Bisnis Online 2022 Seperti Apa yang Bakal Berkembang?

Laptop, secangkir minuman, dan buku
Bisnis Online 2022 Seperti Apa yang Bakal Berkembang? Photo by @claybanks
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Bisnis online 2022 jauh berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Bahkan, pandemi yang terjadi saat ini juga mengubah kondisi bisnis online yang dijalankan oleh para pelaku usaha. Jika dulu mereka tidak begitu fokus marketing online, pandemi membuat mereka harus super serius melakukan promosi secara online. Bahkan, mereka yang sebelumnya sama sekali tidak menggunakan media online untuk mengembangkan bisnis, mereka mulai belajar dan membangun tim digital marketing.

Yang pasti, kompetisi bisnis online tahun 2022 ini sangat ketat. Diperlukan trik dan strategi yang tepat agar bisnis online kamu bisa bertahan.

Bedanya Bisnis Online Sekarang dan Lampau

Buat toko online
Perbedaan bisnis online masa kini dan masa lalu. Photo by Pexels

Sebelum membahas lebih jauh tentang bisnis online tahun 2022, kamu harus ketahui apa sih perbedaan antara bisnis online sekarang dengan beberapa tahun yang lalu. Setidaknya ada satu perbedaan. Dulu ketika awal-awal masyarakat mengenal bisnis online, beberapa dari mereka yang takut. Takut ditipu. Takut ketika uang sudah ditransfer, tapi barang tidak sampai ke rumah.

Seiring berjalannya waktu, terbentuklah sistem yang sudah mapan. Masyarakat tahu mana yang toko online penipu dan mana yang tidak. Mereka pun sudah tidak ragu lagi melakukan transaksi. Mereka bebas memilih mana produk yang bagus dengan harga yang paling murah.

Bagaimana dengan sekarang? Beberapa produk yang dijual online sekarang ini harganya mirip dengan yang ada di toko offline. Hal ini membuat masyarakat tidak selalu membeli online. Mereka juga membeli offline karena barangnya sama, harga yang tidak jauh beda, dan tanpa harus membayar ongkos kirim.

Yang mereka pikirkan sekarang adalah kualitas. Mereka tidak lagi memilih barang hanya karena harganya yang murah tapi juga kualitas. Ketika mereka tidak mendapatkan barang offline dengan kualitas bagus, maka mereka akan belanja online. Setidaknya ini perbedaan atau lebih tepatnya pergeseran perilaku konsumen jika dilihat dari industri bisnis online 2022. 

Baca juga: Pahami Apa Itu Bisnis Online dari Keuntungan dan Tujuannya

Yang Perlu Kamu Lakukan untuk Menjalankan Bisnis Online 

modal kecil untung besar.
Persiapan sebelum memulai bisnis online. Photo by @tranmautritam

Lalu, apa yang harus kamu lakukan sebagai pelaku bisnis online sekarang? Setidaknya lima hal berikut ini yang benar-benar harus kamu perhatikan:

  • Model Bisnis yang Jelas

Apa yang menarik dari bisnis online? Efektivitas. Orang lebih cepat dan mudah untuk membeli produk meskipun dari kota yang jauh sekali. Begitu juga kamu sebagai pengusaha online. Kamu harus menerapkan prinsip efektivitas. 

Bagaimana caranya? Tentukan model bisnis yang tepat. Pikirkan dari mana produk kamu dapatkan, media apa yang kamu gunakan untuk promosi produk tersebut, sudah siapkah tim marketing, bagaimana dengan tim packaging, dan bagaimana cara pengiriman yang akan kamu lakukan.

Akan lebih jelas lagi jika kamu pelajari tentang model bisnis canvas. Ini akan membuat bagaimana proses bisnis online kamu berjalan.

  • Bangun Brand

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sekarang konsumen tidak hanya berpikir harga sebuah produk yang paling murah. Mereka juga memilih kualitas. Dan produk yang berkualitas itu biasanya produk yang memiliki brand yang kuat.

Makanya, jangan hanya berpikir bagaimana menjual dan mendatangkan sales sebanyak mungkin. Mulai pikirkan juga bagaimana brand kamu dikenal masyarakat sehingga kamu bisa lebih fokus meningkatkan kualitas produk yang kamu jual. Jika itu berhasil kamu lakukan, konsumen tidak akan keberatan untuk membeli produk kamu yang mungkin jauh lebih mahal daripada produk kompetitor.

  • Komunikasi Intens dengan Konsumen

Di era yang serba online, kamu tidak bisa bertemu langsung dengan konsumen. Kamu harus memanfaatkan media sosial atau media online untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumen. Manfaatkan media online yang ada untuk menjalin komunikasi dengan konsumen setia kamu.

  • Berikan Value 

Memang benar kamu selalu ingin mendatangkan sales. Namun, bukan berarti kamu harus terus melakukan promosi. Kamu perlu memberikan value. Karena dengan membuat produk yang memiliki value, orang akan lebih tertarik untuk membeli. 

  • Berpikir Kolaboratif 

Sekarang ini, bisnis tidak selalu dijalankan dengan prinsip kompetisi. Kompetitor kamu tidak selalu menjadi lawan. Kamu harus membuka diri kepada siapapun untuk bisa menjadi partner, bahkan ke kompetitor sekalipun. 

Kamu harus berpikir kolaboratif. Karena yang dibutuhkan sekarang ini adalah kolaborasi, tidak hanya kompetisi. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan mengenai bisnis online 2022. Sudah terpikirkan apa yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan sebuah bisnis?


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai