Belajar Tips-Tips Investasi Sederhana untuk Pemula

Tips investasi.
Tips investasi. Photo by Rawpixel
Waktu baca: 3 menit

Ingin melakukan investasi tapi bingung dan takut mengalami kerugian? Alangkah baiknya sebelum melakukan investasi kamu harus membaca berbagai tips investasi yang dapat membantu mengarahkan kamu untuk melakukan investasi dengan benar. Akan tetapi, sebelum mengetahui tentang tips investasi, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu investasi.

Secara sederhana, investasi adalah cara yang dilakukan oleh seseorang untuk mengembangkan dana atau harta dengan tujuan agar memperoleh keuntungan di masa mendatang. Jadi, investasi merupakan kegiatan memanfaatkan dana kita untuk diinvestasikan dan mendapatkan keuntungan di masa mendatang dalam jangka waktu tertentu.

Dalam dunia ekonomi, terdapat dua jenis investasi yang biasa dikenal. Dua jenis investasi tersebut adalah investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Investasi jangka panjang merupakan investasi yang diperuntukan untuk keperluan jangka panjang (lebih dari satu tahun). Sedangkan investasi jangka pendek merupakan investasi yang bisa dicairkan dalam waktu dekat (kurang dari satu tahun). Dari dua jenis investasi tersebut, masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahan. Jadi, pastikan kamu tahu harus tentang kelebihan dan kekurangan jenis investasi yang kamu pilih.

Baca juga: Apa itu Investasi? Berikut Penjelasannya

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui sekilas tentang apa itu investasi bukan? Jika kamu ingin mengetahui lebih lebih dalam mengenai tips investasi, mari simak bersama-sama ulasan berikut ini sampai tuntas.

Menentukan Tujuan Investasi

tips investasi
Tentukan tujuan investasi. Photo by Pixabay

Terkadang banyak orang yang melakukan investasi tanpa menentukan terlebih dahulu tujuan mereka melakukan investasi. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya pemahaman tentang dunia investasi. Sehingga, terkadang banyak orang yang salah dalam memilih jenis investasi dan membuat mereka menjadi kebingungan mengambil keputusan.

Sebelum kamu melakukan investasi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tujuan kamu melakukan investasi tersebut. Apakah untuk persiapan membangun rumah di masa mendatang atau digunakan untuk yang lainnya. Sehingga, kamu dapat menentukan jenis investasi yang akan kamu gunakan.

Jika kamu ingin membangun rumah dalam rentan waktu lebih dari 1 tahun lagi, alangkah baiknya kamu melakukan investasi jangka panjang. Karena, investasi ini lebih aman dan keuntungan yang kamu dapatkan akan stabil. Sedangkan, jika kamu ingin melakukan investasi karena ada dana yang belum terpakai dalam waktu dekat, kamu dapat memilih investasi jangka pendek. Investasi ini akan memberikan keuntungan yang cukup banyak dalam waktu dekat.

Tentukan Jumlah Modal

Modal besar
Tentukan modal. Photo by Pixabay

Berbicara mengenai modal tentunya membahas seputar dana atau aset yang kamu miliki sekarang. Modal yang kamu miliki sangat berpengaruh terhadap keputusan kamu dalam memilih investasi. Selain itu, dengan menentukan jumlah modal yang akan kamu investasikan, kamu akan mengetahui kira-kira berapa keuntungan yang akan kamu peroleh dari modal investasi tersebut.

Semakin besar modal yang kamu investasikan, semakin besar pula keuntungan yang akan kamu raih. Akan tetapi, modal besar dalam investasi juga menimbulkan risiko yang besar pula. Untung atau ruginya sebuah investasi lagi-lagi tergantung dari kamu memilih jenis investasi yang akan kamu lakukan. Sehingga, harapannya Kamu akan memperoleh keuntungan yang sebanding dengan modal yang kamu berikan dengan risiko yang tidak terlalu besar.

Pahami Risiko Investasi

Tips investasi
Pahami risiko. Photo by Pexels

Tips selanjutnya adalah pahami risiko dalam berinvestasi. Risiko tersebut dapat berupa risiko dari diri sendiri dan risiko dari jenis investasi yang dipilih. Karena, ketika kamu melakukan investasi kamu harus siap menyisihkan dan untuk diinvestasikan dan harus memiliki pendapatan yang mencukupi. Selain itu, risiko kamu tidak mendapatkan keuntungan bahkan mengalami kerugian juga bisa terjadi jika tidak memahami risiko dari jenis investasi yang dipilih.

Pastinya bukan hal yang asing lagi bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan perputaran uang tidak akan terlepas dari untung-rugi. Sehingga, kamu perlu memahami risiko yang akan kamu peroleh ketika kamu melakukan investasi.

Demikian informasi beberapa tips investasi, semoga dapat menambah pengetahuan dan memberikan gambaran kepadamu mengenai investasi.

Mungkin Anda juga menyukai