisnis yang menjanjikan disebabkan  karena makanan merupakan produk yang selalu dibutuhkan oleh setiap orang. Apa lagi jika usaha tersebut dibangun di tengah-tengah kehidupan masyarakat ramai. Tentu prospek kedepannya akan semakin menjanjikan.

Baca juga: Ide Usaha Kecil Tapi Menjanjikan Untuk Kamu Kaum Rebahan

Sedangkan untuk jenisnya tersendiri terdapat banyak sekali bidang usaha kuliner yang bisa kamu jalankan Seperti makanan camilan, atau makanan pokok sebagai kebutuhan dasar masyarakat umum. Nah, untuk kunci keberhasilan dibidang bisnis kuliner sendiri adalah produk yang berkualitas dan manajemen yang baik oleh si penjual. Maka dari itu, semakin mahir kamu memenangkan pasar dan mampu mengelola bisnis dengan baik, maka bisnis pun akan mampu berkembang dengan pesat pula.

Usaha Bidang Fashion

bidang bisnis umkm
Bisnis fashion. Photo by @socialcut

Kemudian kamu dapat mengandalkan ide bisnis selanjutnya yang dapat dijumpai di bidang fashion. Sebab, peluang bisnis selanjutnya yang sama-sama menjanjikan terdapat pada usaha bidang bisnis fashion. Bagaimana caranya? Mulailah usaha fashion dengan skala rumahan terlebih dahulu. Mulai juga dengan mencari kategori yang paling kamu minati. Langkah selanjutnya, cermati metode serta pelaksanaan pemasaran supaya bisnis fashion kamu dapat berkembang sesuai rencana.

Kamu juga perlu tahu bahwa usaha pada bidang fashion memang memiliki potensi terutama bagi kamu yang jago mencermati trend atau style kekinian. Hal ini menjadikan konsumen akan banyak yang berlarian untuk meminang bisnis yang kamu miliki. Sehingga, kemahiran untuk mencari kategori fashion sesuai trend juga menjadi sesuatu yang patut kamu pelajari dalam usaha bidang fashion ini.

Usaha Pada Bidang Pendidikan

Tabungan pendidikan anak.
Usaha bidang pendidikan. Photo by Pixabay

Nah, untuk peluang usaha yang satu ini bisa dibilang tidak kalah menjanjikan. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan tingkat kesadaran akan pentingnya pendidikan terus mengalami perkembangan di masyarakat termasuk masyarakat Indonesia.

Jika kamu hendak memulai usaha bidang pendidikan, maka kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar seperti membangun universitas atau sekolah-sekolah. Mulailah dengan membuka bimbel atau kursus belajar. Terutama membuka bimbel di daerah yang masih jauh dari pusat pendidikan. Sehingga, selain membuka usaha yang menjanjikan, usaha kamu tersebut juga tentu menjadi upaya mulia sebab menyumbang kecerdasan bagi masyarakat Indonesia.

Demikian beberapa informasi seputar ide bisnis UMKM. Semoga bermanfaat.

You may also like...