Convertible Bonds Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya 

Convertible Bonds Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya 
Waktu baca: 4 menit

Bagi yang masih awam dalam dunia saham dan permodalan perusahaan, kamu harus tahu apa yang dimaksud dengan convertible bonds. Convertible bonds adalah sebuah obligasi yang dibuat oleh perusahaan dan ini bisa dijadikan sebagai saham. 

Adapun pengertian obligasi adalah surat utang yang berasal dari perusahaan tertentu dan dijual ke masyarakat untuk jadi investor. Obligasi ini bisa diubah menjadi saham apabila memenuhi kriteria tertentu. 

Pada artikel ini akan dijelaskan lebih mendalam tentang convertible bonds beserta manfaat dan jenis-jenisnya agar kamu lebih mengetahuinya dengan mudah. 

Apa Itu Convertible Bonds? 

Pembahasan pertama yaitu pengertian convertible bonds atau obligasi konversi. Convertible bonds adalah surat utang yang berasal dari perusahaan dan bisa diubah menjadi saham. 

Jadi, tidak heran jika namanya adalah konversi obligasi karena surat tersebut berubah atau dikonversi menjadi saham yang berguna bagi pemiliknya. 

Untuk bisa melakukan convertible bonds, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu untuk sampai ke  rasio dalam penukaran obligasi tersebut menjadi saham. Contoh beberapa syarat convertible bonds adalah dari histori pembayaran utang, wanprestasi, dsb. 

Persyaratan yang diberikan ini juga bergantung dari perusahaan tersebut selaku pembuat atau penerbit dari obligasi. Selain itu, convertible bonds juga sering disebut sebagai obligasi konversi termasuk dalam jenis security hybrid. 

Adapun yang dimaksud dengan security hybrid dalam convertible bonds adalah persilangan dari elemen obligasi dan ekuitas. Hal ini terjadi terutama pada saham warrant. 

Berdasarkan Bareksa, obligasi merupakan alat investasi yang memiliki risiko rendah. Sebaliknya, saham adalah instrumen investasi dengan risiko yang tinggi. Itu artinya, convertible bonds adalah obligasi yang memiliki risiko tinggi karena dapat dikonversi menjadi saham. 

Adapun keuntungan yang didapatkan oleh para investor dari convertible bonds adalah bisa membeli saham dengan modal yang lebih sedikit dibandingkan pasaran. Alasannya karena obligasi ini suku bunga yang kecil. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Buku Tentang Saham Terbaik Bagi Pemula

Manfaat Convertible Bonds

Mengetahui manfaat convertible bonds.
Mengetahui manfaat convertible bonds. Photo by Freepik

Telah dijelaskan dengan lengkap tentang pengertian dari convertible bonds secara rinci. Dari sini, tidak mengherankan jika banyak perusahaan yang menerbitkan convertible bonds. 

Lalu, apa saja manfaat convertible bonds? Kamu bisa menemukannya baik perusahaan sebagai penerbit maupun bagi investor. Manfaatnya akan kita bahas satu persatu berikut ini. 

1. Manfaat Bagi Perusahaan 

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh bagi perusahaan ketika menjalankan convertible bonds adalah : 

  • Meminimalkan pikiran negatif dari para investor terhadap perusahaan. 
  • Untuk perusahaan yang masih baru atau perusahaan startup, penerbitan convertible bonds ini bermanfaat untuk memperoleh modal pendukung sehingga dapat melakukan proyek besar yang menguntungkan perusahaan tersebut. 
  • Perusahaan bisa menerbitkan obligasi dengan suku bunga yang rendah. Meskipun rendah, penerbitan ini bisa berdampak positif bagi dilusi saham sehingga juga menguntungkan perusahaan. 

2. Manfaat Bagi Investor 

Selain manfaat yang diterima oleh perusahaan penerbit convertible bonds, terdapat juga beberapa manfaat yang didapatkan bagi investor. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Memberikan para investor keamanan dalam melaksanakan investasi ketika terjadinya kegagalan dalam pembayaran. Convertible bonds ini dapat melindungi pelaku investor dari dampak negatif. 
  • Investor obligasi konversi dari perusahaan start up akan mendapatkan keuntungan apabila perusahaan tersebut memiliki peningkatan dalam kinerja.
  • Keuntungan yang diperoleh yaitu berupa peningkatan nilai aset atau harga saham sehingga permintaan juga bertambah. Hal ini yang membuat investor bisa mendapatkan keuntungan besar. 
  • Investor bisa memperoleh nilai tambah dalam menjalankan convertible bonds. Adapun keuntungannya yaitu memilih obligasi dengan pilihan saham. Hal ini disebut juga sebagai call option. 
  • Maksud dari call option adalah hak membeli saham dengan harga yang disepakati sesuai jangka waktu yang sudah ditetapkan bersama. 

Jenis-jenis Convertible Bonds 

Setelah memahami berbagai manfaat convertible bonds, dijelaskan pula beberapa jenisnya. Jenis-jenis convertible bonds adalah sebagai berikut: 

1. Obligasi Tukar (Exchangeable Bonds) 

Jenis obligasi konversi pertama adalah obligasi tukar. Adapun jenis ini merupakan pinjaman dana yang diberikan untuk investor yang menjalankannya dengan maksud agar dana dari convertible bonds ini diubah menjadi saham. 

Saham perusahaan yang dibuat oleh penerbit obligasi haruslah memenuhi beberapa ketentuan yang ditetapkan dan juga mengikuti perjanjian yang berlaku agar sah di depan hukum. Adapun syaratnya juga bergantung pada kebijakan perusahaan itu sendiri. 

2. Obligasi Wajib Konversi (Mandatory Convertible Bonds) 

Berikutnya adalah Mandatory Convertible Bonds atau yang disebut dengan obligasi wajib konversi. Sesuai dengan namanya, nantinya para investor harus melakukan konversi dari obligasi ini berubah jadi saham sesuai dengan waktu tertentu. 

Jadi, kewajiban ini harus dipenuhi sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah dibuat. Umumnya, tanggal jatuh tempo ini terbilang singkat. Meski konversinya dilakukan dengan waktu yang singkat, tingkat pengembalian dari obligasi wajib konversi ini terbilang tinggi. 

3. Saham Preferen yang Dikonversi 

Jenis lainnya dari convertible bonds yaitu saham preferen yang dikonversi atau convertible preferred stock. 

Saham preferen yang dapat diubah ini yaitu dari jenis sekuritas hibrida dimana membuat para investor untuk mengubah saham preferen menjadi saham pada umumnya apabila sudah mencapai jatuh tempo tertentu. 

Saham preferen akan memberikan keuntungan bagi investor yaitu pendapatan dalam bentuk dividen. 

Selanjutnya, para investor ini bisa memilih convertible preferred stock yang membuatmu bisa melakukan partisipasi dalam mendapatkan apresiasi harga saham sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. 

4. Obligasi Konversi Bersyarat 

Jenis obligasi konversi terakhir yaitu contingent convertible atau obligasi konversi bersyarat. Ciri dari obligasi konversi bersyarat convertible bonds adalah menjalankan obligasi yang bisa diubah jadi saham dengan memenuhi ketentuan yang harus dipenuhi. 

Adapun syarat yang harus dilakukan untuk mengubahnya menjadi saham ketika harga saham tersebut sudah mencapai pasar modal yang terbaik. Selain itu, diharuskan juga untuk mengkonversi harga saham sesuai dengan persentase tertentu sampai mendapatkan harga konversi tertentu. 

Kelebihan Convertible Bonds 

Selain manfaat, kamu bisa mendapatkan berbagai kelebihan menjalankan convertible bonds diantaranya seperti: 

  • Investor bisa mendapatkan bunga dengan tingkat bunga tetap dan bisa diubah menjadi saham. Para investor juga memperoleh apresiasi harga saham dari perusahaan ketika perusahaan tersebut memiliki kenaikan dalam hal kinerja. 
  • Investor mendapatkan jaminan dalam sektor keamanan dari risiko kegagalan. Alasannya karena pemegang dari obligasi ini akan dibayarkan sebelum menjalankan ke pemegang usaha. 
  • Ada keuntungan yang diperoleh perusahaan yaitu dapat meningkatkan modal untuk menjalankan bisnis lebih baik. 

Kekurangan Convertible Bonds 

Adapun kekurangan dalam menjalankan convertible bonds seperti berikut ini: 

  • Perusahaan bisa memberikan penawaran kupon rendah. 
  • Merupakan investasi dengan risiko tinggi. 
  • Bisa mengalami dilusi saham yang dapat menekan harga saham dan EPS. 

Demikian penjelasan lengkap perihal convertible bonds yang harus kamu ketahui. Convertible bonds adalah surat utang yang berasal dari perusahaan kemudian dikonversi menjadi sebuah saham yang bisa dibeli oleh investor sesuai dengan jumlah harga yang telah disepakati bersama.

Mungkin Anda juga menyukai