Cara Menjalankan Bisnis Toko Game yang Benar Agar Meraih Keberhasilan

Cara Menjalankan Bisnis Toko Game yang Benar Agar Meraih Keberhasilan. Photo by Pexels
Cara Menjalankan Bisnis Toko Game yang Benar Agar Meraih Keberhasilan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Menekuni bisnis toko game bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Bukan tanpa alasan, perkembangan game di Indonesia cukup pesat. Bahkan, ini didukung dengan pecinta game yang berasal dari berbagai kalangan.

Tentunya, banyak sekali jenis game yang dimainkan oleh masyarakat. Entah itu game konsol, komputer atau pun mobile.

Game ini pun bisa dimainkan secara gratis dengan berbekal perangkat elektronik mau pun internet. Menariknya, hampir setiap orang sudah memiliki ponsel pintar sebagai penunjangnya.

Semakin besar peminat dari game di tanah air, ini sebenarnya membuka peluang bagi kamu untuk membuka bisnis toko game. Jika tertarik menekuninya, perhatikan cara memulainya agar menuai keberhasilan.

Mengenal Bisnis Toko Game

Mengenal bisnis toko game
Mengenal bisnis toko game. Photo by @space_face_film

Ide bisnis modern yang terbilang menjanjikan adalah membuka toko game. Toko ini sengaja dibuat untuk menyediakan berbagai kebutuhan dari gamer.

Semakin banyak peminat game, ini memungkinkan sejumlah atribut atau pun peralatan dan perlengkapan pendukung sangat dibutuhkan. Tentunya, ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan untuk meraih keuntungan di mata pebisnis.

Contohnya adalah menyediakan peralatan untuk game konsol. Sejumlah peralatan ini disediakan untuk memenuhi apa yang dicari oleh para gamer.

Tak hanya itu saja, perlengkapan penunjangnya seperti sparepart atau pun pengisian kuota juga diperlukan. Tentunya, kelengkapan ini memungkinkan bisnis dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Yang perlu dicermati, bisnis toko game ini mulai dilirik oleh para pebisnis. Ini berarti bahwa tingkat persaingannya pun cukup ketat.

Tanpa strategi dan perencanaan yang tepat, keberhasilannya akan sedikit melambat. Bahkan bila tanpa inovasi, bisnis ini bisa berhenti stagnan di tempat. Oleh karena itu, pikirkan bagaimana kamu memulainya dan rencanakan secara matang.

Baca juga: Strategi Launching Produk Baru yang Tepat Agar Diterima Konsumen

Cara Memulai Bisnis Toko Game

Seperti halnya membangun bisnis lainnya, usaha video game ini juga butuh perencanaan yang matang. Kamu perlu merencanakannya sedari awal agar dapat bersaing dengan pebisnis lainnya.

Jika kamu baru saja memantapkan diri untuk terjun di dalam bisnis ini, cara memulai bisnis ini sangat bermanfaat untuk kamu terapkan. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Tentukan Niche

Niche dipahami sebagai segmen pasar yang lebih spesifik. Ini berhubungan dengan konsumen yang menjadi target pasar, keinginan pasar dan masalah yang ingin dijawab.

Sebagaimana diketahui bahwa bisnis terkini tentang industri game ini memiliki cakupan yang sangat luas. Kamu belum cukup mumpuni untuk mengcover semuanya.

Ada baiknya jika fokus pada satu jenis usaha yang hendak digeluti. Contohnya adalah fokus untuk usaha game online atau game konsol.

Jika fokusnya ke game online, kelengkapan usahanya bisa berupa warnet, voucher game, board game, hingga jual beli item game dan lain sebagainya.

Sementara bila fokus ke game konsol, tentukan peralatan game dari suatu Brand yang ingin dijual. Atau, bisa juga menyediakan peralatan dari berbagai Brand sekaligus.

2. Tentukan Lokasi Usaha

Lokasi bisnis harusnya bisa dijangkau oleh target pasarnya. Karena, tempat yang strategis memungkinkan penjualan produk atau layanan jauh lebih maksimal.

Sementara bila menggunakan toko online, tentukan platform jualan online yang dihuni oleh banyak pelanggan (gamer). Dengan begitu, produk yang hendak dijual akan lebih mudah ditemukan.

3. Rencanakan Strategi Pemasaran

Perlu diingat, keberlangsungan sebuah usaha tergantung pada bagaimana pebisnis melakukan pemasaran. Ketika pemasarannya bisa menjangkau target pasar secara tepat, usaha yang dibangun akan segera bertumbuh.

Pemasaran ini bisa dilakukan melalui berbagai cara. Dan pemanfaatan berbagai channel terkadang diperlukan. Tujuannya untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk.

Mengombinasikan strategi pemasaran konvensional dan modern tentu menjadi pilihan tepat. Terlebih, kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan platform media sosial atau pun media di internet.

Tentukan strateginya dan pikirkan anggarannya. Dengan begitu, bisnis bisa berjalan dengan keuangan yang sehat.

4. Tetapkan Harga dan Berikan Pelayanan Terbaik

Bisnis game ini sudah dijalankan oleh sejumlah pebisnis. Artinya, kamu perlu memberikan nilai tambah yang menjadikan bisnis ini semakin dilirik oleh konsumen.

Menetapkan harga yang bersahabat serta memberikan pelayanan lebih baik menjadi modal utama. Ini bisa dilakukan dengan memperhatikan penawaran yang dilakukan oleh sejumlah kompetitor.

Setelah menemukan celahnya, kamu bisa menentukan harga dari setiap produk. Kemudian, mulai menentukan seperti apa pelayanan yang disukai oleh pelanggan.

5. Kerja Sama dengan Supplier Terpercaya

Produk-produk game ini tidak boleh disediakan secara sembarangan. Sudah ada vendor yang menyediakannya. Tentunya, membuka kesempatan bagi orang lain untuk bekerja sama.

Di sini, temukan beberapa supplier. Catat dalam sebuah daftar. Kemudian, pelajari track recordnya sebelum bekerja sama.

Setelah dirasa kredibel dan penawarannya bisa ditoleransi, kamu bisa menghubunginya. Ajak kerja sama untuk mendapatkan produknya di supplier tersebut.

6. Perhatikan Tren

Perlu diingat bahwa tren di industri game ini berubah sangat cepat. Jika terlalu terpaku dengan game yang sama, ini bisa merugikan diri sendiri.

Ada baiknya jika selalu memantau tren di pasar secara berkala. Setelah melihat ada pergeseran dari permainan tersebut, kamu bisa segera mengambil peluang tersebut. Tentunya, bisa merencanakan strateginya untuk memperoleh keuntungan dari penyediaan game yang populer tersebut.

Itulah bagaimana caranya untuk memulai bisnis toko game yang tepat. Selalu cermati kecenderungan pasar dan mulai lakukan perencanaan secara matang. Dengan adanya perencanaan ini, bisnis bisa selalu dicari oleh konsumen.

Mungkin Anda juga menyukai