Cara Paling Efektif Belajar Bisnis Online untuk Pemula

belajar bisnis online melalui seminar
Cara Paling Efektif Belajar Bisnis Online untuk Pemula. Photo by @productschool
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Ada banyak sekali materi belajar bisnis online untuk pemula yang bisa kamu pelajari. Dan sudah pasti banyak juga yang sudah mempelajari materi tersebut. Sayangnya, kebanyakan dari mereka justru kebingungan mulai dari mana harus belajar. Ada juga sudah belajar banyak materi tentang bisnis online tapi masih kebingungan dan tidak memulai membangun bisnis online.

Jika itu juga yang kamu rasakan sekarang, kamu perlu meluangkan waktu untuk mempelajari seperti apa cara yang paling efektif untuk belajar bisnis online untuk pemula. Dengan ini, cara belajar kamu lebih terstruktur. Dan kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari terlalu banyak hal tentang bisnis online.

Pengertian Bisnis Online yang Tak Banyak Orang Pahami

belajar bisnis online secara online
Bisnis online. Photo by Pixabay

Apa sih yang kamu ketahui tentang bisnis online? Kebanyakan orang akan mengatakan bisnis online itu bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan internet. Penjelasan ini bukannya salah. Hanya saja, ada yang kurang lengkap.

Lebih tepatnya, bisnis online adalah bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan internet, bukan hanya sekedar menggunakan internet. Dan dengan memanfaatkan internet, maka bisnis bisa berkembang dengan lebih cepat ini. Ini yang membedakan antara menggunakan dan memanfaatkan internet.

Ada seseorang yang jualan online dengan hanya memposting foto di WhatsApp. Ini juga proses jualan online. Akan tetapi, jika ingin memanfaatkan internet dengan lebih baik lagi, seharusnya ada hal lain yang perlu dilakukan. Misalnya saja belajar paid traffic, membuat website atau toko online, melakukan optimasi SEO agar situs masuk di halaman depan mesin pencarian Google, dan lain sebagainya.

Jadi, bisnis online tidak hanya semudah menggunakan internet untuk jualan. Kamu harus bisa benar-benar memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin. Maka dari itu, kamu harus mulai belajar bisnis online dengan benar.

Baca juga: Bisnis Online 2022 Seperti Apa yang Bakal Berkembang?

Tahap Demi Tahap Belajar Bisnis Online 

Tahapan dalam berbisnis online
Tahapan bisnis online. Photo by Pexels

Bagaimana agar kamu benar-benar bisa belajar bisnis online untuk pemula dengan benar? Berikut ini beberapa tahap yang sebaiknya kamu lalui:

  • Pahami Macam-Macam Bisnis Online

Apakah kamu tahu ada banyak sekali jenis bisnis online? Ada yang disebut dengan reseller, affiliate, dropship, content creator, influencer, endorser, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak jenis bisnis yang bisa kamu lakukan secara online, mana yang akan kamu pilih?

Sebelum akhirnya kamu memilih, kamu harus pelajari semuanya. Tentu kamu tidak perlu pelajari semuanya secara mendalam. Cukup ketahui saja ada saja kelebihan dari masing-masing bisnis online.

  • Pilih Mana yang Tepat Buat Kamu

Setelah kamu menghabiskan waktu mempelajari macam-macam bisnis online, mana yang menurut kamu paling tepat untuk kamu pilih? Pilihlah bukan berdasarkan orang lain tapi berdasarkan kesukaan kamu sendiri. Karena jika kamu suka, maka kamu akan lebih menikmati perjalanan untuk memulai dan membangun bisnis tersebut.

  • Fokus Belajar di Satu Bidang 

Setelah menentukan pilihan, jangan tergiur untuk pindah ke jenis bisnis online lainnya. Memang ada kemungkinan bisnis kamu di awal tidak berjalan dengan baik. Lalu, kamu melihat ada teman yang menjalankan jenis bisnis lain dan berhasil. Akan tetapi, sebaiknya kamu tidak boleh berpindah begitu saja. Fokus dulu hingga akhirnya bisnis yang kamu mulai bisa berkembang pesat.

  • Belajar Sambil Praktik 

Saat fokus belajar, kamu juga harus imbangi dengan praktik. Karena terlalu lama belajar bisa membuat kamu sulit untuk melakukan eksekusi. Belajar fokus. Imbangi dengan praktik. 

  • Ikuti Seminar Gratis Hingga Berbayar

Di tahap di mana kamu sudah tahu dan memulai bisnis online, sudah saatnya kamu upgrade ilmu bisnis. Caranya dengan mengikuti seminar, entah itu yang gratis maupun yang berjalan. Kamu harus tahu bisnis online itu terus berkembang. Selalu ada perubahan terjadi. Agar kamu tetap bertahan, maka lakukan investasi diri dengan cara upgrade ilmu.

  • Masuk ke Komunitas Pengusaha Online 

Selain ikut seminar, kamu juga sebaiknya berada di lingkungan pengusaha online. Karena lingkungan yang seperti ini akan membuat kamu lebih semangat untuk membangun kerajaan bisnis.

Jadi, sudah siap untuk mulai belajar bisnis online untuk pemula?


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai