Belajar Trading Bitcoin Agar Cuan Maksimal

trading bitcoin
Belajar Trading Bitcoin untuk Mendapatkan Cuan Maksimal,. Photo by @jsnbrsc
Waktu baca: 3 menit

Trading Bitcoin secara mudahnya bisa diartikan sebagai proses perdagangan Bitcoin. Bitcoin atau BTC sendiri termasuk instrumen investasi yang selama periode 2020 kemarin memiliki kinerja terbaik. 

Sehingga tidak mengherankan jika kini semakin banyak para investor yang membeli Bitcoin sebagai pilihan investasinya. Utamanya para investor pemula. Dan yang lebih utama lagi para generasi millennials

Meskipun menawarkan keuntungan berlipat ganda, namun faktanya tidak semudah itu. Faktanya cukup banyak yang gagal dalam investasi Bitcoin. Utamanya para investor pemula yang belum terlalu mengerti seluk beluk dunia cryptocurrency

Cara Trading Bitcoin yang Bisa Dipilih

Cara trading. Photo by Pexels

Sebelum mengulas strategi saat trading BTC atau Bitcoin, mengerti cara trading adalah hal pertama yang harus diketahui terlebih dahulu. Nah, dalam hal ini paling tidak ada tiga cara yang bisa dipilih. Ketiga cara tersebut adalah:

Hold 

Hold ini adalah membeli Bitcoin dengan tujuan untuk menyimpannya dalam jangka waktu lama. Atau dengan kata lain Hold ini adalah investasi jangka panjang pada Bitcoin

Day Trading 

Day Trading adalah tindakan membeli dan menjual Bitcoin di hari yang sama. Dengan kata lain Day Trading ini bisa dikatakan sebagai investasi jangka pendek pada Bitcoin. Dalam hal ini investor haru jeli dalam melihat harga pasar. Kapan waktunya membeli dan kapan waktunya menjual. 

Pump and Dump 

Pump and Dump ini adalah tindakan membeli Bitcoin dengan jumlah besar dengan tujuan untuk mempengaruhi harga BTC. Setelah itu menjual BTC pada saat harganya mengalami kenaikan. Cara trading BTC ketiga ini umumnya dilakukan oleh whales atau investor besar. 

Baca juga: Bisakah Cryptocurrency Jadi Pilihan Investasi Jangka Pendek?

Strategi Trading Bitcoin untuk Pemula

trading bitcoin
Strategi trading. Photo by Pexels

Ingat, trading BTC ini tidak semudah yang dipikirkan. Namun di sisi lain tidak serumit yang banyak orang bayangkan. Faktanya ada cukup banyak orang yang mampu meraih keuntungan besar. Nah, untuk Anda yang masih pemula, perhatikan 4 point penting ini sebelum trading BTC. 

Pahami Manajemen Risiko

Kesalahan paling fatal saat ingin memulai trading BTC adalah menganggap mudah untuk memperoleh cuan. Kenapa? Faktanya tidak semudah itu. Oleh sebab itu memahami manajemen risiko menjadi sangat penting. 

Meskipun demikian, Anda tidak perlu risau memikirkan hal semacam ini. Kenapa? Sebab kini ada cukup banyak tools manajemen risiko trading yang bisa Anda manfaatkan. 

Harga Bitcoin Fluktuatif 

Poin penting kedua yang harus Anda pahami betul adalah harga Bitcoin yang fluktiatif. Artinya harga BTC ini tidak akan selalu mengalami kenaikan. Sayangnya masih banyak trader pemula yang kurang memahami hal ini. Sehingga pada saat harga BTC turun, mereka langsung panik. 

Namun yang seharusnya Anda lakukan adalah jangan panik ketika harga BTC turun. Sebab akan selalu ada kemungkinan harga BTC naik ke titik tertingginya. Justru ketika harganya turun, inilah waktu paling tepat untuk melakukan pembelian. Sehingga ketika harganya naik, Anda bisa menjualnya dengan keuntungan yang berlipat ganda. 

Tentukan Tujuan Trading 

Selama ini banyak dikatakan jika investasi Bitcoin akan sangat menguntungkan jika dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Alasannya harga BTC berpotensi mengalami kenaikan dan bullish secara bertahap ke titik tertingginya. 

Memang benar dan semua itu tidak salah. Tetapi ada kalanya investasi jangka pendek justru lebih efektif. Itulah kenapa perhitungan yang matang sangat diperlukan ketika melakukan trading

Melihat Tren 

Anda pastinya sepakat jika harga Bitcoin bisa berubah-ubah dan cukup sulit diprediksi. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk melihat tren. Misalnya saja seperti having day

Having day sendiri merupakan pembatasan suplai BTC yang ada di tingkat miners. Kondisi ini menjadikan supply BTC berkurang dan membuat demand meningkat. Yang terjadi kemudian adalah harga BTC menjadi naik. 

Itu adalah beberapa poin penting yang bisa dijadikan sebagai bekal utama oleh para pemula. Meskipun demikian, masih ada banyak hal penting lain yang harus dipelajari agar trading Bitcoin selalu mendatangkan cuan. 

Mungkin Anda juga menyukai